Cara Membuat Daftar Isi Otomatis Dan Manual Dari Ms Word

Cara Membuat Daftar Isi – Bagi anda yang bekerja dalam bidang Microsoft word pasti tidak asing lagi. Microsoft word merupakan salah satu software yang digunakan untuk membuat tulisan atau laporan berupa tulisan. Bagi pelajar atau mahasiswa penggunaan microsoft word biasanya digunakan untuk membuat tugas atau tugas akhir.

Pada penugasan akhir atau laporan tidak jarang kita perlu mencantumkan daftar isi pada tugas yang telah kita buat. Daftar isi bukanlah suatu hal yang mudah, karena hal ini perlu skill dan pemahaman mengenai Microsoft Word yang mumpuni.

Daftar isi adalah fitur pada Ms Word yang memiliki fungsi untuk mempermudah pembaca dalam menemukan bacaan yang diinginkannya. Biasanya ini juga berlaku pada penulisan tugas pelajar atau mahasiswa dalam menyelesaikan tugas akhir atau dalam membuat laporan dan semacamnya.

Membuat daftar isi tidaklah mudah meskipun dengan cara yang otomatis sekalipun, anda perlu melakukan langkah-langkah yang sedikit tricky dan membutuhkan ketelitian yang jeli dalam membuatnya. Anda dapat membuat daftar isi melalui software aplikasi Microsoft word secara otomatis dan secara manual.

Setidaknya ada 2 cara untuk membuat daftar isi di Ms Word yaitu secara manual dan otomatis. Untuk membuat daftar isi secara manual maka anda memerlukan tips dan tik yang perlu dipelajari tak hanya itu membuat daftar isi manual anda juga perlu ketelitian secara ulet. Meskipun membutuhkan cara yang tricky cara ini masih sering digunakan oleh beberapa orang.

Sedangkan cara membuat daftar isi secara otomatis caranya lebih sulit daripada daftar isis manual. Karena menggunakan daftar isi otomatis diperlukan trik khusus mulai dari heading sub bab dengan tepat pada fitur Ms word.

Baca Juga:  Cara Membuat Surat Lamaran Kerja

Untuk lebih jelasnya lagi berikut adalah cara membuat daftar isi manual.

Cara Membuat Daftar Isi manual

Langkah awal dalam membuat daftar isi manual adalah anda harum membuka dokumen yang berbeda untuk memudahkan daftar isi secara manual berikut langkah-langkahnya. Sehingga anda bisa menuliskan daftar isi ke dokumen yang baru

Setelah itu anda bisa mengikuti tahap-tahap berikut ini.

  1. Klik menu Home pilihan menu pada fitur Paragraph
  2. Pilih Paragraph Setting.
  3. Maka Selanjutnya akan muncul jendela pop-up untuk mengatur jenis halaman dan ukuran halaman.
  4. Untuk bagian Alignment pilih Left.
  5. Klik Set dan Ok.
  6. Sedangkan untuk membuat titik titik anda bisa lakukan klik tab pada keyboard.
  7. Maka secara otomatis akan muncul titik-titik.
  8. Selanjutnya anda bisa mengisi halaman secara manual
  9. Anda lakukan cara ini dengan teliti dan ulet karena kerapian serta ketelitian saat membuat daftar isi manual sangat diuji disini

Kekurangan membuat daftar isi manual anda mungkin tidak bisa melakukannya dengan cara yang tepat.

Cara Membuat Daftar Isi Otomatis

Membuat daftar isi secara otomatis tentu tidak kalah membingungkannya namun car aini diklaim memiliki keunggulan yang lebih efisien dan dapat anda update secara otomatis jika anda ingin mengubah nomor halaman. Namun apabila akan mengubah sub judul anda harus mengubah pada bagian heading terlebih dahulu. Dis bagian Cara membuat daftar isi otomatis fitur styles juga sangat membantu anda untuk menghasilkan daftar isi yang maksimal.

