Tips Jitu Memperbaiki Google Play Store Yang Bermasalah

Tips Jitu Store Yang Bermasalah – Sebagai pengguna smartphone bersistem operasi Android, tentu saja Anda sudah tidak asing lagi dengan Google Play Store, pasalnya Play Store menjadi salah satu aplikasi default yang pasti Anda temukan di setiap perangkat smartphone yang bersistem operasi Android. Perlu Anda ketahui bahwa Google Play Store merupakan sebuah tempat untuk mengunduh berbagai aplikasi yang telah dilisensi oleh Google, saat ini telah tersedia sangat banyak aplikasi yang tersedia di Google Play Store.

Perlu Anda ketahui bahwa mengunduh aplikasi Android melalui Google Play Store juga akan jauh lebih aman jika dibandingkan dengan mengunduh aplikasi dari sumber lain. Pasalnya mengunduh aplikasi dari sumber lain yang tidak terpercaya akan meningkatkan resiko smartphone Android Anda terserang oleh virus ataupun malware. Namun terkadang ada sebagian pengguna smartphone Android yang mengalami berbagai masalah dengan Play Store yang ada di perangkatnya, berikut ini akan kami berikan tips jitu memperbaiki Google Play Store yang bermasalah.

Cara Memperbaiki Google Play Store Yang Bermasalah

  1. Membersihkan Cache

Tips pertama yang bisa Anda kuti untuk memperbaiki Google Play Store yang mengalami masalah adalah dengan membersihkan cache, cara yang satu ini terbukti cukup efektif untuk mengatasi masalah tersebut. Jika Anda tidak pernah membersihkan cache, maka cache tersebut akan semakin menumpuk dan bisa menimbulkan berbagai macam masalah pada sistem Android.

  1. Membersihkan Data

Selain membersihkan cache, Anda juga bisa membersihkan data untuk mengatasi Google Play Store yang bermasalah. Hal ini dikarenakan terlalu banyaknya data yang menumpuk juga akan memenuhi ruang penyimpanan dan mengganggu kinerja Android, oleh karena itulah maka Anda harus menghapus data yang ada di Play Store dengan masuk ke menu pengaturan aplikasi.

  1. Uninstal Update

Perlu Anda ketahui bahwa tidak semua update akan membawa dampak yang baik, namun ada sebagian update yang justru akan menimbulkan berbagai masalah baru. Selain itu bisa saja versi apdate dari Google Play Store yang baru tidak bisa berfungsi dengan baik karena tidak lagi kompatibel dengan perangkat atau sistem operasi Android yang Anda gunakan sekarang ini.

  1. Lakukan Pengaturan Ulang Google Account

Cara keempat yang juga bisa Anda lakukan untuk mengatasi Google Play Store yang bermasalah adalah dengan melakukan pengaturan ulang pada Google Account yang ada di smartphone Android. Anda bisa menghapus Google Account yang ada terlebih dahulu, barulah setelah itu Anda bisa mengatur ulang akun tersebut, Anda bisa melakukan hal ini dengan masuk ke menu pengaturan akun.

  1. Aktifkan Download Manager

Hal kelima yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi Google Play Store yang bermasalah adalah dengan mengaktifkan download manager, cara yang satu ini juga sangat efektif untuk mengatasi masalah tersebut. Anda harus memastikan terlebih dahulu apakah fitur download manager sudah aktif atau belum, pasalnya jika belum aktif maka tentu saja Play Store akan berhenti bekerja.

Jika Google Play Store yang ada di smartphone Anda sedang mengalami masalah, maka Anda bisa mengatasinya dengan mengikuti beberapa tips di atas.