Anti Repot, Ini Cara Download Instagram Story di PC dan Laptop (Tanpa Aplikasi)

Cara Download Instagram Story di PC – Bagi Anda yang memiliki akun Instagram mungkin sudah tak asing lagi dengan fitur Instagram Story. Ya, Instagram Story adalah fitur story di Instagram yang hanya bertahan selama 24 jam, kemudian hilang. Jika Anda ingin mendownload Instagram Story orang lain berikut cara download Instagram Story di PC dan laptop tanpa aplikasi.

Ingin Download Instagram Story, Bagaimana Caranya?

Sebagaimana diketahui, IG Story akan hilang dalam waktu 24 jam, kecuali sang pemilik akun Instagram menyimpannya dalam Story Highlights. Lantas bagaimana jika Anda melihat Instagram Story di sebuah akun dan ingin menyimpannya sebelum hilang? Jangan khawatir, Anda bisa melakukannya.

Ternyata, ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan jika ingin mendownload Instagram Story di PC dan laptop. Anda bisa menggunakan situs downloader atau atau bisa juga dengan menggunakan ekstensi browser. Nah dengan trik tersebut, Anda bisa mendownload IG Story tanpa harus install aplikasi di komputer.

Berikut cara download Instagram Story di PC dan laptop (tanpa aplikasi):

Cara Download IG Story di PC dan Laptop

1. Install ekstensi Chrome IG Story Downloader

Pertama-tama, Anda terlebih dahulu bisa menginstall ekstensi browser Google Chrome yang bernama Chrome IG Story. Ekstensi tersebut berfungsi untuk mendownload video live streaming atau Instagram Story dari komputer Anda.

Anda bisa mendownload ekstensi Chrome IG Story Downloader terlebih dahulu. Setelah di download, Anda bisa menginstall aplikasi tersebut di laptop atau PC dengan mengekstraknya terlebih dahulu. Kemudian buka browser > klik menu > More tools > Extensions

Cara Download Instagram Story

Setelah itu, aktifkan Developer Mode > lalu klik Load Unpacked > pilih folder ekstensi yang tadi sudah diekstrak. Setelah itu, ekstensi IG Story Downloader sudah berhasil terinstall di laptop atau PC Anda. Kemudian Anda bisa melanjutkan langkah selanjutnya.

2. Login Instagram di browser

Masih dari browser Google Chrome, Anda bisa membuka akun Instagram milik Anda dengan login dan memasukkan nama serta password Anda.

3. Buka Timeline

Selanjutnya masuklah ke timeline Instagram dan lihat pada bagian atas karena ekstensi akan memuat semua Instagram Story yang tersedia. Anda bisa melihat prosesnya dan hanya perlu menunggu hingga proses loading selesai.

Jika proses loading sudah selesai, maka akan terlihat tab tambahan dari ekstensi dan di sana semua Instagram Story dari akun-akun yang Anda follow akan terlihat. Sebagai contoh Anda bisa melihat gambar di bawah ini.

Cara Download Instagram Story

Jika proses loading story terlalu lama alias tidak kunjung selesai, maka Anda bisa klik icon ekstensi Chrome Story yang terletak di pojok kanan atas. Umumnya, jika Anda mengklik icon tersebut, tampilan tab story akan langsung muncul. 

Perlu diingat, tampilan tab ini hanya berfungsi sebagai viewer untuk melihat Instagram Story dari akun-akun yang Anda follow. Ada salah satu fitur yang cukup keren di sini yang bisa membuat Anda melihat Instagram Story dari sebuah akun tanpa ketahuan dengan menggunakan Anonymous viewing.

Cara mengaktifkan Anonymous viewing cukup mudah, yakni Anda hanya perlu mengklik ikon tombol mata. 

4. Menemukan Instagram Story yang ingin Anda download

Dengan menggunakan tab viewer tersebut, Anda bisa melihat semua Instagram Story dari akun-akun yang Anda follow dan Anda bisa menemukan akun mana yang IG Story-nya ingin Anda download. 

