Cara Mendinginkan HP yang Sudah Panas

Cara Mendinginkan HP – Hal tersebut tentu akan Anda butuhkan apabila Anda mendapati kondisi temperatur dari HP Anda sedang tidak stabil. Menggunakan HP yang panas memang sedikit berbahaya untuk Anda.

Selain itu, hp yang panas juga akan membuat rasa tidak nyaman saat menggunakannya. Mungkin sedikit rasa khawatir juga akan terjadi, karena biasanya HP panas merupakan tanda-tanda HP yang tidak sedang baik-baik saja.

Maka dari itu, jika Anda mengalami HP yang temperaturnya panas, maka Anda harus melakukan langkah-langkah yang tepat agar bisa mengembalikan kondisi HP menjadi dingin kembali. Jika Anda tidak tahu bagaimana caranya yang tepat, Anda tidak perlu khawatir.

Sebab di bawah ini akan dijelaskan cara mendinginkan HP yang sudah terlanjur panas dengan cepat dan tepat. Selain itu, juga akan diberikan berbagai informasi seputar penyebab dan bahayanya. Adapun penjelasan lebih lengkap adalah sebagai berikut.

Mengecek Penggunaan Wi-Fi

Mendapatkan Wi-Fi gratis memang sangat menggiurkan, bukan? Apalagi jika Anda sedang tidak memiliki kuota. Jadi, Wi-Fi menjadi salah satu alternatif agar kita tetap terhubung ke internet tanpa harus mengeluarkan biaya.

Namun, dibalik kebahagiaan itu sebenarnya penggunaan Wi-Fi ini dalam waktu yang cukup lama mampu membuat HP dan baterai Anda menjadi panas sehingga Anda harus mencari cara mendinginkan HP cepat mungkin.

Jika Anda ingin tetap menggunakan Wi-Fi tetapi tidak ingin menjadikan HP tersebut panas, maka Anda bisa menggunakan sebuah aplikasi yang bernama Smart Wi-Fi atau Wi-Fi sleeper. Hal ini dikarenakan, Wi-Fi jenis ini tidak akan menyala secara terus menerus.

Sehingga HP Anda akan tetap aman dan terhindar dari temperatur yang panas. Aplikasi yang satu ini menjadi salah satu solusi saat Anda ingin mengurangi temperatur panas yang berasal dari HP Anda namun tetap ingin bebas menggunakan Wi-Fi.

Mengurangi Multitasking

Memiliki HP atau alat lainnya yang mampu melakukan pekerjaan banyak dalam waktu bersamaan memang cukup menarik untuk dimiliki. Namun meski demikian, Anda tidak boleh menjadikan HP Anda sebagai teknologi yang multitasking atau bisa menjalankan beberapa pekerjaan dalam waktu yang bersamaan.

Hal ini dikarenakan, kebiasaan ini akan mampu membuat suhu ponsel Anda berubah menjadi panas, sehingga Anda harus mencari cara mendinginkan HP cepat mungkin. Jika Anda tidak bisa mengontrol kebiasaan ini, maka Anda bisa menggunakan salah satu aplikasi yang bisa Anda gunakan agar bisa mengurangi multitasking ini yaitu bernama hibernaor.

Hindarkan Dari Air

Seperti yang Anda ketahui bahwa lawan dari panas adalah dingin. Biasanya dingin bisa didapatkan dari air dan berbagai hal lainnya. Jika memang Anda menginginkan agar HP Anda kembali dingin saat temperaturnya naik, maka bukan berarti Anda harus mencelupkan HP Anda ke air atau bahkan menyimpannya di dalam kulkas selama berjam-jam.

Tentu keputusan untuk menggunakan  cara mendinginkan HP yang satu ini sangatlah salah dan tidak boleh untuk Anda lakukan. Sebab perlu Anda ketahui bahwa adanya kontak HP dengan air dalam waktu yang cukup lama dan dengan jumlah air yang juga banyak akan menjadi salah satu penyebab mengapa HP Anda akan terasa cepat panas.

Menggunakan Aplikasi Pendingin

Saat ini di Play Store, Anda bisa mendapatkan banyak sekali jenis aplikasi yang bisa diunduh dan digunakan. Salah satunya adalah aplikasi pendingin. Aplikasi-aplikasi yang dibuat untuk mengatasi HP yang cepat panas tersebut antara lain adalah Cooler Master, Cooling Master atau Device Cooler.

