Cara Menggunakan Whatsapp Web di Komputer atau Laptop

Cara menggunakan whatsapp web – Saat ini WhatsApp menjadi salah satu aplikasi chatting yang paling banyak dipakai oleh pengguna smartphone. Aplikasi chatting ini memang terbilang lengkap, karena pengguna dapat mengirim pesan, video call, voice note, berbagi foto, video, kontak, hingga dokumen. Selain hadir dalam bentuk aplikasi, WhatsApp juga bisa diakses melalui browser. Ada beberapa cara menggunakan Whatsapp Web melalui komputer, laptop, maupun Hp. Biar nggak makin penasaran, berikut ulasan lengkapnya untuk kamu.

Daftar Isi Artikel

Syarat Mengakses WhatsApp Web

Sebelum membahas cara menggunakan WhatsApp Web plus, ada baiknya kamu mengetahui apa saja persyaratan untuk bisa mengakses WhatsApp lewat laptop dan PC.

  1. Pengguna WhatsApp di Android dan iPhone

Untuk mengakses WhatsApp Web, kamu harus terdaftar sebagai pengguna WhatsApp di Android dan iPhone terlebih dahulu. Jika kamu belum terdaftar sebagai pengguna, secara otomatis kamu tidak akan bisa mengakses WhatsApp dari perangkat laptop.

  1. Ponsel yang Mendukung WhatsApp

Seiring dengan regulasi yang diberlakukan, tidak semua ponsel mendukung penggunaan WhatsApp. Oleh karenanya, kamu harus memastikan bahwa sistem operasi di perangkat smartphone-mu mendukung untuk penggunaan WhatsApp.

  1. Gunakan Versi Browser Terbaru

Kamu juga harus memperhatikan penggunaan browser untuk mengakses WhatsApp Web. Sebaiknya gunakan browser versi terbaru agar bisa mengakses WhatsApp di komputer dan laptop, seperti Chrome, Opera, Firefox, Edge, dan lain sebagainya.

Cara Mengakses WhatsApp Web di Laptop dan PC

Berkomunikasi melalui aplikasi WhatsApp kini bisa dilakukan melalui PC dan laptop. Keunggulan ini jadi salah satu hal menarik bagi kamu yang sibuk bekerja di depan laptop, sebab kamu tak perlu beralih ke ponsel untuk membuka WhatsApp. Nah, berikut ini cara mengakses WhatsApp Web dari laptop dan komputer yang perlu kamu tahu.

  1. Masuk ke halaman browser

Hal pertama yang perlu dilakukan adalah masuk ke halaman browser di laptop dan komputer. Bisa melalui Google Chrome, Mozila, maupun browser lainnya yang ada di komputer kamu.

  1. Buka situs WhatsApp Web

Tahap selanjutnya, bukalah situs WhatsApp Web melalui https://web.whatsapp.com. Pastikan koneksi internet di ponsel maupun laptop kamu stabil agar prosesnya berlangsung dengan cepat. Pada halaman utama akan muncul gambar QR Code.

  1. Scan QR Code lewat aplikasi WhatsApp di smartphone

Setelah itu scan QR Code yang muncul di layar laptop menggunakan aplikasi WhatsApp yang ada di smartphone. Caranya, buka aplikasi WhatsApp lalu klik tiga titik yang terdapat di bagian kanan atas dan pilihlah WhatsApp Web. Scan QR Code dengan mengarahkan ponsel ke layar komputer. Setelahnya kamu akan melihat tampilan WhatsApp di browser laptop dan PC.

Meskipun dapat diakses melalui perangkat lain, namun kecepatan membuka WhatsApp Web sangat tergantung pada koneksi internetmu. Maka, pastikan koneksi internetmu lancar agar WhatsApp Web dapat berjalan dengan baik.

Setelah memindai QR Code, semua percakapan yang ada di ponsel akan tersaji ke layar komputer. Untuk melihat obrolan, kamu tinggal bergeser ke sebelah kiri. Selain itu, pada bagian atas sebelah kiri terdapat tiga ikon yang terdiri dari obrolan baru, status, dan menu.

Jika ingin membuat grup baru melalui WhatsApp Web kamu bisa memilih menu titik tiga  yang terdapat di layar laptop. Selain itu, melalui menu ini kamu bisa mengganti informasi profil, mengubah pengaturan, melihat pesan berbintang, hingga keluar dari WhatsApp Web.

Cara Menggunakan WhatsApp Web Melalui Smartphone

WhatsApp Web biasanya diakses melalui laptop atau PC. Sementara untuk smartphone sudah tersedia aplikasinya yang bisa diunduh secara gratis lewat Play Store. Lantas, bisakan WhatsApp Web diakses melalui Android?

WhatsApp Web ternyata juga bisa diakses melalui browser di smartphone. Cara menggunakan Whatsapp Web ini berfungsi untuk membuka dua WhatsApp melalui satu ponsel. Berikut langkah-langkah membuka WhatsApp Web melalui Hp.

  1. Buka browser di ponsel

Langkah pertama tidak jauh berbeda dengan mengakses WhatsApp Web lewat laptop, yakni bukalah Google Chrome dari ponselmu.

