Lampiran Surat Lamaran Kerja, Apa Saja Ya?

Lampiran Surat Lamaran Kerja – Melamar pekerjaan memang gampang-gampang susah. Jika anda melamar pekerjaan yang memiliki banyak pesaing, tentu kesempatan anda untuk mendapatkan pekerjaan tersebut juga semakin kecil.

Namun anda bisa memperbesar peluang tersebut dengan mengembangkan skill dan mengatur surat lamaran kerja anda dengan baik. Apa saja sih yang harus disiapkan dalam lampiran surat lamaran kerja? Simak penjelasannya berikut ini.

Daftar Lampiran Surat Lamaran Kerja

Lampiran Surat Lamaran Kerja

1. Surat Lamaran Pekerjaan

Dalam melamar pekerjaan, lampiran surat lamaran kerja yang pertama dan paling penting adalah surat lamaran pekerjaan. Surat ini berisi tujuan anda melamar pekerjaan, pekerjaan apa yang anda inginkan, data diri singkat dan pengenalan kompetensi anda secara singkat.

Surat ini bisa anda tuliskan menggunakan tangan dengan materai ataupun dengan diketik kemudian dicetak sesuai dengan kebutuhan dan permintaan perusahaan yang anda lamar.

2. Curriculum Vitae (CV)

Curriculum vitae (CV) atau mungkin lebih akrab dengan daftar riwayat hidup yang menjadi lampiran surat lamaran kerja selanjutnya. CV memuat identitas diri secara lengkap dan benar, riwayat pendidikan, riwayat pekerjaan dan organisasi hingga keahlian yang anda miliki.

Dalam daftar riwayat hidup anda bisa melakukan branding terhadap diri anda semenarik mungkin agar dilirik dan menjadi perhatian bagi recruiter pekerjaan yang anda inginkan.

3. Fotokopi KTP

Selanjutnya ada fotokopi KTP. Meskipun anda telah melampirkan data diri di daftar riwayat hidup (CV), anda biasanya tetap akan diminta untuk melampirkan fotocopy KTP untuk memastikan data diri yang anda tuliskan di lamaran pekerjaan sudah benar dan bukan data diri orang lain.

Biasanya, lampiran fotokopi KTP juga akan disertai dengan fotokopi Kartu Keluarga (KK) atau akta kelahiran. Namun saat ini sudah jarang diminta.

4. Fotokopi Ijazah Terakhir

Lampiran lamaran kerja selanjutnya adalah fotokopi ijazah terakhir dari riwayat pendidikan anda. saat melampirkan fotokopi Ijazah, anda juga harus melampirkan transkrip nilai dari ijazah tersebut agar bisa dinilai oleh recruiter. Jangan lupa untuk melegalisir fotokopi ijazah tersebut agar sah di mata hukum.

5. Sertifikat Pendukung

Lampiran Surat Lamaran Kerja

Jika anda memiliki banyak sertifikat yang berhubungan dengan pekerjaan yang anda lamar, tidak ada salahnya untuk melampirkannya atau melampirkan fotokopinya. Sertifikat yang diminta biasanya sertifikat keahlian khusus, sertifikat tes bahasa atau sertifikat workshop tertentu yang memiliki nilai tinggi.

6. Pas Foto Terbaru

Pas foto terbaru adalah salah satu lampiran surat lamaran kerja yang hampir selalu dibutuhkan. Untuk ukurannya, biasanya menggunakan pas foto 3×4 atau pas foto 4×6. Jika pekerjaan anda membutuhkan kualifikasi berpenampilan menarik, biasanya anda juga akan diminta untuk melampirkan foto full body dalam ukuran 4R.

7. Surat Rekomendasi Kerja

Lampiran surat lamaran kerja yang terakhir adalah surat rekomendasi kerja. Jika anda sudah pernah bekerja sebelumnya, surat rekomendasi kerja akan dikeluarkan oleh perusahaan tempat anda bekerja sebelumnya. Dalam surat tersebut akan dituliskan bidang keahlian anda dan kinerja anda selama bekerja disana.

Surat rekomendasi kerja juga bisa dikeluarkan oleh dinas ketenagakerjaan setempat (biasanya untuk fresh graduate) dengan menyertakan keahlian dan pelatihan yang sudah dilakukan oleh calon pelamar kerja.

Sebenarnya masih banyak lagi lampiran surat lamaran pekerjaan yang bisa anda tambahkan. Misalnya surat keterangan catatan kepolisian atau SKCK, Surat keterangan sehat dari dokter dan sebagainya. Namun, 7 dokumen dalam daftar surat lamaran kerja biasanya sudah cukup untuk melamar pekerjaan. Semoga artikel diatas dapat membantu. Semoga bermanfaat!