Cara Cek Tagihan Listrik Lewat HP Android dengan Mudah

Cara Cek Tagihan Listrik Lewat HP Android – Saat ini ada banyak orang yang mencoba mencari tahu cara cek tagihan listrik lewat Android dengan mudah. Tagihan listrik memang merupakan salah satu pembayaran yang wajib dilakukan setiap bulannya. Umumnya kebanyakan orang akan melakukan pengecekan di awal bulan kemudian membayarnya.

Pentingnya Membayar Tagihan Listrik 

Saat ini PLN sudah menyediakan layanan listrik pasca bayar. Anda bisa memilih layanan tersebut jika diinginkan. Setiap pembayaran tentu berbeda pada setiap rumahnya. Hal ini umumnya tergantung dengan daya setiap rumah tangga.

Setidaknya setiap masyarakat perlu membayar listrik tersebut setiap bulan. Jika terlambat maka akan dikenai biaya keterlambatan. 

Cara Cek Tagihan Listrik Lewat HP Android

Untuk besarnya biaya keterlambatan sendiri juga berbeda. Oleh karena itu, agar tidak perlu membayar biaya keterlambatan sangat dianjurkan untuk membayar tagihan listrik secara tepat waktu. Jangan sampai menunggak pembayaran tersebut. Pasalnya, bisa saja listrik di rumah Anda nantinya akan diputus sementara.

Apabila hal tersebut sampai terjadi di rumah Anda, tentu saja berbagai kegiatan rumah tangga akan terganggu serta tertunda. Tentu saja hal ini juga akan menyebabkan berbagai aktivitas menjadi tidak nyaman. Oleh karena itu, sangat penting untuk segera membayar tagihan listrik dengan tepat waktu.

Bagaimana Cara Cek Tagihan Listrik Lewat HP Android dengan Mudah?

Ada banyak cara yang bisa Anda lakukan untuk mengecek tagihan listrik. Terlebih cara cek tagihan listrik bukanlah hal yang sangat sulit untuk dilakukan. Terlebih di era yang serba digital seperti saat ini ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk mengeceknya dengan mudah.

Baca Juga:  Tips Cara Logout WhatsApp di Android, iPhone, dan Web 

Anda bisa mengeceknya dengan menggunakan hp Android kapan saja dan dimana saja. Terlebih saat Anda lupa apakah sudah membayar tagihan listrik atau belum. Itulah perlunya melakukan pengecekan menggunakan hp Android. Untuk mengeceknya sendiri dapat dilakukan dengan beberapa cara. 

Mulai dari mengeceknya lewat cek tagihan listrik yang ada di Playstore, cek via telepon, cek via SMS, atau cek dengan website pihak ketiga. Anda bisa memilih salah satu diantaranya sesuai dengan keinginan.

Cara Cek Tagihan Melalui Aplikasi 

Untuk melakukan pengecekan tagihan listrik, maka Anda bisa melakukannya lewat aplikasi PLN Mobile. Cara cek tagihan listrik lewat hp Android dengan mudah yang satu ini terbilang sangat praktis. Anda hanya perlu memanfaatkan hp dan juga kuota internet. Di bawah ini beberapa cara mengeceknya:

  • Download aplikasi PLN Mobile

Pertama-tama download terlebih dahulu aplikasi tersebut lewat Playstore. Jika sudah, maka langsung login dengan akun PLN Mobile. Apabila belum memiliki akun, maka ada baiknya untuk daftar terlebih dahulu. Dengan cara memasukkan ID pelanggan, email, serta nomor hp.

  • Pilih menu informasi

Apabila Anda berhasil mendaftar maka pilih menu informasi. Menu tersebut dapat dimanfaatkan untuk mengakses layanan pengecekan. Jika sudah pilih juga menu informasi tagihan serta token listrik. Anda bisa memasukkan ID pelanggan kemudian cek tagihan.

Nantinya, apabila sudah berhasil dilakukan semua maka aplikasi tersebut akan segera menampilkan informasi serta status tagihan listrik milik Anda serta besaran nominal yang perlu dibayarkan.

Cara Cek Tagihan Listrik Melalui SMS

Cara Cek Tagihan Listrik Lewat HP Android

Cara yang satu ini terbilang cukup mudah untuk dilakukan. Setidaknya terdapat dua pilihan yang bisa Anda lakukan saat menggunakan cara ini. Pilihan pertama adalah dengan mengecek tagihan selama 1 bulan. Sementara pilihan kedua adalah mengecek tagihan secara continue. Di bawah ini beberapa cara mengeceknya:

  • Cek tagihan setiap bulan

Caranya sangat mudah, Anda bisa mengirim SMS dengan format REK (spasi) Nomor ID Pelanggan. Jika sudah, maka langsung kirimkan ke 8123. Tentu saja cara ini cukup praktis dilakukan.