  1. Ubah ke tampilan versi desktop

Hal pertama yang harus dilakukan adalah ubah tampilan Google Chrome di smartphone kamu dari versi mobile ke versi desktop terlebih dahulu jika ingin mengakses WhatsApp Web melalui smartphone. Caranya, klik bagian titik tiga yang terletak di pojok kanan atas. Gulirkan ke bawah dan pilihlah menu “Dekstop Site”. Untuk mengubah tampilan browser menjadi versi dekstop, kamu perlu mencentang kotak kecil di samping tulisan tersebut. Dengan begitu, tampilan Google Chrome akan sama seperti browser di laptop dan komputer.

  1. Masuk situs WhatsApp Web

Setelah tampilan Google Chrome berubah, masuklah ke situs WhatsApp Web dengan menuliskan alamat situs https://web.whatsapp.com pada kolom URL.

  1. Scan QR Code

Pada layar smartphone akan muncul QR Code. Scan QR Code tersebut menggunakan ponsel lainnya. Cara scan QR Code ini sama dengan proses di laptop dan komputer. Setelah scan QR Code, kamu bisa menggunakan WhatsApp Web.

Cara Menggunakan Whatsapp Web

Cara Menggunakan WhatsApp Tanpa Browser di Laptop

Cara menggunakan WhatsApp Web di PC umumnya dilakukan melalui browser. Tapi ternyata, membuka WhatsApp tanpa menggunakan browser juga bisa dilakukan lewat PC dan laptop, lho. Caranya tidak kalah gampang, yakni sebagai berikut:

  1. Buka situs WhatsApp

Sama seperti yang sebelumnya, kamu perlu mengakses situs WhatsApp terlebih dahulu. Setelah itu, unduh WhatsApp Web untuk PC dan laptop yang akan dipasang di Windows maupun Mac. Selanjutnya klik download dan tunggu sampai proses pengunduhannya selesai.

  1. Log in ke aplikasi WhatsApp Web

Jika sudah terunduh, kamu bisa menggunakan WhatsApp tanpa perlu membuka browser. Kamu hanya perlu log in dengan aplikasi WhatsApp Web yang ada di komputer dengan cara yang sama seperti log in ke WhatsApp di smartphone. 

Cara Menggunakan Whatsapp Web

Cara Log Out dari WhatsApp Web di Laptop, PC, dan Hp

WhatsApp Web memang bisa jadi pilihan alternatif untuk kamu yang sering bekerja di depan komputer. Tanpa membuka smartphone, kamu bisa berkirim pesan melalui PC maupun laptop. Kendati demikian, membuka WhatsApp Web di perangkat umum, seperti komputer kantor, memiliki risiko tersendiri.

Oleh karenanya, saat membuka WhatsApp Web melalui perangkat umum, pastikan kamu keluar dari WhatsApp terlebih dahulu sebelum mematikan perangkat. Cara ini mampu mencegah hal-hal yang tidak diinginkan, seperti pencurian data. Nah, berikut ini langkah-langkah log out dari WhatsApp di semua perangkat.

  1. Masuk ke aplikasi WhatsApp

Untuk keluar dari WhatsApp Web, maka kamu harus masuk ke aplikasi WhatsApp yang ada di ponsel terlebih dahulu. Setelah itu tekan titik tiga yang berada di pojok kanan atas pada layar perangkat kamu.

  1. Log out dari aplikasi

Setelah itu, klik pada pilihan WhatsApp Web dan pilihlah menu Log Out from all Device. Secara otomatis kamu akan keluar dari aplikasi WhatsApp dan harus menerapkan cara seperti di atas untuk bisa masuk kembali.

Jika ingin memastikan apakah WhatsApp benar-benar sudah ter-log out dari perangkat laptop atau PC, kamu bisa mencoba cara berikut ini.

  1. Masuk ke browser

Langkah pertama yang harus dilakukan, masuklah ke browser dan kunjungi situs resmi WhatsApp Web di https://web.whatsapp.com melalui laptop ataupun PC.

  1. Tekan menu log out

Selanjutnya, tekan tombol titik tiga yang terletak di bagian atas pada layar laptop. Pilih menu Log out untuk keluar dari WhatsApp Web. Dengan begitu, akun kamu bisa tetap aman, karena tidak dapat diakses lagi melalui perangkat komputer ataupun laptop.

Cara Menggunakan Whatsapp Web

Cara Log In WhatsApp Web dengan Nomor HP

WhatsApp Web makin populer di kalangan masyarakat karena lebih praktis jika harus berkomunikasi sambil bekerja. Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk masuk ke WhatsApp Web, baik melalui PC, laptop, hingga smartphone. Selain dengan cara scan barcode, kamu bisa mengakses WhatsApp Web menggunakan nomor telepon. Kendati demikian, kamu butuh aplikasi pihak ketiga untuk cara menggunakan WhatsApp Web dengan no hp. Berikut ini beberapa aplikasi ketiga untuk menghubungkan WhatsApp di smartphone dan laptop.

  1. Noox Player

Aplikasi Noox Player adalah aplikasi emulator Android yang dapat kamu gunakan untuk mengakses WhatsApp melalui perangkat windows. Selain WhatsApp, Noox Player dapat memuat ribuan aplikasi lainnya, sehingga aplikasi yang ada di smartphone dapat diakses melalui laptop. Aplikasi Noox Player dapat kamu unduh secara gratis.

  1. BlueStack

Selain Noox Player, ada BlueStack yang dirancang secara khusus untuk menjalankan aplikasi Android di PC dan laptop, salah satunya WhatsApp. Aplikasi besutan Amerika ini bisa kamu dapatkan secara gratis.

