Jenis-jenis Surat Izin Orang Tua untuk Melamar Kerja

Surat izin orang tua untuk melamar kerja menjadi salah satu syarat saat mengajukan lamaran pekerjaan. Ada berbagai macam contoh yang bisa menjadi acuan dalam membuat surat izin orang tua untuk melamar kerja. Lantas apa saja jenis-jenis surat izin orang tua untuk melamar kerja?

Pengertian Surat Izin Orang Tua untuk Melamar Kerja

Seperti namanya, surat izin orang tua untuk melamar kerja berisi mengenai keterangan bahwa orang tua telah mengetahui dan memberikan izin bagi anaknya untuk melamar pekerjaan. 

Pada dasarnya surat izin orang tua untuk melamar pekerjaan tidak termasuk dalam jenis surat lembaga atau organisasi dan masuk dalam kategori surat pribadi.

Tiga unsur penting yang tertera dalam surat izin orang tua untuk melamar kerja adalah identitas orang tua, identitas anak, dan tanda tangan orang tua. 

Tujuan Surat Izin Orang Tua untuk Melamar Kerja

Jenis-jenis Surat Izin Orang Tua untuk Melamar Kerja

Dari namanya saja mungkin sudah jelas jika tujuan surat izin orang tua untuk melamar kerja ya untuk melamar pekerjaan.

Namun secara umum, tujuan surat tersebut ialah sebuah bentuk legalitas jika orang tua benar-benar mengetahui dan memberikan izin pada anaknya untuk melamar pekerjaan tertentu. Salah satu bentuk legalitas dalam surat izin orang tua untuk melamar kerja adalah tanda tangan.

Bermacam Contoh Surat Izin Orang Tua untuk Melamar Kerja

Jika sudah paham tujuan surat izin orang tua untuk melamar kerja, selanjutnya berikut beberapa contoh surat izin orang tua untuk melamar kerja.

1. Contoh surat izin orang tua untuk bekerja

Contoh surat izin ini menunjukkan susunan pokok yang berisi identitas orang tua, identitas anak. Lalu yang perlu diingat, sertakan juga keterangan jika orang tua telah memberikan izin pada anaknya untuk melamar pekerjaan di sebuah perusahaan.

Lalu di bagian terakhir surat izin orang tua ini disertakan pula hari, tanggal, dan tanda tangan orang tua serta bisa memakai materai namun opsional dan tidak wajib.

2. Contoh surat izin orang tua untuk melamar kerja dengan penegasan

Contoh surat izin orang tua untuk melamar kerja jenis kedua ini dengan jelas menuliskan bagian-bagian yang cukup krusial alias penting, namun tetap ringkas dan memiliki susunan bahasa yang tegas. 

Di bagian akhir, ada tulisan berbunyi: Pada prinsipnya, saya sebagai orang tua dari anak saya tersebut mengizinkan putri kami untuk bergabung dengan perusahaan yang Bapak/Ibu pimpin.

Jangan lupa di bagian akhir surat izin orang tua untuk melamar kerja ini sertakan pula tanda tangan serta nama lengkap orang tua.

3. Contoh surat izin orang tua untuk melamar kerja yang punya susunan lengkap

Contoh surat izin orang tua untuk melamar kerja yang ketiga ini disusun dengan lebih kompleks dan lengkap. Ada pula beberapa perusahaan yang memang sudah memiliki format khusus untuk surat izin orang tua yang harus diperhatikan oleh calon pekerja.

Jenis-jenis Surat Izin Orang Tua untuk Melamar Kerja

Berbeda dengan surat izin orang tua sebelumnya, contoh surat izin ketiga ini bahkan memiliki dua kolom tanda tangan yakni untuk kepala desa atau lurah serta kolom tanda tangan orang tua dan wali.

4. Cara membuat surat izin orang tua untuk melamar kerja di pabrik

Contoh surat izin orang tua untuk melamar kerja di pabrik yang keempat lebih sederhana. Di dalamnya hanya tertera identitas orang tua, identitas anak, dan alinea yang menyatakan izin.

Di bagian akhir, tak lupa sertakan waktu dan tempat plus kolom tanda tangan untuk orang tua.

Beberapa langkah yang harus diperhatikan saat membuat surat izin orang tua untuk melamar kerja:

  • Menulis judul sesuai keperluan surat
  • Menulis pembuka
  • Menulis identitas orang tua dan anak
  • Tulis kalimat pernyataan yang menegaskan orang tua sudah memberi izin
  • Tuliskan kalimat penutup
  • Ruang untuk tanda tangan orang tua dan nama terang orang tua