Rangkuman Materi IPA Kelas 7 Semester 2 Per Bab

Materi IPA Kelas 7 Semester 2 – Ilmu Pengetahuan Alam atau IPA merupakan salah satu mata pelajaran wajib yang diajarkan mulai dari sekolah dasar hingga sekolah menengah atas.

Jika anda seorang siswa kelas 7 SMP atau seorang guru IPA yang sedang mencari materi IPA Kelas 7 Semester 2, anda datang pada artikel yang tepat. Berikut rangkuman materi IPA kelas 7 semester 2 per bab berdasarkan Kurikulum 2013.

Materi IPA Kelas 7 Semester 2

1. Sistem Organisasi Kehidupan Makhluk Hidup

Setiap makhluk hidup tersusun atas unit-unit terkecil pada bagian tubuhnya. Urutan-urutan unit ini akan membentuk tingkatan atau yang biasanya disebut dengan hierarki struktur. Organisme adalah bagian dari hierarki struktur makhluk hidup yang membentuk organisasi kehidupan.

Organisasi kehidupan makhluk hidup terdiri atas atom – molekul – organ sel- sel – jaringan – organ – sistem organ – organisme. pada bab ini, anda akan difokuskan pada pembahasan mengenai sel dan jaringan. Sel berada pada tingkatan struktural terendah yang masih bisa melakukan semua fungsi kehidupan makhluk hidup.

Rangkuman Materi IPA Kelas 7 Semester 2 Per Bab

Sel bisa menjalankan regulasi kehidupanya sendiri, memproses energi, tumbuh dan ebrkembang, menanggapi lingkungannya dan melakukan proses reproduksi.

Kerjasama dan interaksi di antara sel-sel makhluk hidup ini merupakan alasan organisme tetap bisa hidup. Sel-sel yang memiliki peran dan fungsi yang sama akan hidup berkelompok dan membentuk suatu jaringan. Kemudian, kumpulan jaringan-jaringan tersebut akan berkumpul dan membentuk suatu organ.

Untuk lebih jelasnya, berikut sub bab yang menjadi pembahasan materi sistem organisasi kehidupan makhluk hidup:

  • Sel sebagai unit struktural dan fungsional kehidupan
  • Jaringan-jaringan pada sel
  • Organ-organ pada hewan dan tumbuhan
  • Sistem organ dan organisme

2. Interaksi Makhluk Hidup dengan Lingkungan

Pada bab 2, anda akan mempelajari interaksi antara makhluk hidup dengan lingkungan sekitarnya. Lingkungan merupakan segala sesuatu di luar individu. Segala sesuatu di luar individu adalah sistem kompleks yang saling berpengaruh satu sama lain. Lingkungan sendiri terdiri atas komponen biotik dan komponen abiotik.

Komponen biotik terdiri atas benda-benda hidup seperti manusia, hewan dan tumbuhan sedangkan komponen abiotik terdiri atas benda-benda mati misalnya air, tanah, udara dan sebagainya.

Setiap organisme tidak bisa hidup sendiri dan selalu bergantung satu sama lain dengan lingkungannya. Keadaan saling bergantung ini akan membentuk pola interaksi baik antara komponen biotik dan komponen abiotik maupun komponen biotik dan komponen biotik. Interaksi antara komponen biotik biasanya paling banyak terjadi pada kegiatan makan dan dimakan.

Manusia sebagai komponen biotik juga memiliki interaksi dengan lingkungan. Perilaku manusia bisa merubah tatanan lingkungan tertentu baik menjadi lebih baik maupun menjadi lebih buruk. Untuk lebih jelasnya, berikut sub bab yang menjadi pembahasan materi interaksi makhluk hidup dengan lingkungan:

  • Pengertian lingkungan
  • Hal-hal yang ditemukan dalam suatu lingkungan
  • Interaksi dalam ekosistem membentuk suatu pola

3. Pencemaran Lingkungan

Pencemaran lingkungan merupakan masuk dan dimasukkannya komponen makhluk hidup, zat, energi, dan/atau komponen lain ke dalam lingkungan hidup karena kegiatan manusia dan menyebabkan kualitasnya menurun sehingga lingkungan hidup tidak bisa berfungsi sebagaimana mestinya.