Nah, untuk masuk ke aplikasi WhatsApp dengan nomor telepon, kamu harus menginstal salah satu emulator tersebut. Setelah Noox Player atau BlueStack terinstal, carilah aplikasi WhatsApp di dalamnya. Unduh aplikasi tersebut, lalu log in menggunakan nomor telepon yang sama dengan yang kamu gunakan di WhatsApp smartphone. Dengan begitu, kamu dapat berbagi pesan melalui WhatsApp di laptop dan PC.

Memulai Percakapan di WhatsApp Web

WhatsApp Web memiliki tampilan yang tidak jauh berbeda dari aplikasi versi smartphone. Untuk mengirim percakapan, kamu hanya perlu mencari kontak pada bagian pencarian di kiri atas. Sedangkan untuk berbagi video, gambar, hingga dokumen, kamu bisa melakukannya dengan klik tombol titik tiga yang terletak di bagian pojok kanan atas layar.

Selain itu, berbagi gambar dan video juga bisa dilakukan dengan menyeret foto yang akan dikirim ke bidang obrolan. Secara otomatis, gambar, video, maupun dokumen akan terlampir.

Cara Menggunakan Whatsapp Web

Cara Mudah Menyadap WA Lewat WhatsApp Web di Laptop dan HP 

Setelah membahas cara menggunakan WhatsApp Web, saatnya kita membahas cara menyadap WA melalui WhatsApp Web. Sebenarnya, cara ini kurang beretika karena mengusik privasi orang lain dan tidak seharusnya digunakan untuk hal-hal negatif. Namun, disisi lain, cara ini bisa jadi pilihan alternatif bila kamu mencurigai aktivitas pasangan, atau digunakan untuk memantau komunikasi anak yang masih di bawah umur agar tidak salah pergaulan.

  1. Cara Menyadap WA dari WhatsApp Web di PC

Untuk melakukan penyadapan, kamu harus meminjam ponsel anak atau pasangan terlebih dahulu. Setelah itu, lakukan langkah-langkah seperti berikut ini.

  • Masuk ke situs WhatsApp Web

Masuklah ke situs WhatsApp Web di https://web.whatsapp.com melalui browser di laptop, baik lewat Google Chrome, Firefox, Opera, dan lain sebagainya. Di halaman utama akan muncul kode QR untuk dipindai agar bisa masuk ke WhatsApp.

  • Scan QR Code

Cara memindai QR Code yang ada di layar laptop cukup mudah, yakni masuk ke aplikasi WhatsApp di ponsel anak atau pasangan kamu. Setelah itu, pilih tanda titik tiga di bagian atas layar lalu pilih opsi Scan Code. Jika kamu menggunakan iPhone, maka pilihlah setting 🡪 WhatsApp Web/Desktop. Nantinya, WhatsApp Web akan menyajikan obrolan yang terdapat di aplikasi WhatsApp pada ponsel.

Dengan cara tersebut, kamu bisa memantau komunikasi pasangan ataupun anak. Kendati demikian, cara ini cukup berisiko, karena WhatsApp yang diakses melalui perangkat lain akan terdapat notifikasi tersendiri.

  1. Cara Menyadap WA dari WhatsApp Web di HP

Selain cara menggunakan WhatsApp Web di Android, kamu juga bisa melakukan penyadapan lewat smartphone. Sekali lagi, cara ini tak seharusnya disalah gunakan, ya. Jadi, pastikan kamu menggunakan tutorial ini untuk hal-hal yang lebih bijak. Nah, untuk melakukan penyadapan lewat smartphone caranya tidak jauh berbeda.

  • Akses situs resmi WhatsApp Web

Hal pertama yang perlu kamu lakukan adalah mengakses situs resmi melalui browser di smartphone, seperti Google Chrome. Setelah itu, pilihlah tanda titik tiga di bagian kanan atas layar. Ubah pengaturannya menjadi versi desktop dengan memilih mode Desktop site. Tampilan WhatsApp Web akan muncul seperti saat kamu mengaksesnya di laptop atau PC.

  • Scan QR Code

Langkah selanjutnya lakukan scan QR Code seperti sebelumnya. Untuk melakukan langkah ini, kamu perlu meminjam hp anak atau pasanganmu. Setelah memindai barcode, kamu bisa memantau aktivitas mereka kapan pun dan di mana pun karena lebih praktis.

  1. Cara Menyadap WhatsApp dengan Airdroid

Selain dua cara di atas, menyadap WhatsApp juga bisa dilakukan dengan bantuan aplikasi pihak ketiga, yakni Airdroid. Airdroid merupakan aplikasi managemen ponsel yang memungkinkan kamu untuk menghubungkan PC dan laptop dengan Android. Selain itu, aplikasi Airdroid juga berfungsi untuk mencari ponsel yag hilang dengan fitur Find Location, melakukan mirorring, dan masih banyak lagi.

Untuk melakukan penyadapan WhatsApp melalui aplikasi Airdoid, kamu hanya perlu melakukan beberapa langkah berikut ini.

  • Buka situs Airdroid

Langkah pertama bukalah situs Airdroid melalui browser di laptop kamu. Setelah itu pilih opsi Download. Sebelum mengunduhnya akan muncul pilihan download untuk iOS, Android, dan desktop client. Kamu juga bisa mengunduh aplikasi ini untuk perangkat MacOS atau Windows. Jika tidak ingin menginstall aplikasi, kamu dapat menggunakan layanan Airdroid Web melalui https://web.airdroid.com.

