Cara Download Lagu Dari Youtube

Berbagai Cara Download Lagu Dari YouTube

Cara Download Lagu Dari Youtube — Banyak orang sudah tahu cara download lagu dari YouTube. Tapi tidak banyak orang tahu mengapa pilihan ini menjadi populer. Download lagu dari YouTube umumnya menggunakan pihak ketiga, karena YouTube sendiri tidak memberikan layanan ini.

Banyak orang menyangka YouTube pasti memiliki security kuat untuk menjaga file videonya. Padahal hal ini tidak sepenuhnya benar. Saat komputer Anda load video YouTube, file video tersebut akan terdownload di cache. Selama akses file cache ini bisa diakses, Anda bisa nikmati file videonya.

Bagi Anda yang ingin tahu cara – cara yang bisa digunakan untuk download music dari YouTube, mari bahas tentangnya di artikel berikut!

Berbagai Cara Download Lagu dari YouTube

Banyak cara bisa digunakan untuk download music dari YouTube. Tips cara download video dari YouTube umumnya melibatkan alat perantara. Entah itu program, aplikasi ataupun layanan website lainnya.

Karena melibatkan alat lain, Anda harus paham bahwa tidak semuanya seragam. Beberapa cara bisa lebih rumit dan complex dibandingkan cara lain. Hal ini karena layanan yang diberikan memang lebih advance.

Tapi untuk yang ingin download cara mudah, Anda juga bisa lakukan hal tersebut. Mulai dari copy paste link sampai download add-on browser. Jika ingin lihat berbagai cara ini secara lebih detail, mari bahas masing – masing caranya di bawah ini!

Menggunakan Add-On Browser

Cara ini lebih populer digunakan di browser non-Chrome. Walaupun Chrome ada yang menawarkan add-on download, kebanyakan di blokir oleh Google. Anda yang ingin pakai cara ini, harus pastikan punya Mozilla Firefox minimal.

Anda bisa search di tab Add-On pada Firefox untuk mencarinya. Dalam search bar tab add-on, ketik saja YouTube. Anda pasti diberi banyak pilihan program download. Pastikan cek rating dan ratio jumlah downloadnya agar tidak salah pilih.

Berikut adalah dua add-on yang paling umum digunakan untuk download:

  • Easy YouTube Video Downloader Express
  • Ummy Video Donwloader

Add-on Ummy adalah yang paling populer dari pilihan di atas. Alasannya adalah karena lebih fleksible. Anda tidak hanya bisa download YouTube tapi berbagai video lain yang ada di halaman website. Selama ada progress bar dan playback, video tersebut bisa diambil. Jadi jika menemukan video di social media yang menarik, Anda bisa download video itu menjadi file.

Lewat Website Pihak Ketiga

Cara download lagu dari YouTube pakai website adalah pilihan yang paling mudah dan fleksible. Selama device yang Anda gunakan punya browser, Anda bisa download file music YouTube dari situ. Banyak orang menggunakan cara ini karena memang paling dikenal.

Di era warnet, tool website ini paling mudah digunakan. Di warnet, Anda tidak bisa pasang add-on di browser karena ada blockir dari server. Sedangkan membawa program sendiri terkadang membuat repot. Jika pakai cara download lagu dari YouTube ini, Anda cukup kunjungi website dan menulis link yang diminta. Sisanya, process download akan berjalan otomatis.

Berikut adalah beberapa website yang bisa Anda gunakan untuk kebutuhan ini:

  • com
  • cc
  • com

Website di atas bahkan ada yang memberi trick khusus. Contoh saja untuk Y2mate.com. Anda bisa akses fitur download hanya dengan menambahkan PP di belakang URL video dan tambahkan .com. Setelah enter, Anda akan langsung masuk ke website Y2mate.com dengan link yang siap di convert. Cara ini lebih mudah karena Anda tidak harus memasukkan address video ke website secara manual.