Adapun cara untuk membuat daftar isi otomatis adalah sebagai berikut:

  1. Buka Software MS word
  2. Buat Beberapa Sub Judul dengan menggunakan Style heading 1 hingga 3.
Baca Juga:  Cara Membuat Surat Lamaran Kerja

Anda bisa membuatnya sesuai keinginan anda, usahakan untuk format penulisan yang benar

Lakukan sorot pada tulisan yang ingin dimasukan ke daftar isi dan pilih Styles > Heading 1 judul menggunakan Heading 2 sebagai sub heading pertama.

Membuat daftar isi ke Dokumen

Sedangkan apabila anda ingin membuat daftar isi pada dokumen tersebut, maka anda bisa mengikuti langkah-langkah berikut ini.

  • Pilih menu Reference
  • Kemudian Pilih Tab of Content
  • Anda dapat memilih salah satu Style dari list Automatic Table of Content yang tersedia
  • Anda boleh memilih format mana yang anda ingin coba
  • Maka Secara otomatis daftar isi akan muncul dengan sendirinya sesuai urutan yang telah dibuat dan urutan halaman.
  • Pada bagian ini anda tidak perlu membuat titik-titik secara manual
  • Selesai

Anda bisa memperbarui data dengan melakukan Update pada Table of content. Adapun hal yang bisa anda rubah adalah urutan sub heading, dan urutan halaman.

Mengupdate Daftar Isi

Pada daftar isi otomatis tetap diperlukan langkah sederhana untuk mengupdatenya sehingga meskipun dengan menggunakan daftar isi otomatis anda tidak bisa mendapatkan keunggulan perubahan terbaru secara otomatis. Apabila anda sudah melakukan perubahan terhadap urutan anda bisa melakukan Update setiap kali melakukan perubahan. Untuk mengubah sub judul nda bisa melakukannya secara manual namun apabila perubahan halaman akan secara otomatis berubah ketika anda mengupdatenya.

Langkah yang dapat anda lakukan adalah

  • Update page number only

Secara otomatis anda bisa mengubah halaman saja tanpa merubah judul dan sub judul.

  • Perbarui seluruh tabel

Secara otomatis anda bisa memperbarui seluruh daftar isi sehingga judul, sub judul, dan halaman.

Kekurangan dan kelebihan dalam menggunakan Daftar isi manual atau otomatis

  • Kelebihan Daftar Isi Manual
Baca Juga:  Cara Membuat Surat Lamaran Kerja

Ketika menggunakan daftar isi manual anda lebih mudah mengubah segala hal yang ingin anda ubah baik sub judul atau halaman secara manual. Dengan catatan anda hanya mengubah nomor halaman yang ingin anda ubah tanpa keseluruhan.

  • Kekurangan daftar isi manual

Kekurangan daftar isi manual anda mungkin akan membutuhkan pemahaman secara khusus tentang karya tulis yang ingin anda buat. Terutama dengan penomoran halaman dan sub judul yang anda buat harus sesuai. Karena jika menggunakan daftar isi otomatis pasti akan secara langsung sama.

Tidak hanya itu anda memerlukan waktu yang cenderung lebih lama ketika akan menyesuaikan sususnan halaman dengan daftar isis dan menyamakannya dengan dokumen yang telah anda buat.

  • – Kelebihan daftar Isi Otomatis

Dalam membuat daftar isi otomatis maka anda lebih efisien dan lebih menghemat waktu dan tenaga. Membuat daftar isi secara otomatis juga cenderung lebih rapi daripada daftar isi manual. Namun hal ini tentunya bisa dibantah bagi seseorang yang lebih memilih daftar ulang secara manual.

  • – Kekurangan daftar isi manual

Saat akan menggunakan daftar isi otomatis maka anda diperlukan pemahaman teknis dan ketelitian. Hal in karena apabila anda ingin mengubah sub judul atau nomor halam maka halaman ain akan berubah secara keseluruhan. Oleh karena itu anda perlu mengubah halaman yang tidak ingin diubah.

Hal ini biasanya terjadi ketika dalam satu dokumen memiliki nomor halaman yang berbeda format. Misalnya perbedaan format ketika menggunakan angka romawi dan penomoran halaman dengan nomor angka biasa.

Demikianlah beberapa hal informasi mengenai cara membuat daftar isi. Daftar isi sangat berfungsi untuk memudahkan pelajar membuat karya tulis ilmiah. Tidak hanya itu hal ini juga memudahkan pembacanya.