Cara Menghilangkan Iklan di Xiaomi, Tidak Lagi Boros Kuota!

Cara Menghilangkan Iklan di XiaomiXiaomi memang memiliki banyak fitur menarik, salah satunya adalah tampilan MIUI-nya yang keren dan mudah untuk dioperasikan. Harganya yang terjangkau dan memiliki banyak fitur menarik membuatnya banyak dibeli oleh masyarakat Indonesia.

Meski demikian, ponsel Xiaomi tetap memiliki kekurangan, yakni hadirnya iklan di berbagai aplikasi, bahkan di layar utama. Ini  tentunya cukup menganggu, apalagi jika Anda tengah bersantai dan ingin menikmati video atau bacaan dengan tenang. Namun bukan berarti iklan ini tidak bisa dihilangkan, terdapat cara menghilangkan iklan di Xiaomi yang bisa Anda lakukan, diantaranya adalah sebagai berikut.

Kenapa Ada Iklan di Xiaomi?

Mungkin Anda bertanya-tanya, mengapa Anda bisa menemukan iklan di ponsel merek Xiaomi, padahal di jenis ponsel lain tidak ada. Ini karena harga yang ditawarkan oleh Xiaomi cukup terjangkau, sehingga keuntungan diambil dari margin yang lain, yakni iklan di laman ponselnya.

Beberapa pengguna Xiaomi mungkin akan merasa pengertian dengan hal tersebut, namun untuk pengguna lain, tentu tidak demikian. Menurut mereka, iklan ini cukup menganggu, bahkan kadang bisa menghabiskan kuota yang dimiliki.

Cara Menghilangkan Iklan di Xiaomi dengan Mudah

Ada beberapa cara yang bisa Anda gunakan untuk menghilangkan iklan di Xiaomi, Anda bisa memilih salah stau yang sesuai dengan kebutuhan. Beberapa diantaranya adalah sebagai berikut:

  1. Menonaktifkan MSA

Cara menghilangkan iklan di Xiaomi yang pertama adalah menonaktifkan MSA. MSA memang memiliki fungsi penting dalam menampilkan iklan di Android Xiaomi, karena itu menonaktifkannya bisa menjadi pilihan yang tepat. Cara untuk mematikannya adalah sebagai berikut:

  • Masuk ke bagian pengaturan ponsel, kemudian pilih menu Setelan Tambahan.
  • Darisana, pilih menu yang bertuliskan otorisasi dan pencabutan, kemudian klik tulisan dengan nama MSA.
  • Setelah melakukan langkah tersebut, pastikan bahwa semuanya sudah dalam keadaan mati atau non-aktif, sehingga iklan tidak muncul lagi di halaman utama ponse Android Anda.
  1. Menonaktifkan Layanan Iklan

Ternyata layanan iklan dapat dimatikan secara mandiri oleh pengguna, ini tentu tidak menggunakan aplikasi tambahan atau pihak ketiga. Cara menghilangkan iklan di Xiaomi dengan menonaktifkan layanan iklan cukup sederhana, Anda bisa mengikuti langkah berikut ini.

  • Masuk ke bagian pengaturan ponsel Xiaomi, lanjutkan dengan masuk ke setelan tambahan.
  • Dari sana, temukan menu yang bertuliskan privasi, kemudian pilih menu layanan iklan.
  • Jika sudah masuk ke menu layanan iklan, langkah selanjutnya adalah melakukan opsi non-aktif, yakni dengan melakukan klik pada personalisasi rekomendasi iklan.

Cara ini cukup manjur untuk menonaktifkan iklan yang berisi rekomendasi aplikasi atau item lain ketika Anda membuka pengaturan atau halaman utama di ponsel Xiaomi.

  1. Mengganti Lokasi IP

Cara lainnya yang bisa Anda coba adalah mengganti lokasi IP atau lokasi perangkat yang Anda miliki. Umumnya, lokasi yang digunakan oleh Xiaomi adalah Indonesia, sesuai penggunaan lokal ponsel tersebut. Dengan mengubah lokasi, Anda bisa meminimalisir adanya iklan di ponsel, caranya adalah:

  • Masuk ke menu pengaturan ponsel Anda, lanjutkan dengan masuk ke setelan tambahan.
  • Cara menghilangkan iklan di Xiaomi selanjutnya adalah memilih menu lokasi yang tersedia.
  • Lokasi yang sebelumnya di Indonesia bisa Anda ganti di negara lain, Spanyol dan Paris menjadi pilihan yang banyak dipakai.
  • Jika sudah, kembali ke menu utama kemudian lakukan restart perangkat.