  • Buat akun di Airdroid

Setelah mengunduh aplikasi maupun mengakses layanan Airdroid Web, buatlah akun terlebih dahulu. Kamu bisa membuat akun dengan menghubungkan akun Google dan akun sosial media. Setelah itu, log in ke akun tersebut melalui perangkat laptop dan PC.

  • Install aplikasi Airdroid di ponsel

Selanjutnya, kamu perlu menginstall aplikasi Airdroid di ponsel pasangan atan anak kamu terlebih dahulu. Aplikasi ini dapat diunduh secara gratis melalui Play Store dan App Store. Tahap berikutnya, buat akun dan log in ke akun tersebut.

  • Aktifkan fitur Desktop Notif

Jika sudah, buka menu Security & Remote Features dan aktifkan fitur Desktop Notif. Nantinya akan muncul permintaan izin akses dari aplikasi Airdroid. Melalui aplikasi ini, kamu dapat melihat notifikasi WhatsApp yang masuk ke ponsel anak, sehingga kamu bisa melihat siapa saja yang berkirim pesan dengannya.

Meski begitu, penggunaan aplikasi Airdroid tidak semudah cara menggunakan WhatsApp Web, karena dapat memunculkan kecurigaan. Hal ini dikarenakan kamu harus menginstall aplikasi Airdroid di ponsel yang akan kamu sadap.

Jika tidak ingin ketahuan, kamu bisa menyembunyikan aplikasi Airdroid. Untuk itu kamu butuh aplikasi tambahan, seperti Security Master, CM Locker, dan masih banyak lagi. Dengan bantuan aplikasi ini, Airdroid tidak akan terlihat meski sudah diinstall di ponsel yang akan disadap.

Cara Menggunakan Whatsapp Web

Cara Menggunakan Dark Mode, Membuat QR Code di WhatsApp Web

WhatsApp Web sebenarnya menawarkan fitur yang tidak jauh berbeda dari aplikasi WhatsApp di smartphone. Pengguna dapat mengirim pesan, foto, video, hingga melakukan video call. Selain itu, WhatsApp Web juga memungkinkan penggunanya untuk menerapkan dark mode seperti yang terdapat di aplikasi smartphone. Lalu, bagaimana cara menggunakan dark mode WhatsApp Web?

  1. Pengaturan Dark Mode di WhatsApp Web

  • Log in ke situs WhatsApp Web

Sama seperti cara menggunakan WhatsApp Web pada umumnya, kamu perlu log in ke situsnya melalui browser di laptop atau PC.

  • Masuk ke menu Setting

Langkah berikutnya klik tanda titik tiga vertikal untuk masuk ke menu Setting. Selanjutnya pilih menu Theme dan klik opsi Dark. Jangan lupa menekan tombol Ok agar tampilan WhatsApp Web berubah menjadi hitam. Jika ingin mengubah ke mode awal, kamu perlu melakukan langkah yang sama. Hanya saja, pilih opsi Light yang terdapat di menu Theme.

  1. Membuat QR Code Melalui WhatsApp Web

Tak hanya pengaturan dark mode, kamu juga bisa membuat QR Code melalui WhatsApp Web. QR Code sendiri dapat kamu gunakan untuk berbagi WhatsApp di sosial media lainnya. Cara membuat QR Code lewat WhatsApp Web tidak kalah mudahnya dari mengatur dark mode, yakni:

  • Masuk ke menu Setting

Setelah log in ke akun WhatsApp, kamu harus masuk ke menu Setting dengan menekan tombol titik tiga vertikal yang ada di layar laptop.

  • Klik kode QR

Selanjutnya, klik icon QR Code yang terletak di sebelah kanan nama akun kamu. Nantinya kamu akan dibawa ke halaman QR Code dimana terdapat tampilan informasi QR code akun dan namamu.

  • Klik Share

Untuk membagikan QR Code ke pengguna WhatsApp lainnya, kamu hanya perlu menekan tombol Share. Akan muncul beberapa pilihan untuk berbagi, seperti melalui platform Instagram, e-mail, SMS, dan lain sebagainya. Kamu juga bisa memindai QR Code pengguna lain melalui WhatsApp Web. Caranya dengan menggunakan aplikasi pihak ketiga, seperti Google Lens.

Cara Menggunakan Whatsapp Web

Cara Melakukan Video Call di WhatsApp Web Melalui Messenger

Melakukan panggilan video di aplikasi WhatsApp biasanya hanya bisa dilakukan dengan beberapa orang saja. Namun, sejak diperbarui pada Mei lalu, pengguna WhatsApp versi Beta dapat melakukan video call dengan 50 orang melalui Messenger Room. Menariknya, fitur ini bisa kamu nikmati dengan cara menggunakan WhatsApp Web. Akan tetapi, pastikan kamu sudah update aplikasi WhatsApp ke versi terbaru sebelum menjajal fitur ini, ya.

  1. Log in ke WhatsApp Web

Cara pertama untuk melakukan panggilan video dengan 50 orang adalah log in terlebih dahulu ke WhatsApp Web melalui browser di laptop atau PC kamu.

  1. Pilih menu titik tiga

Langkah kedua, pilihlah menu titik tiga yang terletak di sudut kanan atas. Menu ini letaknya sejajar dengan tombol chat, profil pengguna dan status. Nantinya kamu akan menemukan beberapa opsi, maka pilihlah menu Create a Room.

