Cara Penulisan Lamaran di Amplop Lamaran Kerja

Amplop Lamaran KerjaMenulis CV dan surat lamaran yang baik dan benar terkadang belum cukup mengimpresi bos atau bagian HRD di suatu perusahaan. Untuk itu, sebagai pelamar pekerjaan Anda harus mengetahui dan memastikan setiap detail yang diperlukan dalam menulis lamaran di bagian amplop lamaran kerja.

Walaupun pengiriman surat lamaran dan CV banyak dilakukan melalui email, tapi masih banyak juga pengiriman surat lamaran secara manual menggunakan amplop khusus untuk melamar kerja.

Amplop coklat yang biasanya digunakan untuk melamar kerja biasanya berisi CV dan juga surat lamaran, yang disertai dengan sejumlah berkas atau dokumen pendukung yang lainnya.

Supaya memudahkan tim HRD, maka bagian luar amplop harus ditulis segala jenis informasi yang diperlukan. Misalnya data diri Anda sebagai pelamar, nama perusahaan yang dituju, dan posisi yang diinginkan saat melamar.

Cara Penulisan Lamaran Kerja pada Amplop Lamaran Kerja dengan Benar

Cara Penulisan Lamaran di Amplop Lamaran Kerja

Memang masih banyak orang yang kebingungan, dalam cara penulisan lamaran kerja di amplop lamaran kerja. Memang tidak ada aturan baku dalam penulisan tersebut, tetapi dengan melihat contoh penulisan yang benar di amplop tersebut pada referensi akan membuat lamaran kerja Anda dilirik oleh perusahaan.

Pertama-tama siapkan amplop coklat yang biasa digunakan untuk melamar kerja terlebih dulu, pulpen untuk menulis jika surat lamarannya ditulis tangan, dan juga sejumlah dokumen yang dibutuhkan. Pastikan Anda sudah menyiapkan informasi yang diperlukan untuk kemudian ditulis di amplop tersebut.

Secara umum, hal-hal penting yang harus ditulis di sana diantaranya yaitu nama, nomor telepon, alamat, nama perusahaan, posisi yang dituju, serta alamat perusahaan di map tersebut. Cara menulis di amplop tersebut juga harus benar, misalnya peletakan atau penyimpanan informasinya di mana saja.

Langkah-langkah Menulis Informasi pada Amplop Lamaran Kerja

Cara Penulisan Lamaran di Amplop Lamaran Kerja

Berikut ini beberapa langkah yang harus dilalui dalam menulis informasi terkait lamaran pekerjaan, di amplop khusus untuk melamar kerja:

  • Tuliskan nama Anda sebagai pelamar tepatnya pada bagian atas pojok sebelah kanan di amplop coklat, tuliskan nama lengkap Anda dengan jelas.
  • Di bagian bawah nama tuliskan alamat dan nomor telepon Anda yang aktif supaya mudah dihubungi. Cara penulisannya yaitu dengan menyebutkan alamat rumah secara lengkap. Tambahkan juga nomor telepon dan alamat email yang juga aktif.
  • Lalu di bagian pojok kiri tuliskan juga posisi yang ingin Anda lamar seperti yang tertulis atau dibutuhkan oleh perusahaan yang dituju.
  • Pada bagian bawah di sudut kiri amplop, tuliskan juga nama perusahaan atau instansi yang akan Anda lamar. Apabila ditujukan untuk divisi tertentu maka tuliskan Yth, HRD PT bla bla bla.

Amplop yang digunakan untuk melamar pekerjaan bisa menggunakan amplop apa saja. Namun secara umum para pelamar akan menggunakan amplop berwarna coklat dengan lilitan benang supaya tutup amplop tidak terbuka dan tertutup. Supaya isi amplopnya juga lebih aman.

Jika menggunakan amplop coklat yang tidak ada lilitan benangnya, bisa tambahkan lem untuk merekat bagian penutup amplopnya.

Ukuran amplop yang dipakai untuk melamar kerja biasanya menggunakan folio F4 yang ukurannya yaitu 25 x 35 cm. Pastikan penempatan informasi di amplop sudah dilakukan dengan benar, dan ditulis dengan rapi.

Supaya Anda bisa memberi kesan yang baik pada perusahaan yang dituju. Jangan sampai ada coretan, tulisan terlalu besar atau kecil, dan sebagainya. Sebaiknya pilih amplop lamaran kerja yang kualitas kertasnya bagus dan tidak mudah sobek.