Setelah ponsel dinyalakan kembali, maka ponsel akan berpindah negara dan iklan yang terdapat di ponsel akan berkurang secara drastic. Namun hati-hati, jangan sampai Anda mengubah penggunaan bahasa yang ada, sebab akan sulit memahami ponsel dengan bahasa yang tidak dipahami.

  1. Menggunakan File Manager

Jika ingin menghilangkan iklan di ponsel tanpa menggunakan aplikasi, Anda bisa menggunakan File Manager yang terdapat di menu utama ponsel Xiaomi. Caranya juga tidak sulit, Anda bisa melakukan beberapa langkah berikut ini:

  • Masuk ke menu File Manager, pastikan merupakan menu bawaan dari ponsel Xiaomi.
  • Di bagian pojok kiri atas, tap ikon menu yang tersedia.
  • Pilih menu Setting, kemudian pilih menu About.
  • Dari sana, Anda bisa melakukan non aktif iklan rekomendasi.

Setelah melakuka cara ini, Anda bisa dengan mudah beraktifitas tanpa khawatir ada iklan yang muncul di ponsel Xiaomi yang Anda gunakan. Baik di bagian file menu File Manager atau di bagian menu halaman utama.

  1. Mematikan Lewat Menu Donwload

Cara menghilangkan iklan di Xiaomi selanjutnya bisa Anda lakukan di menu Download. Caranya masih sama dengan menghilangkan iklan lewat File Manager, yakni dengan masuk ke menu Download bawaan dari ponsel Xiaomi, kemudian memilih menu setelan.

Dari menu setelan, langkah selanjutnya adalah menonaktifkan konten rekomendasi yang terletak di bagian bawah menu yang muncul. Dengan cara ini, iklan tidak akan muncul di menu download ataupun menu yang lain karena rekomendasiknya telah dinonaktifkan.

  1. Menghilangkan Aplikasi Iklan di Mi Video

Mi Video merupakan layanan menonton video yang disediakan oleh Xiaomi, meskipun mudah digunakan, namun aplikasi ini kurang nyaman karena menghadirkan iklan setelah video yang Anda tonton selesai. Ada cara yang bisa Anda lakukan untuk menghilangkannya, yakni dengan mengikuti langkah berikut ini:

  • Masuk ke aplikasi menu Mi Video, kemudian lanjutkan dengan memilih menu akun di bawah layar.
  • Dari sana, masuk ke menu pengaturan akun di Mi Video.
  • Cara menghilangkan iklan di Xiaomi selanjutnya adalah dengan mematikan menu rekomendasi online yang tersedia.

Menggunakan Instal Custom ROM

Selain menghilangkan iklan dengan mematikan menu rekomendasi online, Anda juga bisa mematikan iklan dengan melakukan custom pada ROM. Ada banyak pilihan mode dan aplikasi custom ROM yang bisa Anda temukan di internet, Anda bisa memilih yang mana saja sesuai dengan kebutuhan.

Rekomendasi build dan install ROM yang banyak dipakai oleh pengguna Xiaomi adalah Custom ROM EU yang dikembangkan oleh developer EU. Developer ini berbasis di Eropa, namun fokus aplikasi yang ia kembangkan memang untuk pasar Asia, khususnya ponsel Xiaomi.

Custom ROM ini akan membantu Anda untuk menghilangkan iklan yang terdapat di Xiaomi. Untuk menggunakan cara menghilangkan iklan di Xiaomi lewat custom ROM ini, Anda hanya perlu mengunjungi laman Xiaomi untuk mengetahui langkah-langkahnya.

Jika Anda ingin menghentikan iklan di Xiaomi secara singkat, cara yang paling mudah adalah mematikan data. Dengan begini, menu rekomendasi online secara otomatis akan mati dan tidak bisa memberikan rekomendasi kepada Anda. Namun jika Anda menyalakan data kembali, maka iklan akan muncul.

Demikianlah cara menghilangkan iklan di Xiaomi yang mudah dan bisa dilakukan oleh semua pengguna Xiaomi. Apabila Anda merasa kesulitan untuk melakukan berbagai langkah tersebut, Anda bisa menonton video yang bisa ditemukan dengan mudah di Youtube. Semoga informasi tersebut membantu Anda yang sedang kesusahan menghapus iklan di ponsel Xiaomi.