  1. Lanjut ke halaman Messenger

Setelah itu akan muncul pop-up pemberitahuan pada layar laptop untuk lanjut ke halaman Messenger. Pilihlah opsi Lanjutkan dengan Messenger untuk memulai panggilan video melalui WhatsApp Web. Pada tahap berikutnya, kamu akan dibawa menuju halaman baru untuk log in ke Facebook.

Jika sudah berhasil log in, kamu akan dibawa ke halaman khusus yang menyediakan link untuk mengundang pengguna lainnya. Pengguna lain dapat langsung bergabung dengan messenger video setelah mereka mengklik tautan tersebut.

Selain cara tersebut, pengguna WhatsApp Web dan desktop dapat melakukan video conference tanpa harus menggunakan link. Cara menggunakan WhatsApp Web untuk melakukan panggilan video adalah dengan membuka chat dari pengguna yang akan kamu ajak video call. 

Berikutnya, tekan tombol lampiran yang terletak di sudut kanan atas layar dan pilihlah opsi Room yang ditandai dengan gambar kamera. Nantinya, layar laptop akan menampilkan pop-up untuk melanjutkan ke halaman messenger. Kamu tinggal memilih opsi Lanjutkan dengan Messenger. 

Tahap berikutnya tidak jauh berbeda dengan cara yang pertama, yakni kamu diminta log in ke akun Facebook. Setelahnya kamu akan dibawa ke halaman tunggu. Cara menggunakan WhatsApp Web untuk video call ini juga bisa kamu pakai untuk panggilan grup. Jika ingin melakukan panggilan grup, kamu hanya perlu melakukan langkah-langkah yang sama seperti di atas.

Fitur Keamanan Biometrik Pada WhatsApp Web

Seiring dengan perkembangan teknologi dan banyaknya pengguna WhatsApp, pihak developer pun menambah fitur keamanannya, terutama untuk kamu yang mengakses aplikasi chatting ini melalui WhatsApp Web ataupun desktop.

Jika biasanya cara menggunakan WhatsApp Web cukup dengan memindai kode QR, kini pengguna harus melakukan pemindaian sidik jari atau wajah untuk melakukan sinkronisasi. Dengan adanya fitur keamanan biometrik, keamanan kamu dalam berkomunikasi dengan sesama pengguna WhatsApp akan tetap terjaga, sebab tidak sembarang orang bisa mengaksesnya.

Kendati demikian, biometrik yang sah untuk bisa masuk ke WhatsApp Web hanyalah sidik jari atau wajah yang didaftarkan pada ponselmu. Selain itu, kamu tidak bisa mengakses WhatsApp Web. Kendati demikian, fitur keamanan ini hanya tersedia untuk perangkat yang mendukung fitur biometrik dan telah mengaktifkan otentikasi biometrik pada perangkat masing-masing. Dengan diberlakukannya fitur keamanan ini, tentu kamu tidak bisa menerapkan penyadapan secara sembarangan.

Fitur-fitur Tersembunyi WhatsApp yang Jarang Diketahui

Selain fitur dasar, sebenarnya ada banyak fitur yang ditawarkan oleh WhatsApp dan belum diketahui banyak orang. Salah satunya adalah cara kirim pesan tanpa menyimpan nomor terlebih dahulu. Ada kalanya kita harus mengirim pesan secara mendadak pada seseorang yang nomornya belum tersimpan di ponsel. Jika kamu tidak mau menyimpannya secara permanen, maka cara ini bisa kamu terapkan.

  1. Kirim Pesan Tanpa Menyimpan Nomor Terlebih Dahulu

  • Install aplikasi QuickWA

Cara mengirim pesan WA tanpa menyimpan nomor harus menggunakan bantuan aplikasi ketiga, yakni QuickWA. Jika kamu mengakses WhatsApp melalui perangkat laptop, maka kamu harus menginstall emulator terlebih dahulu sebelum mengunduh aplikasi ini. Sementara bagi pengguna Android, aplikasi ini dapat diunduh secara gratis melalui Play Store.

  • Buka aplikasi

Tahap berikutnya, buka aplikasi QuickWA. Untuk mengirim pesan tanpa menyimpan nomor, kamu tinggal memasukkan nomor penerima di kolom Phone number. Selanjutnya, ketik pesan yang akan kamu kirim di kolom bawahnya. Jika sudah, tekan tombol Send untuk mengirim pesan.

  • Direct ke aplikasi WhatsApp

Setelah menekan tombol send, aplikasi QuickWA akan men-direct pesan kamu ke aplikasi WhatsApp. Klik ikon Send untuk mengirim pesan. Pesan kamu akan langsung terkirim tanpa harus menyimpan nomor si penerima.

  1. Melihat Siapa yang Paling Sering Dihubungi

Sebagian orang mungkin belum tahu bahwa WhatsApp memungkinkan penggunanya untuk melihat siapa saja yang paling sering dihubungi. Tak hanya diterapkan pada aplikasi WhatsApp di smartphone, fitur ini berlaku untuk cara menggunakan WhatsApp Web di Android.

  • Masuk ke menu setting

Pertama-tama, masuk ke menu Setting dengan menekan tombol titik tiga yang terletak di bagian pojok atas layar. Selanjutnya, pilih menu Data and Storage Usage. Nantinya akan muncul beberapa opsi, maka pilihlah menu Storage usage. 

