Surat Lamaran Kerja yang Benar

Surat Lamaran Kerja yang BenarDalam membuat surat lamaran kerja sebenarnya mudah saja, apalagi Anda bisa mencontohnya di referensi surat lamaran yang baik. Namun dalam membuat surat lamaran kerja yang benar, masih banyak orang yang melakukan kesalahan.

Hal itu bisa memengaruhi hasil tes atau penilaian tim HRD pada si pelamar. Untuk itu, buatlah surat lamaran yang tepat dan sesuai dengan aturan yang ada.

Supaya lamaran pekerjaan Anda bisa diterima maka sebaiknya Anda membuat surat lamaran kerja yang menarik, sopan, isinya pun mudah dipahami.

Surat lamaran kerja yang berisi informasi Anda dengan baik, singkat, dan jelas, tentu akan menarik perhatian perusahaan yang dituju. Surat lamaran tersebut akan menunjukkan bagaimana karakter Anda sebagai pelamar kerja.

Tips Membuat Surat Lamaran Kerja yang Benar

Surat Lamaran Kerja yang Benar

Anda bisa mengikuti sejumlah tips berikut ketika membuat surat lamaran kerja yang bisa menambah nilai pada resume Anda, yaitu sebagai berikut:

  • Gunakanlah kalimat yang sopan tetapi tetap terlihat resmi, karena tujuannya adalah suatu perusahaan sehingga surat yang dibuatnya pun harus resmi. Jangan menggunakan bahasa daerah atau bahasa gaul, tetapi gunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar.
  • Jangan membuat kalimat yang bertele-tele, serta gunakan format penulisan yang rapi dan juga sesuai dengan ketentuan dari surat lamaran yang Anda buat tersebut.
  • Tulis secara manual supaya perusahaan bisa menilai bagaimana tulisan tangan Anda.
  • Lampirkan surat atau berkas pendukung yang lainnya misalnya surat pengalaman kerja. Secara umum di dalam surat lamaran kerja akan dilampirkan resume atau sertifikat lain-lain.

Cara Menulis Surat Lamaran Kerja dengan Menggunakan Tulisan Tangan

Surat Lamaran Kerja yang Benar

Walaupun zaman sudah canggih dan banyak lamaran yang dikirimkan melalui email, tetapi masih banyak juga perusahaan yang menerima surat lamaran yang ditulis dengan tulisan tangan. Dalam menulis surat lamaran kerja yang benar dengan menggunakan tulisan tangan bisa dilakukan dengan langkah berikut:

  • Lapisi kertas HVS di bawah kertas double folio kemudian jepit dengan clipboard, supaya hasil tulisan tangannya rapi. Kertas double folio tersebut akan menjadi pengantar garis supaya hasilnya lebih rapi dan lebih enak dipandang.
  • Mulai menulis yang sesuai dengan contoh surat lamaran yang Anda jadikan referensi. Sebaiknya tidak menggunakan tip-x agar kelihatan rapi dan sempurna. Jika ada kesalahan sebaiknya Anda membuat ulang.
  • Cantumkan juga tanggal penulisan surat, isi, dan penutup surat yang sesuai dengan bahasa yang tepat dan baik dan juga sudah sesuai dengan EYD.
  • Tuliskan alamat dari perusahaan yang Anda lamar dan tuliskan juga ditujukan untuk siapa surat lamaran tersebut.
  • Tulis dengan menggunakan tulisan tangan yang rapi supaya lebih mudah untuk dibaca.
Baca Juga:  Cara Membuat Surat Lamaran Kerja

Sedangkan untuk surat lamaran kerja yang benar dan dikirim melalui email, dibuat dengan langkah berikut:

  • Gunakan alamat email yang tidak alay, menggunakan nama asli Anda dan formal.
  • Gunakan subjek dan juga judul email yang tidak bertele-tele dan to the point.
  • Perhatikan waktu pengiriman dari email tersebut.
  • Tulis surat lamaran yang juga sesuai dengan kaidah EYD yang benar.
  • Pilih bahasa Indonesia yang resmi, baku, dan sopan.
  • Pastikan kembali dokumen yang harus diattach sudah lengkap dan yang paling update.
  • Semua file dokumen yang dibutuhkan sudah siap untuk dikirim dengan ukuran yang tidak terlalu besar.

Itulah beberapa tahapan dalam membuat surat lamaran kerja yang benar, sehingga Anda bisa diterima bekerja di perusahaan yang dituju.