5 Tips Jitu Untuk Mengatasi Android Restart Sendiri

Tips Jitu Untuk Sendiri – Seperti yang bisa Anda lihat bahwa smartphone Android merupakan perangkat yang saat ini sangatlah populer dan telah dimiliki oleh banyak orang. Smartphone berbasis Android sendiri kini telah menjelma menjadi perangkat serba guna yang memiliki banyak fungsi yang sangat beragam. Selain digunakan sebagai alat komunikasi, smartphone berbasis Android juga telah bisa Anda gunakan untuk melakukan berbagai macam fungsi yang lain mulai dari bermain game hingga untuk bertransaksi bisnis.

Banyaknya fungsi yang bisa dilakukan oleh smartphone Android membuat perangkat ini menjadi bagian yang tidak bisa terpisahkan dari kehidupan masyarakat modern saat ini. Smartphone berbasis Android memang memiliki banyak sekali kelebihan, namun bukan berarti perangkat yang satu ini tidak memiliki kelemahan. Para pengguna Android terkadang juga mengalami berbagai macam masalah seperti misalnya smartphone yang sering restart sendiri sehingga sangat mengganggu, berikut ini akan kami berikan tips jitu untuk mengatasi Android restart sendiri.

Cara Mengatasi Android Restart Sendiri

  1. Membersihkan Cache

Cara pertama yang bisa anda coba yaitu dengan menghapus cache atau sampah. Cache yang terus dibiarkan menumpuk membuat kinerja smartphone menjadi berat sehingga bisa mengakibatkan berbagai macam masalah, salah satunya adalah sistem yang melakukan restart sendiri, sebaiknya Anda membersihkan cache secara rutin.

  1. Mencabut Baterai dan Memori Eksternal

Cara yang satu ini juga tergolong ampuh, Anda bisa mematikan smartphone terlebih dahulu, kemudian cabutlah baterai dan memori eksternal, biarkan paling tidak selama 30 detik sebelum Anda memasangnya dan menghidupkan kembali smartphone.

  1. Update Aplikasi Yang Terpasang

Mengupdate software selain kita bisa menikmati fitur-fitur terbaru juga membuat smartphone kita terhindar dari crash pada system yang mengakibatkan HP Android sering restart sendiri. Hal ini dikarenakan aplikasi yang sudah lama tidak mendapatkan update akan bisa menimbulkan berbagai macam masalah yang disebabkan oleh adanya bug pada aplikasi tersebut sehingga Anda harus segera melakukan update.

  1. Hapus Aplikasi Tertentu

Cara keempat yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi smartphone Android yang sering restart sendiri adalah dengan menghapus aplikasi tertentu. Perlu Anda ketahui bahwa ternyata beberapa aplikasi tertentu seperti misalnya aplikasi penghemat baterai akan bekerja di latar belakang di mana aplikasi ini akan membebani kinerja RAM yang akan bisa mengakibatkan sistem melakukan restart.

  1. Mengganti Memori Eksternal

Hal kelima yang juga bisa Anda lakukan untuk mengatasi smartphone Android yang sering restart sendiri adalah mengganti memori ekstetnal. Cara yang satu ini juga terbukti efektif untuk mengatasi masalah tersebut, pasalnya kartu memori eksternal yang mengalami error atau kerusakan akan bisa mengganggu kinerja smartphone Android yang menimbulkan berbagai masalah.

Jika Anda mengalami masalah smartphone Android yang sering restart sendiri, maka tak ada salahnya apabila Anda mengikuti tips di atas.