  • Cara berlangganan pemberitahuan tagihan listrik

Dengan memanfaatkan SMS, Anda juga bisa berlangganan pemberitahuan tagihan listrik. Caranya adalah dengan ketik format PLN (spasi) ON (spasi) 12 digit ID Pelanggan Anda. Kemudian kirimkan ke 8123.

  • Cara berhenti berlangganan pemberitahuan tagihan listrik

Apabila Anda ingin berhenti berlangganan pemberitahuan tagihan listrik, maka caranya adalah dengan ketik format PLN (spasi) OFF (spasi) 12 digit ID Pelanggan Anda. Kemudian kirimkan ke 8123.

Baca Juga:  8 Harga Handphone Android Terbaru Dibawah 2 Jutaan 2021

Cara Cek Tagihan Listrik Melalui Telepon

Untuk mengecek tagihan listrik lewat telepon, maka Anda bisa langsung melakukan panggilan telepon. Caranya juga sangat mudah. Anda bisa langsung menghubungi customer service PLN kemudian tanyakan mengenai informasi tagihan listrik yang Anda inginkan.

Lakukan panggilan ke call center PLN di 123. Jangan lupa juga untuk mencantumkan kode area Anda. Jika sudah, maka pastikan untuk melakukan petunjuk operator. Untuk melakukan panggilan ini sendiri memang dikenakan tarif. Akan tetapi, Anda dapat memanggil call center PLN kapan saja selama 24 jam.

Cara Cek Tagihan Listrik Melalui Email

Anda nantinya juga dapat memperoleh informasi mengenai tagihan listrik melalui email. Untuk mendapatkan email yang berisi tagihan listrik tersebut terlebih dahulu Anda perlu mendaftar di e-billing PLN. Caranya sendiri bisa langsung daftar ke website resmi PLN.

Akan tetapi, jika masih bingung maka Anda bisa menanyakannya langsung ke email PLN sendiri yakni di [email protected]. Atau Anda juga bisa menanyakannya langsung ke akun sosial media resmi milik PLN yang lainnya.

Cara Cek Tagihan Listrik Melalui Cermati.com

Tahukah Anda bahwa Cermati.com menyediakan layanan pengecekan tagihan listrik PLN secara online. Tentu saja cara ini sangat membantu bagi Anda yang ingin segera melakukan pengecekan. Di bawah ini beberapa cara cek tagihan listrik lewat hp Android dengan mudah:

  • Buka terlebih dahulu situs resmi Cermati.com

Untuk melakukan pengecekan lewat Cermati.com, maka Anda bisa langsung membuka halaman tersebut terlebih dahulu. Jika sudah, maka pilih menu top up dan tagihan.

  • Pilih menu cek tagihan listrik

Jika sudah, maka selanjutnya adalah memilih menu cek tagihan listrik. Kemudian, Anda bisa memilih menu tagihan lalu masukkan nomor ID Pelanggan milik Anda. Nantinya informasi mengenai  tagihan listrik tersebut akan muncul di layar.

Baca Juga:  5 HP Android 3 Jutaan Terbaik Untuk Gaming 2021

Cara Pengecekan Mana yang Harus Dipilih?

Cara Cek Tagihan Listrik Lewat HP Android

Anda tidak perlu bingung pasalnya, semua cara pengecekan tagihan listrik dapat dipilih sesuai dengan keinginan. Anda bahkan bisa menyesuaikan dengan keadaan yang ada. Misalnya Saja saat berada di tempat dengan sinyal internet yang bagus, maka tidak ada salahnya untuk mengeceknya lewat aplikasi PLN Mobile.

Terlebih aplikasi tersebut juga dapat digunakan secara gratis. Kemudian, apabila internet bermasalah atau sinyalnya sedang jelek, maka ada baiknya untuk melakukan pengecekan melalui telepon atau SMS. Hal yang perlu diperhatikan adalah mengetahui nomor ID pelanggan. 

Pasalnya nomor tersebut adalah kebutuhan utama saat ingin melakukan pengecekan nantinya. Anda juga bisa melakukan berlangganan via SMS untuk memperoleh pemberitahuan mengenai informasi tagihan listrik bulanan. Tentu saja dengan berlangganan tersebut Anda akan memperoleh informasi mengenai tagihan listrik setiap bulan secara rutin lewat SMS.

Itulah informasi mengenai cara cek tagihan listrik lewat hp Android dengan mudah. Anda bisa memilih salah satu cara yang memang sesuai dengan kebutuhan. Dengan begitu, tidak ada lagi yang namanya telat membayar tagihan listrik.