Contoh CV Lamaran Kerja yang Baik dan Benar

contoh CV lamaran kerja yang baik dan benarCV atau Curicullum Vitae untuk para pelamar kerja adalah hal yang penting dalam melamar pekerjaan, dan harus ada. Banyak sekali contoh CV lamaran kerja yang baik dan benar yang bisa menjadi panduan Anda ketika akan melamar pekerjaan.

Namun, pilih jenis CV yang tak hanya benar cara penulisannya tapi juga menarik. Supaya lamaran kerja Anda lolos dan bisa diterima.

CV merupakan sebuah informasi mengenai kualifikasi seseorang dalam mencari pekerjaan. Informasi yang terdapat di dalam CV itu sendiri meliputi data pribadi seperti tingkat pendidikan, keterampilan, prestasi, pengalaman bekerja, dan masih banyak lagi.

Perusahaan akan melihat komperensi serta pencapaian apa saja yang Anda miliki, untuk memperoleh kesan pertama pada si calon pelamar.

CV atau Curriculum Vitae dalam Melamar Pekerjaan

Contoh CV Lamaran Kerja yang Baik dan Benar

Anda bisa membuat CV menggunakan dua bahasa, baik dalam bahasa Ingrgis/Indonesia. Tergantung dari perusahaan apa yang Anda lamar. Banyak pelamar yang menyiapkan atau membuat CV dalam dua versi bahasa tersebut.

CV juga bisa menjadi self branding dalam memasarkan keahlian serta pencapaian si pelamar yang bisa ditunjukkan pada perusahaan. Untuk itu, tulislah CV dengan bahasa yang efektif dan tentunya jelas tidak bertela-tele. Anda bisa melihatnya pada contoh CV lamaran kerja yang baik dan benar, bagaimana bahasa yang digunakan di sana.

Jangan terkesan terlalu banyak menjual diri dengan membicarakan keahlian dan kemampuan Anda saat membuat CV. Tapi fokus saja pada konteks pengalaman bekerja Anda, pendidikan terakhir, keberhasilan yang pernah dicapai, dan informasi lainnya yang sekiranya dibutuhkan oleh perusahaan. 

Anda juga bisa menggunakan aplikasi online dalam membuat CV supaya lebih menarik. Banyak juga contoh CV lamaran kerja yang baik dan benar yang bisa diunduh kemudian diedit secara online. Untuk disesuaikan data dan informasi yang ada di dalamnya, dengan yang Anda miliki. 

Atau bisa juga dengan meniru CV teman atau orang terdekat Anda, yang sudah berhasil diterima di suatu perusahaan besar. Format pakem yang harus Anda perhatikan dalam pembuatan CV adalah harus mencantumkan pendidikan, keahlian/keterampilan, alamat, pengalaman bekerja, kontak yang dapat dihubungi, dan sebagainya.

Contoh CV Lamaran Kerja yang Baik dan Benar dari Referensi yang Tepat

Contoh CV Lamaran Kerja yang Baik dan Benar

Pada intinya, CV yang Anda buat dalam melamar pekerjaan fungsinya adalah sebagai alat untuk mempromosikan diri supaya Anda bisa diterima bekerja di perusahaan yang dituju.

Jelaskan dengan detail pada CV, mengapa Anda pantas memperoleh posisi yang diinginkan di perusahaan tersebut. Itulah sebabnya, CV selalu dilampirkan bersamaan dengan surat lamaran.

Berikut ini contoh CV untuk lamaran kerja yang benar:

CURICULUM VITAE

Bioata Pribadi

Nama : Diawati Irawan

Jenis Kelamin : Perempuan

Tempat Tanggal Lahir : Bandung 2 Desember 1996

Kebangsaan : Indonesia

Status : Belum Menikah

Agama : Islam

Alamat : Jl Sindang Galih II No 34 Bandung

No HP : 0856354364

Email : [email protected]

Riwayat Pendidikan

TK : TK Tunas Bangsa

SD : SDN Pasir Luyu

SMP : SMP Mekar Bakti

SMA : SMA Mekar Bakti

Perguruan Tinggi : Universitas Bandung Indonesia Fakultas Ekonomi Jurusan Akuntansi

Pengalaman Organisasi

  • Organisasi Kemahasiswaan di Universitas Bandung Indonesia
  • Ketua OSIS SMA Mekar Bakti
  • Organisasi Akuntan Indonesia

Itulah salah satu contoh CV lamaran kerja yang baik dan benar, yang bisa menjadi panduan atau referensi Anda dalam membuat CV.