  • Tunggu proses selesai untuk menampilkan data

Jika sudah, tunggu sampai prosesnya selesai. Kamu akan mendapatkan info terkait besaran data yang digunakan pada tiap-tiap chatting secara pribadi maupun grup.

  1. Cara Mengganti Ukuran Font di WhatsApp Web

Pada dasarnya WhatsApp tidak memungkinkan penggunanya untuk memperbesar maupun memperkecil ukuran font. Namun, untuk kamu yang mengaksesnya melalui WhatsApp Web ada trik yang bisa diterapkan untuk memperbesar ukuran font tersebut, yakni dengan menekan tombol Ctrl + sebanyak yang dibutuhkan. Secara otomatis, konten dan font yang ditampilkan pun akan menjadi lebih besar.

Tapi, perlu diingat, bahwa trik ini hanya berlaku untuk cara menggunakan WhatsApp Web di PC maupun laptop. Sementara untuk mengecilkan ukuran font dan konten seperti semula, kamu bisa menekan tombol Ctrl – pada keyboard.

Cara Menggunakan Whatsapp Web

Cara Mengatasi WhatsApp yang Disadap

Sebelumnya kita sudah membahas cara menggunakan WhatsApp Web untuk menyadap. Biasanya cara ini menimbulkan kecurigaan karena terdapat notifikasi WhatsApp yang diakses melalui perangkat lain. Lantas, bagaimana cara mengatasi WhatsApp yang disadap?

  1. Cara Mengetahui WhatsApp Disadap

Penyadapan WhatsApp tidak hanya dilakukan melalui WA Web saja. Kejahatan cyber ini juga bisa dilakukan melalui jaringan Wi-Fi. Ada beberapa cara untuk mengetahui WhatsApp kamu disadap atau tidak, di antaranya adalah sebagai berikut.

  • Chat terbaca secara otomatis

Salah satu ciiri yang dapat dikenali dengan mudah adalah chat WA terbaca secara otomatis, padahal kamu belum membuka chat tersebut. Hal ini bisa jadi pertanda bahwa WhatsApp kamu dihack secara jarak jauh, salah satunya dengan menggunakan WhatsApp Web.

  • Akun WhatsApp Web aktif di perangkat lain

Ciri kedua yang menandakan akun WhatsApp kamu diretas adalah aktifnya WhatsApp Web di perangkat lain, selain laptop yang kamu gunakan untuk mengaksesnya. Hal ini juga bisa terjadi meski kamu tidak mengakses WhatsApp melalui laptop maupun PC. Dengan kata lain notifikasi akun WA web di smartphone-mu sedang aktif.

Untuk memeriksa apakah notifikasi WhatsApp Web kamu aktif, coba tekan titik tiga yang terdapat di sebelah kanan atas dan pilih opsi WhatsApp Web. Kamu akan mendapati informasi perangkat mana yang mengakses akunmu melalui WhatsApp Web. Selain itu, kamu dapat melihat status WhatsApp Web melalui bar notifikasi di smartphone-mu.

  1. Cara Mengatasi WhatsApp yang Disadap

Di tengah kecanggihan teknologi saat ini, cyber crime pun kian meningkat. Jika kamu tidak ingin menjadi salah satu korbannya lewat penyadapan WhatsApp, kamu bisa melakukan beberapa poin berikut ini.

  • Jangan gunakan Wi-Fi publik

Salah satu cara untuk mengantisipasi agar WhatsApp tidak dihack adalah tidak menggunakan jaringan Wi-Fi publik untuk membuka WhatsApp. Wi-Fi publik yang dapat diakses oleh siapa pun lebih rentan terhadap bahaya siber, sehingga informasi pribadimu bisa diretas.

  • Jangan memberikan akses smartphone dan laptop secara sembarangan

Langkah kedua adalah jangan memberikan akses smartphone secara sembarangan. Jika kamu menerapkan cara menggunakan WhatsApp Web di Windows 7 maupun OS lainnya, jangan memberikan akses laptop secara sembarangan.

Kamu juga bisa mengaktifkan password di smartphone agar tidak diakses secara sembarangan. Menariknya, WhatsApp menambahkan fitur keamanan untuk versi terbarunya. Cara menggunakan WhatsApp Web yang dilengkapi dengan fitur keamanan biometrik pada perangkat tertentu dapat menghindari kejahatan siber semacam ini.

  • Aktifkan 2-Step Verification

Kamu juga bisa mengantisipasi kejahatan siber dengan mengaktifkan verifikasi dua langkah. Cara mengaktifkan fitur ini terbilang cukup mudah. Kamu hanya perlu membuka aplikasi WhatsApp lalu tekan ikon titik tiga dan pilih menu Setting. Selanjutnya pilih menu Account dan klik opsi Tw-step verification. Untuk mengaktifkan fitur ini, kamu hanya perlu mengetuk tombol Enable serta masukkan PIN dan email pemulihan.

  • Log out WhatsApp Web secara rutin

Mungkin kamu bertanya-tanya bagaimana cara menggunakan WhatsApp Web yang aman ditengah maraknya kejahatan cyber. Caranya adalah rutin log out WhatsApp Web. Langkah-langkahnya sendiri sudah kita bahas pada poin sebelumnya. Dengan rutin log out dari WhatsApp Web, terlebih lagi di perangkat yang digunakan secara bersamaan, maka kemungkinan WhatsApp diretas pun semakin kecil.

