Panduan Mengirim Lamaran Kerja Via Email dengan Benar

Mengirim Lamaran Kerja Via Email – Mengirim lamaran pekerjaan adalah salah satu langkah yang harus anda lalui untuk mendapatkan pekerjaan. Jika dahulu melamar pekerjaan harus dilakukan secara manual, menulis dengan tangan kemudian mengirimkannya melalui pos atau mengantarkannya langsung ke perusahaan, saat ini zaman sudah berubah.

Saat ini sudah banyak yang menerapkan lamaran pekerjaan elektronik yang dikirim melalui internet termasuk melalui email. Berikut adalah panduan mengirim lamaran kerja via email dengan benar.

Mengirim Lamaran Kerja Via Email

Panduan Mengirim Lamaran Kerja Via Email dengan Benar

1. Gunakan Alamat Email yang Terlihat Resmi

Anak muda biasanya menamai email mereka dengan nama yang unik dan lucu misalnya [email protected] atau [email protected] Hal tersebut sebenarnya sah-sah saja karena alamat email adalah hal pribadi.

Namun jika anda melamar pekerjaan menggunakan username email seperti itu, sepertinya HRD akan meragukan tingkat keprofesionalan anda. sebaiknya, gunakan alamat email yang terlihat resmi. Yang paling mudah adalah dengan menggunakan nama asli anda misalnya [email protected] atau [email protected]

2. Pastikan Berkas Lamaran Anda Tidak Terlalu Besar

Ketika anda mengirim lamaran kerja via email, anda tentu juga harus menyertakan dokumen dokumen persyaratan didalamnya dengan cara scan atau lainnya. Sebelum mengirim, sebaiknya anda mengkompress isi file menjadi kurang dari 1MB. Jika berkas anda terlalu besar, HRD akan membutuhkan waktu lama untuk memeriksa berkas-berkas anda.

jika terlalu besar HRD mungkin akan kesal karena tidak hanya 1 dokumen saja yang harus diperiksa. Untuk itu, sebaiknya anda mengecilkan ukuran dokumen yang anda kirim. Mengkompress ukuran file juga akan membuat anda lebih cepat dalam mengupload berkas.

3. Hindari Penggunaan Zip atau RAR

Meskipun anda sebaiknya mengompres berkas lamaran pekerjaan anda, hindari penggunaan zip atau rar ketika mengompres.

Panduan Mengirim Lamaran Kerja Via Email dengan Benar

Menggunakan Zip atau RAR saat mengirim berkas memang akan mengecilkan ukuran berkas, namun hal itu justru akan membuat HRD bekerja 2x untuk membuka Zip dan Rar karena harus meng extract filenya terlebih dahulu. Gunakan cara lain untuk mengompres berkas ya!

4. Gunakan bahasa Resmi

Panduan mengirim lamaran kerja via email selanjutnya adalah dengan menggunakan bahasa resmi yang baik dan benar. Jangan gunakan bahasa sehari-hari yang tidak sopan misalnya penggunaan aku, kamu, gue, lo dan sebagainya. Penulisan tata bahasa juga penting untuk diperhatikan.

Pastikan anda menuliskan huruf kapital dengan tepat, menggunakan titik dan koma pada tempatnya dan mengurangi typo atau kesalahan penulisan. Hal itu akan membuat anda tampak profesional dan siap untuk bekerja.

5. Tulis Subject Secara Jelas

Subjek merupakan bagian dari email yang terletak di bawah alamat email tujuan anda. penulisan subjek menjadi penting karena setiap HRD menerima email, yang dibaca tentu subjek nya terlebih dahulu. Tuliskan subjek anda dengan singkat, padat dan jelas.

Misalnya ‘Ica Marisa-Job Application- Accountant’. Hal ini akan lebih efektif dibandingkan anda menulis ‘Lamaran Pekerjaan untuk Posisi Accountant atas nama Ica Marisa’.

6. Gunakan Salam, Pembuka, Isi dan Penutup

Selain bagian subjek email, bagian body email juga tak kalah penting anda perhatikan ketika mengirim lamaran kerja via email.

Meskipun anda sudah mengirimkan surat lamaran dalam berkas, ada baiknya anda juga tetap menuliskan maksud pengiriman email pada body email seperti pengenalan diri, mengapa anda mengirim email, pekerjaan apa yang anda tuju, kualifikasi dan sebagainya.

Panduan Mengirim Lamaran Kerja Via Email dengan Benar

Jangan lupa untuk menyertakan salam, pembuka dan penutup dengan baik ya. Tuliskan juga kontak yang bisa dihubungi oleh perusahaan jika mereka tertarik dengan email lamaran kerja anda.

Demikian panduan untuk mengirim lamaran kerja via email dengan benar agar recruiter melirik email lamaran anda. semoga dapat anda pahami dengan baik dan semoga bermanfaat!