Tool Program Video Converter

Cara download lagu dari YouTube lewat program banyak digunakan karena menawarkan banyak kemampuan custom. Kemampuan custom ini antara lain memilih format file music, memilih kualitas music dan juga melakukan editing sekaligus.

Banyak orang yang memiliki pekerjaan sebatai pembuat music dan content creator menggunakan tool ini. Mereka mengambil sample sound dari YouTube dan menyaringnya lewat program. Proses saring ini bisa berbeda – beda tergantung program yang digunakan. Tapi biasanya semua berupa file audio yang bisa diolah kembali.

Hasil file ini bisa menjadi mashup, sample music dan bahkan remix bagi para creator. Karena file audio untuk kebutuhan kreatif ini lebih sensitive, alat download advance juga diperlukan. Apakah Anda tertarik juga pakai cara download yang satu ini?

Berikut adalah beberapa rekomendasi program tool video converter yang biasa digunakan:

  • 4K Video Downloader
  • Any Video Converter
  • WinX YouTube Downloader
  • aTube Catcher

Beberapa tool program ini bahkan bisa menghasilkan efek 3D audio dari YouTube. Jadi bagi yang butuh advance audio downloader dan music dari YouTube, pilihan di atas wajib dicoba!

Menggunakan Aplikasi Smartphone

Cara download lagu dari YouTube menggunakan aplikasi banyak digunakan di smartphone. Cara – cara lain yang dibahas sebelumnya, kebanyakan digunakan utnuk PC. Browser adalah pilihan yang umumnya netral karena bisa digunakan di berbagai device yang memiliki browser.

Aplikasi smartphone ini biasanya meminta Anda mengisi link di aplikasi. Anda dapatkan link ini dari YouTube lewat tombol share di dekat deskripsi video. Setelah paste link, Anda tinggal tunggu process download.

Beberapa aplikasi bahkan menjadi Add-On di aplikasi YouTube. Untuk aplikasi seperti ini, Anda akan melihat tombol tambahan di menu video YouTube. Biasanya berupa titik tiga di pojok kanan atas video. Dari menu tersebut, Anda bisa cari pilihan download.

Untuk rekomendasi aplikasi yang bisa digunakan, coba beberapa nama di bawah ini:

  • TubeMate
  • SnapTube
  • Videoder
  • NewPipe

Setiap aplikasi tersebut memiliki cara berbeda digunakan. Tapi setiap cara tersebut mudah diikuti dan Anda akan mendapatkan arahan setelah download untuk cara pakai. Silahkan mencoba jika Anda ingin download music di YouTube pada smartphone Anda.

Pilihan Cara Download Mana yang Paling Baik?

Untuk pilihan cara mana yang paling baik, hal ini tergantung preferensi Anda. Menggunakan program dan aplikasi adalah cara yang paling advance. Hal ini dipilih untuk ambil sampel lagu dan suara dengan tingkat kualitas tertentu. Tapi setting dan proses penggunaannya akan lebih sulit.

Jika ingin ambil music tanpa ribet dan sesuai dengan apa yang Anda dengar di video YouTube, penggunaan Add-On browser dan website sudah cukup. Hal yang paling penting adalah menghasilkan file music sesuai kebutuhan.

Anda bisa test beberapa pilihan cara mudah download lagu dari YouTube. Jika sudah coba banyak, Anda bisa bandingkan hasil file musicnya. Apakah ukuran, kualtias dan kemudahan sesuai bagi Anda? Jika ada satu cara yang paling cocok menurut Anda, pilihan tersebut adalah yang paling tepat.

Pilihan cara ini bisa berbeda dari satu orang ke orang lain. Tapi selama pilihannya cocok bagi Anda, mengapa harus memperhitungkan pendapat orang lain? Tidak semua cara download harus sulit untuk dapatkan yang terbaik, semua tergantung apa yang Anda cari.