  • Jangan bagikan password ke siapa pun

Untuk meningkatkan keamanan WhatsApp Web maupun aplikasi WhatsApp pada smartphone, sebaiknya jangan bagikan password ke siapa pun, sekalipun itu pacar kamu. Meski terkesan sepele, tapi hal ini bisa berakibat fatal pada akun kamu.

  • Jangan membuka WhatsApp Web di perangkat bersama

Fitur WhatsApp Web jadi pilihan banyak orang ketika harus bekerja di depan komputer agar tetap bisa berkomunikasi, entah dengan klien atau secaar personal. Tak jarang, pengguna WhatsApp mengakses akunnya melalui komputer kantor yang bukan perangkat pribadinya. Sekilas terlihat sepele, tapi kebiasaan ini sebaiknya dihentikan karena kemungkinan akun kamu diretas lebih besar jika menggunakan perangkat bersama bukan perangkat pribadi untuk mengaksesnya.

  • Fitur keamanan sidik jari

Jika kamu menggunakan smartphone yang dilengkapi dengan sensor sidik jari, maka maksimalkan fitur ini untuk meningkatkan keamanan WhatsApp, yakni dengan mengaktifkan sensor tersebut. Cara mengaktifkan fingerprint cukup mudah, yakni dengan membuka aplikasi WhatsApp lalu klik tombol titik tiga yang terletak di pojok kanan atas. Setelah itu, pilihlah menu Setting.

Nantinya akan muncul beberapa opsi, pilih Account 🡪 Privacy. Selanjutnya aktifkan sensor sidik jari dengan menekan menu Fingerprint Lock. Dengan begitu, orang lain tidak dapat membuka aplikasi WhatsApp kamu.

  • Fitur Touch atau Face ID pada iPhone

Bagi pengguna iPhone, cara menggunakan WhatsApp Web di iPhone secara aman adalah mengaktifkan fitur Touch atau Face ID. Langkah-langkah untuk mengaktifkannya adalah masuk ke menu Setting. Selanjutnya pilih menu Account 🡪 Privasi lalu pilih menu Screen Lock. Untuk meningkatkan keamanan, pilih opsi Require Touch ID atau Require Face ID.

  • Atur Fitur Auto Grup Addition

Kamu bisa mengaktifkan fitur Auto Grup Addition untuk meningkatkan keamanan WhatsApp. Melalui fitur ini, kamu bisa memilih siapa saja yang dapat menambahkan kamu ke dalam grup. Dengan kata lain, tidak semua orang bisa menambahkanmu ke dalam grup tanpa izinmu. Cara mengaktifkan fitur ini adalah melalui menu Setting. Selanjutnya pilih menu Account 🡪 Privacy. Nantinya akan muncul beberapa opsi, pilihlah opsi Groups 🡪 Nobady. Dengan begitu, tidak satu pun orang bisa menambahkan kamu ke dalam grup WhatsApp.

  • Waspadai Tautan yang Mencurigakan

Selain melakukan beberapa cara di atas, kamu juga harus lebih waspada terhadap tautan yang belum terpercaya. Meskipun tautan tersebut dikirim oleh orang terdekat kamu, sebaiknya jangan muda mempercayainya, apalagi jika dibagikannya dengan cara Forwarded. Bisa jadi, link yang dibagikan adalah malware yang bisa membuat data-datamu diretas.

  • Aktifkan Notifikasi Keamanan

Cara menggunakan WhatsApp Web agar lebih aman dapat dilakukan dengan mengaktifkan notifikasi keamanan. Jika notifikasi ini kamu aktifkan, maka WhatsApp akan mengirim pemberitahuan jika kode keamanan telah berubah. Fitur ini umumnya berguna saat kamu memindahkan WhatsApp dari ponsel lama ke ponsel baru. Dengan mengaktifkan fitur ini, kamu bisa mengetahui jika ada aktivitas mencurigakan dari akun kamu.

Untuk mengaktifkan notifikasi keamanan kamu perlu masuk ke menu Setting terlebih dahulu. Setelah itu, pilih menu Account 🡪 Security. Nah, pada bagian ini aktifkan Show security notifications.

  • Gunakan Aplikasi Pihak Ketiga untuk Mengamankan WhatsApp

Apabila menggunakan smartphone yang mendukung fitur keamanan biometrik, kamu bisa meningkatkan keamanan WhatsApp tanpa harus menginstall aplikasi tambahan. Namun, untuk perangkat yang tidak dilengkapi fitur keamanan biometrik, opsi ini bisa jadi pilihan alternatif.

Ada banyak aplikasi pihak ketiga yang memungkinkan kamu untuk menambahkan password dalam setiap aplikasi, tidak terkecuali WhatsApp. Aplikasi pihak ketiga ini dapat kamu unduh secara gratis di Play Store. Kendati demikian, pastikan aplikasi yang kamu gunakan terpercaya dan mendapatkan rating bagus oleh pengguna.

  • Hindari Mengunduh Aplikasi dari Sumber Tidak Terpercaya

Langkah terakhir ini tidak hanya meningkatkan keamanan WhatsApp, tapi juga keamanan smartphone secara keseluruhan, yakni jangan mengunduh aplikasi secara sembarangan. Untuk pengguna Android, kamu bisa mengunduh aplikasi lewat Play Store. Sementara untuk pengguna iPhone kamu bisa mengunduh aplikasi lewat App Store. Dua sumber ini lebih kredibel dan bisa menghindarkan kamu dari kejahatan cyber yang berbentuk aplikasi.

