Tips Menggunakan Map Untuk Melamar Kerja

Map Untuk Melamar Kerja – Bagi Anda yang berencana untuk melamar pekerjaan, salah satu hal yang perlu diperhatikan adalah map untuk melamar kerja. Jangan sampai, hanya karena masalah map Anda gagal untuk mendapatkan pekerjaan yang diinginkan. Oleh karena itu, sangat penting untuk memperhatikan terlebih dahulu apa saja tips menggunakan map tersebut.

Apa Itu Map Untuk Melamar Kerja?

Perlu diketahui, bahwa map lamaran pekerjaan merupakan sebuah sampul surat yang isinya surat lamaran kerja, curriculum vitae, portofolio dan lain sebagainya. Map beserta isinya tersebut nantinya akan ditujukan ke perusahaan yang dilamar. Map ini sendiri dipakai agar surat lamaran tertata dan terlihat lebih rapi. Hal tersebut juga akan menambah nilai lebih bagi pelamar.

Adanya map juga akan memberikan kesan pelamar yang baik di mata HRD. Dengan begitu, memilih map adalah langkah awal agar Anda bisa mendapatkan pekerjaan. Setelah itu, jangan lupa juga untuk mengetahui apa saja yang ditulis dalam map tersebut saat digunakan untuk melamar kerja.

Cara Menulis Map Lamaran Kerja

Tips Menggunakan Map Untuk Melamar Kerja

Sangat penting bagi Anda untuk menulis alamat pada map lamaran pekerjaan dengan benar. Meski begitu, memang tidak ada aturan baku secara khusus mengenai cara menulis alamat pada map tersebut.

Akan tetapi, ada banyak contoh penulisannya yang bisa dijadikan patokan saat ingin menulisnya. Sebelumnya, pastikan Anda sudah menyiapkan map cokelat terlebih dahulu beserta pulpen untuk menulis.

Kemudian, Anda juga bisa menyiapkan sejumlah dokumen yang diperlukan. Pastikan juga bahwa informasi yang diperlukan untuk dituliskan sudah siap.

Umumnya, pelamar pekerjaan perlu menuliskan nama, alamat, posisi pekerjaan, nomor telepon, nama perusahaan, hingga alamat perusahaan pada map tersebut. Di bawah ini merupakan cara menulisnya yang bisa Anda terapkan:

  • Pada map lamaran pekerjaan, Anda bisa mulai menulis tangan mengenai nama pelamar. Tulislah nama tersebut di bagian atas sebelah pojok kanan map. Pastikan untuk menulisnya dengan jelas dan lengkap.
  • Selanjutnya, pada bagian bawah nama tersebut Anda bisa menuliskan alamat beserta nomor telepon aktif yang bisa dihubungi. Untuk cara menulis alamat ini sendiri sangatlah mudah. Yakni dengan menuliskan alamat yang ada secara lengkap. Jika menurut Anda alamat tidak terlalu dibutuhkan, maka ganti saja dengan menuliskan email serta nomor aktif pada map.
  • Setelah itu, pada bagian pojok kiri Anda bisa menulis tentang posisi yang dilamar. Cara menulisnya sesuaikan dengan yang ditulis pada lowongan pekerjaan.
  • Kemudian, pada sudut kiri bawah Anda bisa menulis instansi serta alamat perusahaan/instansi tersebut untuk melamar pekerjaan. Apabila dokumen di alamatkan ke divisi tertentu, maka Anda dapat juga menuliskan divisinya sesuai kebutuhan.

Beberapa Kriteria Map Lamaran Pekerjaan yang Baik

Tips Menggunakan Map Untuk Melamar Kerja

Pada dasarnya tidak ada kriteria khusus mengenai map lamaran kerja. Akan tetapi, umumnya map yang digunakan tersebut memiliki warna coklat. Pada map juga tersedia tali pengunci sehingga akan menjaga surat didalamnya agar tidak terjatuh.

Apabila terdapat aturan khusus mengenai warna map, pastikan untuk mematuhinya. Kemudian, perhatikan penulisan dan pengemasan surat pada map tersebut.

Pasalnya, hal tersebut merupakan bentuk keseriusan Anda dalam melamar sebuah pekerjaan. Dengan menggunakan map yang tepat maka tentu saja dapat meningkatkan profesionalisme. Pastikan tata letak penulisan map benar. Jangan sampai menulisnya menumpuk pada bagian tertentu saja. Kemudian, teliti juga penulisannya agar sesuai dengan EYD.

Ada baiknya penulisan map untuk melamar kerja tersebut juga tidak salah/typo. Hindari menggunakan huruf kapital pada semua tulisan. Pastikan identitas yang ada ditulis dengan jelas, lengkap, dan terperinci. Pastikan juga pengemasan surat pada map agar rapi dan selalu dalam keadaan yang bersih dari kotoran.