5. Download Instagram Story ke komputer

Langkah terakhir yang Anda harus lakukan dari rangkaian cara download Instagram Story di PC atau laptop tanpa aplikasi yakni klik ikon Chrome IG Story > kemudian klik pada tombol download.

Cara Download Instagram Story

Semua Stories dari akun Instagram yang Anda sudah pilih bakal otomatis terdownload meskipun itu berbentuk foto atau video sekalipun dan nantinya file yang terdownload akan tersaji dalam bentuk zip. Ekstensi tersebut akan mendownload semua Instagram Story sekaligus, tidak bisa satu per satu.

Anda hanya bisa mendownload Instagram Story dengan ekstensi ini dengan terlebih dahulu mengikuti atau memfollow akun-akun yang bersifat publik atau akun private yang sudah di follow terlebih dahulu. 

Jadi jika Anda ingin mendownload IG Story dari akun Instagram yang private bisa saja asal sudah di follow terlebih dahulu. Selain dengan menggunakan ekstensi, Anda juga bisa mendownload Instagram Story dengan menggunakan situs-situs downloader. 

Ada beberapa situs downloader yang cukup bagus digunakan untuk mendownload Instagram Story. Jadi Anda tidak perlu repot menginstall ekstensi atau aplikasi lainnya di komputer. Salah satu situs downloader yang bisa menjadi alternatif untuk mendownload Instagram Story ialah storysaver.net.

Bagaimana cara mendownload Instagram Story dengan menggunakan situs storysaver.net? Caranya ternyata cukup mudah yakni Anda hanya perlu masuk terlebih dahulu ke website tersebut kemudian masukkan username akun yang Anda ingin download Instagram Story-nya. 

Setelah itu, klik tombol download dan kemudian akan muncul keterangan mengenai story tersebut apakah bisa di download atau tidak. Namun ada kelemahan jika mendownload Instagram Story dari situs downloader yakni tidak bisa mendownload akun yang sifatnya private atau digembok. 

Jadi jika Anda ingin mendownload Instagram Story dari akun yang di setting private, maka Anda harus menggunakan ekstensi browser Google Chrome. 

Cara Mendownload Instagram Story untuk iOS dan Android

Jika Anda ingin mendownload Instagram Story dari iPhone atau smartphone berbasis Android, Anda bisa menggunakan aplikasi yang bisa didownload terlebih dahulu. 

1. iOS

Jika menggunakan iPhone atau iPad, Anda bisa mendownload Instagram Story dengan menggunakan aplikasi Repost Story for Instagram. Cara kerjanya cukup sederhana, Anda hanya perlu memberikan izin akses terhadap library foto Anda kemudian login ke akun Instagram Anda, dan cari akun Instagram yang ingin Anda download story-nya.

Aplikasi Repost Story for Instagram juga memungkinkan Anda untuk melihat Story akun lain tanpa ketahuan alias anonim. 

3. Android

Sementara itu, untuk pengguna smartphone berbasis Android Anda bisa mendownload Instagram Story dengan menggunakan aplikasi Story Saver. Aplikasi tersebut bisa Anda download terlebih dahulu di Google Play Store secara gratis.

Jika aplikasi sudah diinstall di smartphone maka Anda hanya perlu login ke akun Instagram milik Anda. Di halaman depan, Anda akan melihat semua Instagram Story dari akun-akun yang Anda follow, namun Anda juga bisa mencari Instagram Story yang diposting pengguna lain di search bar yang ada.

Selanjutnya Anda tinggal memilih foto atau video di Instagram Story yang ingin didownload lalu klik Save. Selanjutnya, Instagram Story yang Anda download tersebut akan tersimpan di smartphone Android Anda.

4. Web

Jika malas repot-repot untuk mendownload dan install aplikasi downloader di hp, Anda bisa menggunakan beberapa situs untuk mendownload Instagram Story. Beberapa situs tersebut di antaranya StoryDownloader, Story Saver dan StoriesIG. 

Cara penggunaannya mudah, Anda hanya perlu memasukkan username Instagram lalu akan ada kolom yang menunjukkan Stories pengguna tersebut yang diunggah dalam waktu 24 jam. Pilih Instagram Story yang ingin didownload kemudian klik tombol download atau save.