Cara Membuat Surat Lamaran Kerja

Cara Membuat Surat Lamaran KerjaSelepas sekolah atau kuliah, tahap berikutnya yang biasa dilalui oleh seorang manusia adalah bekerja. Untuk itu, Anda harus bekerja setelah tidak bersekolah lagi.

Dalam melamar pekerjaan biasanya Anda harus mengirim surat lamaran kerja lengkap dengan riwayat, data diri, dan dokumen lain yang dibutuhkan. Apabila Anda baru lulus sekolah atau kuliah dan ingin melamar pekerjaan, maka ketahui dahulu cara membuat surat lamaran kerja yang sesuai dengan aturan yang ada.

Isi dari surat lamaran kerja adalah sebuah permohonan untuk bisa bekerja di suatu perusahaan yang dituju. Benar atau tidaknya pembuatan surat lamaran ini, akan memengaruhi lamaran pekerjaan Anda apakah nantinya Anda lolos atau tidak.

Maka buatlah surat lamaran yang benar, dengan cara membuat surat lamaran kerja yang tidak asal-asalan. Tulis surat lamaran kerja yang tepat, agar peluang untuk bisa diterima di perusahaan yang dituju pun semakin besar.

Cara Membuat Surat Lamaran Kerja yang Tepat dan Menarik Perhatian

Cara Membuat Surat Lamaran Kerja

Yang paling penting dalam membuat surat lamaran kerja adalah, bahasa yang digunakan di sana. Dimulai dari struktur surat, kejelasan kalimat, EYD, pemilihan kata atau diksinya, hingga hubungan antar kalimat di dalam surat.

Dari unsur pembuatan surat lamaran kerja tersebut, maka Anda bisa mempelajari cara membuat surat lamaran kerja dengan cara berikut:

1. Tempat serta Tanggal Pembuatan Surat

Penulisan tempat dan juga tanggal dibuatnya surat lamaran tersebut biasanya diletakkan di pojok kanan bagian atas. Perhatikan juga, penulisan tempat dan juga bulan yang selalu diawali dengan huruf besar atau kapital. Kemudian untuk penulisan tempat serta tanggal surat lamarannya dibuat, harus dipisahkan dengan memakai koma.

2. Alamat Perusahaan yang Dituju

Pada bagian bawah tepatnya di sebelah kiri, tulis nama penerima serta alamat perusahaanya secara lengkap yang dituju. Jika Anda tidak mengetahui nama penerima atau nama bagian HRDnya maka tulis dengan Bapak/Ibu saja.

Apabila Anda mengetahui siapa nama penerimanya maka tambahkan Yth, tetapi jika hanya ditujukan pada perusahaannya saja maka tulis saja Kepada. Untuk penulisan PT tidak perlu menambahkan titik, jadi langsung ke nama perusahaannya saja.

3. Salam dan Pembuka Surat

Biasanya, penulisan salam pembuka dimulai dengan kalimat Dengan Hormat. Sedangkan untuk isi dari pembuka surat bisa dimulai dengan membuat kata pengantar. Secara umum, jelaskan dari mana Anda memperoleh informasi mengenai lowongan pekerjaan tersebut. Dan tulis juga posisi yang Anda tuju di perusahaan itu.

4. Isi Surat

Di bagian isi surat tuliskan data diri Anda dengan lengkap. Tulis nama lengkap, tempat serta tanggal kelahiran, alamat, no HP/WA, alamat email, dan juga pendidikan terakhir.

Cara Membuat Surat Lamaran Kerja

Jelaskan juga kemampuan Anda yang meliputi softskill ataupun hardskill. Misalnya tuliskan pengalaman magang atau melakukan PKL. Bisa juga menuliskan organisasi yang pernah diikuti baik saat sekolah maupun kuliah.

5. Lampiran Surat Lamaran

Tulis juga dokumen atau berkas persyaratan yang Anda lampirkan di surat lamaran, yang biasanya menjadi dokumen pendukung. Contohnya dokumen yang berupa CV, pas foto, fotokopi izasah, dan sebagainya. 

6. Penutup Surat

Jelaskan harapan Anda untuk bisa diterima dan bekerja di perusahaan yang dituju, dan ucapkan juga terima kasih pada bagian penutup surat.

7. Tanda Tangan dan Nama

Bubuhkan tanda tangan di bagian paling bawah serta nama lengkap Anda, boleh di bagian pojok surat baik kanan ataupun kiri.

Cara membuat surat lamaran kerja tersebut bisa menjadi panduan Anda dalam membuat surat lamaran yang benar.