Contoh Portofolio Lamaran Kerja yang Menarik

Contoh Portofolio Lamaran Kerja – Mungkin banyak dari anda yang masih asing dengan apa itu portofolio dalam lamaran  kerja. Padahal, portofolio ini sangat penting dan dibutuhkan untuk menjadi bahan pertimbangan oleh HRD kepada kualitas pekerjaan anda.

portofolio merupakan lampiran dokumen yang berisi kumpulan hasil karya, hasil kerja atau proyek-proyek yang anda buat sebelumnya. Portofolio harus dibuat dengan menarik sesuai dengan bidang pekerjaan dan posisi kerja yang anda inginkan.

Contoh Portofolio Lamaran Kerja

Contoh Portofolio Lamaran Kerja yang Menarik

1. Portofolio Arsitek

Contoh portofolio lamaran kerja yang pertama datang dari profesi arsitek. Melamar pekerjaan sebagai arsitek pasti membutuhkan portofolio sebagai pelengkap dokumennya karena portofolio ini bisa menunjukkan gaya arsitek yang dimiliki calon pelamar kerja dan akan dinilai apakah cocok dengan perusahaan atau tidak.

Portofolio arsitek harus menunjukkan keahlian dan ciri khas pekerjaan anda. Gabungkan contoh pekerjaan anda sesuai dengan tema, sesuai dengan warna atau sesuai dengan jenis desain anda. jangan lupa untuk menambahkan keterangan dan makna dari desain anda untuk menambah nilai.

2. Portfolio Graphic Designer

Saat melamar pekerjaan sebagai graphic designer, anda hampir pasti diminta untuk melampirkan contoh portofolio lamaran kerja anda.

yang anda lampirkan dalam portofolio adalah karya-karya desain anda, proyek anda, testimoni dari klien atau pekerjaan lain yang berkaitan dengan desain grafis. Dalam melampirkan portofolio anda harus jujur dan hanya menyertakan karya yang benar-benar milik anda.

3. Portofolio Desain Interior

Mirip dengan arsitek, portofolio desain interior juga penting untuk dilampirkan saat melamar pekerjaan. Pekerjaan desain grafis berhubungan dengan penataan ruang, rumah sehingga penghuninya akan merasa lebih nyaman, aman dan puas secara seni.

Portofolio seorang desainer interior bisa berisikan desain-desain ruangan yang pernah anda buat sebelumnya. Lengkapi dengan judul yang menarik dan penjelasan serta makna dari desain yang anda buat.dalam contoh portofolio lamaran pekerjaan desain grafis, sebaiknya anda juga menyertakan elemen yang melengkapi desain seperti furniture dan perabot ruangan.

4. Portofolio Fotografer

Selama ini bekerja sebagai fotografer freelance? Ketika anda ingin bekerja di perusahaan atau agensi, anda tentu harus menyertakan portofolio pekerjaan anda sebelumnya. Tampilkan hasil-hasil foto terbaik anda dan kumpulkan sesuai tema atau sesuai warna nya.

Contoh Portofolio Lamaran Kerja yang Menarik

Tentu saja foto yang anda sertakan harus jepretan tangan anda sendiri. Tambahkan judul foto dan penjelasan makna didalamnya agar portofolio anda tampak profesional karena portofolio anda adalah branding dan bukti kualitas fotografi anda.

5. Portfolio Web Developer

Tampak kurang menarik namun ternyata menghasilkan uang banyak. Menjadi web developer mungkin bukan pekerjaan yang umum, namun pekerjaan ini saat ini menghasilkan uang dalam jumlah yang besar. Pekerjaan seorang web developer adalah merancang, membuat serta memelihara suatu website sesuai dengan keinginan klien.

Portofolio yang anda lampirkan ketika ingin menjadi web developer biasanya berisi website yang telah anda buat atau anda rancang. Gunakan PDF untuk menjelaskan website anda, bagaimana cara membuatnya dan fungsi dari website tersebut. Lampirkan juga link yang bisa dibuka oleh recruiter untuk memeriksa website buatan anda.

6. Portofolio Content Writer

Contoh portofolio lamaran kerja yang terakhir adalah portofolio untuk pekerjaan content writer. Dalam portofolio ini, calon content writer harus melampirkan tulisan-tulisan yang sudah pernah diterbitkan baik di buku, koran, majalah, novel maupun media online.

Jika diterbitkan di media online, anda bisa menyertakan linknya. Tulisan-tulisan anda akan memberi gambaran bagi recruiter tentang gaya penulisan anda.

Nah itulah tadi beberapa contoh portofolio lamaran kerja dalam beberapa pekerjaan yang menarik yang bisa anda contoh untuk portofolio anda.