Tips Cara Logout WhatsApp di Android, iPhone, dan Web 

Tips Cara Logout WhatsApp – Mungkin sebagian dari Anda ada yang belum tahu bagaimana cara untuk melakukan logout atau keluar dari WhatsApp. Ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk logout dari WhatsApp baik itu ketika Anda membukanya di Android, iPhone, atau web.

Pembaruan Baru di WhatsApp

WhatsApp memang menawarkan pembaruan baru yang membuat aplikasi tersebut menjadi salah satu aplikasi pesan yang kini paling populer digunakan banyak pengguna smartphone. Tak cuma di hp, WhatsApp kini juga bisa Anda akses di web browser atau aplikasi khusus komputer.

Anda mungkin saja bisa banyak melihat banyak fitur yang ada di WhatsApp setelah melakukan update atau pembaruan, terkecuali cara untuk keluar atau logout dari WhatsApp web dan Android.

Dengan update dan pembaruan yang dilakukan pada aplikasi WhatsApp, Anda kini bahkan bisa menghapus akun dan juga mengganti nomor hp yang diregistrasikan untuk WhatsApp. 

Selain itu, tersedia pula cara untuk mengganti akun WhatsApp yang bisa Anda ikuti saat ingin mengganti akun WhatsApp. Namun kali ini, untuk melindungi data percakapan pribadi Anda di WhatsApp, maka ada cara yang bisa dilakukan untuk logout WhatsApp.

Cara Logout WhatsApp di Android, iPhone, dan Web

Tips Cara Logout WhatsApp di Android, iPhone, dan Web 

Beberapa langkah mudah yang dapat Anda lakukan jika ingin keluar atau logout dari akun WhatsApp Anda baik di smartphone Android, iPhone, ataupun WhatsApp Web.

Baca Juga:  Whatsapp Mod

1. Cara logout WhatsApp di Android

Bagi Anda pengguna smartphone Android seperti Xiaomi, Samsung, dan lainnya mungkin ada yang belum paham bagaimana cara untuk keluar atau logout WhatsApp di perangkat-perangkat berbasis Android tersebut. 

WhatsApp memang tidak memiliki opsi logout untuk perangkat smartphone, namun Anda tidak perlu repot menghapus instalasi untuk mengganti akun. Anda sangat dianjurkan untuk membuat cadangan pesan Anda dengan cara pergi ke Pengaturan WhatsApp > Obrolan > Cadangkan Obrolan.

Hal tersebut membuat Anda bisa kembali memulihkan pesan ketika ingin kembali masuk ke akun lama. Lalu bagaimana caranya untuk keluar dari WhatsApp? Anda bisa mengikuti langkah-langkah berikut ini.

  • Anda harus update aplikasi WhatsApp versi terbaru terlebih dahulu
  • Kemudian buka pengaturan yang digambarkan dengan ikon roda gigi yang berada di bagian home screen smartphone atau ada di halaman aplikasi. Lalu Anda bisa mengetuk menu aplikasi (biasanya berada di pilihan device), kemudian cari aplikasi WhatsApp
  • Di bagian Penyimpanan atau Storage, anda bisa mengetuk opsi Hapus Data. Pilihan tersebut memungkinkan Anda untuk keluar akun dan menghapus riwayat pesan dari aplikasi WhatsApp.
  • Lalu selanjutnya Anda bisa klik OK yang berarti Anda menyetujui proses penghapusan pengaturan dan juga berkas aplikasi
  • Langkah terakhir yakni dengan kembali membuka aplikasi WhatsApp Anda dan jika proses logout berhasil, maka beranda WhatsApp akan membawa Anda ke menu login sama seperti awal penggunaan.

2. Cara logout WhatsApp dari iPhone

Jika di atas merupakan cara untuk keluar atau logout WhatsApp dari Android, maka kali ini anda Akan mempelajari cara logout WhatsApp dari iPhone. Apabila Anda menggunakan iPhone, maka cara untuk logout WhatsApp di iPhone yakni dengan cara menghapus aplikasi.

Baca Juga:  Cara Menambahkan Lagu ke Aplikasi Apple Music iPhone

Tips Cara Logout WhatsApp di Android, iPhone, dan Web 

Cara logout WhatsApp dari iPhone tidak hanya dilakukan dengan cara menghapus data penyimpanan seperti pada Android. Oleh karena itu, sebelum Anda memutuskan untuk logout atau keluar WhatsApp di iPhone maka Anda harus melakukan backup pesan di iCloud.