Rangkuman Materi IPA Kelas 7 Semester 2 Per Bab

Selain karena manusia, pencemaran lingkungan juga bisa disebabkan oleh faktor alam misalnya gunung meletus, tsunami dan sebagainya. Untuk lebih jelasnya, berikut sub bab yang menjadi pembahasan materi pencemaran lingkungan:

  • Definisi pencemaran
  • Pencemaran air
  • Pencemaran udara
  • Pencemaran tanah

4. Pemanasan Global

Pemanasan global merupakan peningkatan suhu rata-rata atmosfer bumi dan lautan sehingga menyebabkan perubahan iklim bumi menjadi tidak karuan. Faktor yang menyebabkan pemanasan global sangat banyak dan merupakan hasil dari perbuatan manusia yang tidak bertanggung jawab.

Beberapa faktor yang menyebabkan pemanasan global antara lain adalah emisi CO2, emisi metana, pembakaran hutan, peningkatan penggunaan pupuk kimia, penggundulan hutan dan masih banyak lagi.

Selain mempelajari faktor-faktor yang menyebabkan pemanasan global, pada bab ini anda juga akan diajarkan mengenai dampak pemanasan global dan usaha-usaha untuk menanggulangi pemanasan global. Untuk lebih jelasnya, berikut sub bab yang menjadi pembahasan materi pemanasan global adalah:

  • Efek Rumah Kaca
  • Pengertian pemanasan global
  • Penyebab pemanasan global
  • Dampak pemanasan global
  • Usaha-usaha untuk menanggulangi pemanasan global

5. Lapisan Bumi

Pada bab ini, anda akan mempelajari tentang bumi dan segala lapisannya. Bumi sendiri terdiri dari banyak lapisan penyusun dengan berbagai bentuk mulai dari padat, cair maupun gas. Secara umum, lapisan bumi terdiri atas 3 bagian yaitu atmosfer, litosfer dan hidrosfer yang didalamnya masih terbagi atas beberapa lapisan lagi.

Lapisan pertama yang akan dibahas adalah lapisan atmosfer. Lapisan atmosfer adalah lapisan udara yang menyelimuti bumi. Pada pembahasan ini, anda juga akan melakukan percobaan menghitung massa udara. Lapisan kedua yang akan dibahas adalah lapisan litosfer yang merupakan batuan yang melapisi bumi.

Selain mempelajari lempeng-lempeng yang ada, anda juga akan diberikan materi tentang pergerakan lempeng bumi dan akibat-akibat pergerakan lempeng bumi seperti gempa, gunung meletus, tsunami dan masih banyak lagi. lapisan terakhir yang menjadi bagian dari lapisan bumi adalah lapisan hidrosfer.

Seperti mananya, lapisan hidrosfer merupakan lapisan air yang menyelimuti bumi. Disini, anda akan mempelajari siklus air di bumi. Selain itu, anda juga akan mempelajari bencana alam pada siklus hidrosfer yaitu banjir. Berikut sub bab yang menjadi pembahasan materi lapisan bumi:

  • Atmosfer
  • Litosfer
  • Hidrosfer

6. Tata Surya

Rangkuman Materi IPA Kelas 7 Semester 2 Per Bab

Pada bab terakhir dari materi IPA kelas 7 semester 2, anda akan mempelajari segala sesuatu tentang tata surya. Sebelum menuju rangkuman, berikut sub bab yang menjadi pembahasan materi tata surya adalah sebagai berikut:

  • Sistem tata surya
  • Kondisi bumi
  • Kondisi bulan
  • Gerhana

Pada awal bab yaitu sistem tata surya, anda akan mempelajari benda-benda tata surya termasuk matahari, planet dalam, planet luar, komet, meteorid dan asteroid serta sistem pergerakannya. Selanjutnya, anda akan mempelajari kondisi bumi agar anda tahu fakta-fakta tentang sistem tata bumi.

Pada bab ini, guru seharusnya memberikan fakta terkini kondisi bumi agar siswa mampu mengetahui kondisi real time dari bumi. Anda akan menemui materi tentang bentuk bumi, rotasi bumi dan revolusi bumi.

Pada sub bab ketiga, anda akan mempelajari kondisi bulan termasuk bentuk bulan dan dampak dari pergerakan bulan seperti pasang surut air laut, pembagian bulan dan fase-fase bulan yang terjadi. Terakhir, anda akan mempelajari tentang gerhana sebagai akibat dari pergerakan bumi, matahari dan bulan.

Tujuan utama dari materi ini tentunya agar anda bisa menjelaskan dengan gamblang tentang proses terjadinya gerhana baik gerhana bulan maupun gerhana matahari.

Nah itulah tadi rangkuman materi IPA kelas 7 semester 2 per bab. Semoga rangkuman materi diatas dapat menambah pengetahuan anda. semoga bermanfaat dan selamat belajar!