Aplikasi-aplikasi ini dijamin akan mampu menjadi cara mendinginkan HP yang cukup ampuh dan wajib Anda gunakan. Namun perlu Anda ketahui bahwa, Anda harus selektif dalam memilih dan mendownload aplikasinya.

Sebab saat ini banyak sekali aplikasi tiruan yang mungkin akan membuat Anda terkecoh dan salah mengunduh aplikasinya. Jadi pastikan bahwa Anda mendownload aplikasi yang benar agar aplikasi tersebut bisa mendinginkan HP Anda secara maksimal.

Mengecek Kondisi Baterai Juga Penting

Temperatur HP sebenarnya sangat berkaitan erat dengan temperatur dan kondisi baterai hp-nya. Mungkin baterai HP yang panas sudah tidak asing lagi bagi Anda. Namun tahukah Anda bahwa baterai HP yang panas ini juga akan mempengaruhi kondisi HP yang menyebabkannya menjadi panas.

Untuk itu, memeriksa kesehatan dan kondisi dari baterai adalah cara mendinginkan HP yang harus Anda coba. Pasalnya, ditakutkan ada masalah pada baterai HP tersebut, seperti kondisi baterai yang kembung atau bahkan karena faktor usia baterai yang sudah terlalu tua.

Jika hal ini terjadi, maka Anda harus mengganti baterai tersebut dengan yang baru agar cara untuk mendinginkan HP yang satu ini berjalan dengan efektif. Saat ini sudah ada sebuah aplikasi yang bisa Anda manfaatkan untuk mengecek kesehatan dari baterai Anda. Anda bisa mendownloadnya secara gratis di App Store maupun di Play Store.

Aplikasi tersebut bernama CurrentWidget: Battery Monitor dan akan mampu menjadi langkah awal dari cara mendinginkan HP yang panas akibat baterai HP.

Hentikan Penggunaan Bluetooth dan GPS Saat Tidak Dibutuhkan

GPS dan bluetooth merupakan salah satu fitur yang pasti ada disetiap hp. Namun bukan berarti Anda harus mengaktifkannya setiap saat. Keberadaan bluetooth maupun GPS memang memberikan manfaat yang sangat besar.

Seperti yang Anda ketahui bahwa bluetooth merupakan fitur yang memudahkan kita untuk mengirimkan file. Sedangkan GPS bertindak untuk memberikan informasi seputar lokasi Anda saat ini.

Tetapi perlu Anda ketahui bahwa penggunaan hp yang membiarkan bluetooth dan GPS ini terus menyala setiap saat akan memberikan dampak tersendiri bagi HP yaitu menyebabkan HP Anda menjadi cepat panas dan mengharuskan Anda untuk mencari cara mendinginkan HP karena penggunaan bluetooth dan GPS yang tidak perlu ini.

Cara untuk mendinginkannya sangatlah mudah, Anda hanya perlu mengurangi penggunaan kedua fitur tersebut atau bahkan mematikan dan menghentikan penggunaan bluetooth dan GPS saat memang tidak dibutuhkan. Dengan cara ini, maka Anda bisa mengurangi dan meminimalisir terjadinya HP panas.

Menggunakan Charger Ori

Cara mendinginkan HP yang satu ini mungkin sedikit tidak masuk akal apabila dikaitkan dengan HP panas. Namun perlu Anda ketahui, bahwa penggunaan charger HP yang tidak ori atau sembarangan dalam menggunakan charger, bisa menjadi salah satu penyebab baterai dan HP Anda menjadi cepat panas.

Maka dari itu, usahakan untuk selalu menggunakan charger ori meskipun charger bawaan HP Anda sudah rusak. Anda harus membeli charger yang asli atau ori untuk meminimalisir terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan.

Nah, itulah tadi beberapa cara yang bisa Anda lakukan agar mampu mendinginkan HP yang panas. Cara-cara diatas memang harus dilakukan secara konsisten agar memberikan efek yang bagus.

Hal ini sesuai dengan penyebab dari HP panas ini. Pasalnya HP yang panas tidak disebabkan oleh 1 kali penggunaan yang fatal, melainkan HP yang panas ini biasanya disebabkan oleh kebiasaan buruk yang selalu diulang-ulang.

Sehingga membuat HP Anda cukup lelah untuk merespon dan memberikan tanda-tanda kerusakan berupa HP yang semakin panas. Salah satu contoh penyebabnya yaitu menggunakan HP dalam waktu yang sangat lama hingga berjam-jam. Maka dari itu, Anda harus bisa mendinginkan HP menggunakan cara mendinginkan HP seperti yang sudah disebutkan di atas.