Caranya yakni dengan pergi ke menu Pengaturan WhatsApp > Obrolan > Cadangkan Obrolan. Kemudian ikuti langkah-langkah di bawah ini:

  • Pertama-tama, Anda harus terlebih dahulu melakukan update aplikasi WhatsApp dengan versi terbaru terlebih dahulu
  • Kemudian di beranda iPhone atau iPad Anda, tekan ikon WhatsApp agak lama hingga muncul tanda x yang digunakan untuk menghapus aplikasi
  • Saat muncul pertanyaan konfirmasi untuk menghapus aplikasi, Anda bisa memilih Hapus atau Delete. Jika sudah, Anda tidak akan menemukan aplikasi WhatsApp di perangkat iPhone atau iPad, tapi masih memiliki cadangan pesan di iCloud.
  • Jika Anda ingin menggunakan WhatsApp lagi, maka Anda harus mengunduh atau mendownloadnya kembali di App Store.

3. Cara logout WhatsApp Web

Saat ini, Anda tidak hanya bisa mengakses WhatsApp di smartphone saja tapi juga bisa di komputer melalui WhatsApp Web. 

Untuk masuk ke WhatsApp Web, Anda harus melakukan proses scan QR Code yang bisa diakses oleh pengguna smartphone. 

Namun Anda harus hati-hati karena jika Anda lupa untuk melakukan logout, maka WA Web Anda akan tetap aktif di PC atau laptop.

Jika Anda lupa untuk keluar atau logout dari WhatsApp Web, dan posisi Anda saat ini sedang jauh dari laptop dan PC tempat WA Web Anda dibuka, maka Anda tetap bisa melakukan logout.

Langkah 1 (logout langsung dari web):

Cara pertama untuk keluar atau logout WhatsApp Web dari laptop atau PC yang terhubung ternyata mudah untuk dilakukan.

Baca Juga:  Link Download WA Mod dan GB Whatsapp Pro Terupdate 2022 [Anti Banned]

Pada bagian layar WhatsApp Web yang terletak di atas daftar percakapan, Anda tinggal pilih ikon menu bergambar tiga titik. Selanjutnya tinggal pilih opsi logout atau keluar.

Langkah 2 (logout melalui perangkat smartphone)

  • Pertama-tama, Anda harus membuka aplikasi WhatsApp yang ada di smartphone (baik itu Android maupun iPhone)
  • Kemudian Anda pilih ikon Menu (ikon tiga titik) yang terletak di bagian pojok kanan atas untuk perangkat berbasis Android atau untuk pengguna iPhone, pilih opsi Pengaturan yang ada di bagian bawah kiri. Selanjutnya pilih opsi WhatsApp Web/Desktop.

4. Untuk cara keempat ini yakni logout WhatsApp dari hp dapat dilakukan dengan cukup mudah.

Pertama-tama yang harus Anda lakukan yakni menginstall aplikasi WhatsApp di hp lain kemudian Anda tinggal mendaftarkan nomor WA Anda di hp tersebut.

Kemudian setelahnya akan ada notifikasi untuk logout WhatsApp dari hp yang sebelumnya Anda gunakan.

Kemudian Anda tinggal memilih opsi Ya dan akun WhatsApp Anda akan logout atau keluar dari hp yang Anda pakai sebelumnya.

5. Cara logut akun WhatsApp dengan install ulang WhatsApp

Menginstall ulang WhatsApp merupakan cara paling jitu yang bisa Anda lakukan jila ingin logout akun WhatsApp tanpa harus repot.

Tips Cara Logout WhatsApp di Android, iPhone, dan Web 

Secara otomatis aplikasi WhatsApp atau WA Anda akan otomati ter-refresh dengan sendirinya. Berikut langkah dan cara logout akun WA dengan menginstall ulang.

  • Pertama-tama, Anda harus membuka aplikasi Google Play Store
  • Kemudian ketik “WhatsApp” di kotak pencarian.
  • Lalu Pilih “WhatsApp”.
  • Selanjutnya Anda tinggal pilih tombol “Uninstal”
  • Tunggu hingga proses uninstall selesai.
  • Jika sudah selesai, Anda bisa mendownload kembali aplikasi WA
  • Anda tinggal install lagi aplikasi WhatsApp.
  • Setelah selesai, Anda kini sudah log out dari akun WA
  • Selesai

Meski Anda menginstall ulang aplikasi WhatsApp, Anda tak perlu khawatir akan kehilangan data, akun, atau chat karena cara ini sangat aman dan tidak berpengaruh pada data maupun history chat yang ada di akun WA Anda sebelumnya.