Keunggulan WhatsApp Web

Sejak awal sudah disinggung bahwa cara menggunakan WhatsApp Web memiliki beberapa keuntungan bagi penggunanya, di antaranya adalah sebagai berikut:

  1. Lebih Fleksibel

Sebelum hadir layanan WhatsApp Web, kamu harus menggunakan smartphone untuk bisa bertukar pesan. Bahkan, ketika bekerja pun, kamu harus berbagi fokus antara laptop dan smartphone untuk bisa berkomunikasi. Namun, seiring dengan perkembangan zaman dan hadirnya WhatsApp Web, berkomunikasi bisa lebih fleksibel. Kamu tak perlu membuka ponsel di tengah-tengah pekerjaan hanya untuk membalas pesan.

  1. Hemat Waktu

Penggunaan WhatsApp Web sebenarnya juga menghemat waktu. Sebab kamu tak perlu bergonta-ganti perangkat untuk mengerjakan tugas dan berkomunikasi. Menariknya lagi, semakin banyak fitur yang dihadirkan dalam WhatsApp Web yang mampu menunjang aktivitas harian. Salah satunya adalah fitur video call dengan jumlah peserta lebih dari 50 orang.

Fitur ini dapat kamu manfaatkan ketika harus mengerjakan tugas bersama teman kelompok. Meskipun sudah ada Zoom, namun tak ada salahnya melakukan komunikasi melalui WhatsApp, bukan?

  1. Dapat Mengirim File Secara Lebih Mudah

Saat harus mengirim dokumen di dalam laptop atau PC, kamu tak perlu memindahkannya terlebih dahulu ke ponsel untuk bisa dikirim via WhatsApp. Dengan adanya WhatsApp Web, kamu hanya perlu melakukan sinkronisasi agar akun WhatsApp dapat dibuka lewat perangkat PC dan laptop. Setelah itu, kamu dapat mengirim file secara lebih mudah.

  1. Dapat Digunakan untuk Menghubungkan Beberapa Akun WhatsApp

Cara menggunakan WhatsApp dari laptop sebenarnya dapat digunakan untuk menghubungkan beberapa akun sekaligus. Hal ini dapat dilakukan dengan mengakses beberapa browser. Meski begitu, jangan mencoba cara ini di komputer bersama, ya. Karena resiko keamanannya tidak terjamin.

  1. Dapat Digunakan untuk Memantau Aktivitas Anak

Keuntungan lain dari WhatsApp Web adalah bisa digunakan untuk memantau aktivitas anak, dalam hal ini adalah komunikasi anak dengan teman-temannya. Meski melanggar privasi dan tidak seharusnya dilakukan, tapi langkah ini dapat digunakan untuk mengantisipasi pergaulan yang tidak benar, terlebih lagi jika mereka masih berada di bawah umur.

Kekurangan WhatsApp Web

WhatsApp Web tak serta merta memberikan keuntungan bagi para penggunanya. Ada sejumlah kekurangan yang bisa kamu temukan dalam WhatsApp Web yang dibuka lewat laptop dan PC. Berikut ini beberapa kekurangan dari WhatsApp Web yang perlu kamu ketahui.

  1. Baterai Jadi Boros

Cara menggunakan WhatsApp Web dapat membuat baterai ponsel cepat habis. Sebab penggunaan WhatsApp Web sepenuhnya bergantung pada koneksi di smartphone kamu. Jika dilakukan secara terus menerus, hal ini bisa mempengaruhi umur baterai ponselmu. Selain itu, ponsel akan lebih cepat panas karena dihubungkan ke WhatsApp Web.

  1. Tidak Dapat Digunakan Bila Ponsel Mati

Sama halnya dengan versi aplikasi, WhatsApp Web pun tidak dapat digunakan apabila ponsel kamu mati. Artinya, ponsel harus selalu dalam kondisi aktif untuk bisa mengakses WhatsApp Web. Jika baterai ponsel hampir habis, kamu harus segera mengisi dayanya tanpa mematikan ponsel. Kebiasaan ini juga tidak baik untuk umur baterai ponselmu. Sebab, ponsel yang dicharge sambil digunakan untuk aplikasi yang cukup berat akan membuat baterai cepat rusak.

  1. Butuh Internet Stabil dan Kuat

Untuk mengakses WhatsApp Web dibutuhkan koneksi internet yang stabil dan kuat. Jika koneksi internet kamu lemah, maka WhatsApp Web pun tidak akan merespon dengan cepat. Hal ini akan jadi masalah tersendiri jika kamu berada di wilayah yang minim sinyal, karena WhatsApp Web tidak dapat diakses.

  1. Rentan Cyber Crime

Sebenarnya tak hanya WhatsApp Web yang rentan terhadap cyber crime. Karena WhatsApp yang diakses melalui aplikasi di smartphone pun masih bisa diretas. Kendati demikian, tingkat kejahatan siber lebih rentan terjadi bila kamu mengakses WhatsApp melalui perangkat laptop dan komputer. Apalagi jika perangkat tersebut digunakan oleh orang lain.

Itu tadi cara menggunakan WhatsApp Web di laptop, PC, maupun smartphone. Selain cara mengaksesnya yang mudah, kamu perlu menerapkan tips-tips di atas untuk meningkatkan keamanan aplikasi WhatsApp, sehingga terhindar dari kejahatan siber.