Kelebihan dan Kelemahan Download Lagu di YouTube

Popularitas download lagu dari YouTube tentu tidak semerta – merta naik begitu saja. Hal ini datang dengan sisi kelebihan dan kelemahan. Banyak orang merasa tidak cocok download di YouTube tapi banyak orang juga tidak masalah. Mari bahas tentang hal ini dalam bagian ini:

Berbagai Kelebihan

Cara download video dari YouTube merupakan cara termudah mendapatkan music. Koleksi music yang ada di YouTube sangat luas. Anda bisa cari music negara lain, music artist terkenal, music dari game, music klasik, music remix dan bahkan music yang tidak bisa diakses lagi secara fisik.

Karena banyaknya music yang ada di YouTube, kebanyakan orang lebih memilih download di sini daripada cari platform lain untuk music. Memang, tempat seperti Spotify tersedia untuk streaming. Tapi pilihan download tidak tersedia di situ.

Orang download music tidak hanya untuk didengarkan tapi juga kebutuhan lain. Contoh saja untuk membuat sesuatu. Jika Anda pembuat music tecno misalnya, Anda bisa ambil sample music lain lalu diolah kembali menjadi music original. Banyak orang bahkan membuat channel di YouTube tentang ini.

Kelebihan lain selain pilihan yang banyak adalah biaya. Download di YouTube tentu gratis. Anda hanya perlu alat download seperti website ataupun program khusus. Dibandingkan beli album ataupun bayar akun premium Spotify, cara download jauh lebih murah.

Bayangkan jika Anda ingin dengar music classic yang kasetnya hanya tersedia berupa piringan hitam langka. Tentu saja daripada bayar mahal untuk itu, Anda lebih baik cari videonya lalu download music tersebut.

Kelebihan berikutnya yang membuat orang pilih cara download lagu dari YouTube adalah kemudahan. Download music tentu mudah, tapi cara ambil di YouTube jauh lebih simple. Bayangkan jika Anda ingin download music, Anda harus cari website yang menyediakan data base tersebut. Selain itu, versi music yang diinginkan belum tentu tersedia.

Jika download dari YouTube, Anda sudah tahu seperti apa suara dan kualitas musiknya. Anda tidak perlu secara buta cari website dan mencoba file music satu per satu. Karena kemudahan ini, tidak ada alasan menggunakan jalur download lain.

Kelemahan yang Paling Terasa

Kelemahan download lagu dari YouTube yang paling terasa adalah kualitasnya. Karena yang di download adalah video, tentu saja kualitas audionya belum tentu sebagus music HD dari kaset album. Kualitas music bahkan bisa terganggu karena video yang dipilih.

Contoh saja jika Anda download music yang memiliki video clip. Jika ada sound efek dan intro di dalam video, semua ini akan terdonwload juga. Untuk menikmati pure music, Anda lebih baik download rip dari CD album.

Hal lain yang membuat file download kurang baik adalah properties. Jika download file MP3 dari share website ataupun torrent, kebanyakan music memiliki property sebagai audio. File property ini memiliki identitas, pemusic dan juga shorting album. Saat dimainkan ke music player, info ini pasti mucul.

Tapi jika download dari YouTube, komputer akan membaca file ini sebagai audio biasa. Hal ini terasa kurang jika Anda picky soal music. Jika ada property artist misalnya, program komputer bisa menggolongkan tersendiri. Jadi saat Anda search file dari nama pemain artist-nya, semua file music yang berhubungan akan muncul. Tapi jika download dari YouTube, hal ini tidak akan teridentifikasi.

Cara download lagu dari YouTube memang mudah, tapi kelemahan yang lain dirasakan adalah soal moral. Jika ketahuan download music dari YouTube, banyak orang pasti malu. Hal ini sama saja dengan mencuri kerjaan orang lain. Karena hal ini, banyak orang sembunyi – sembunyi jika ingin download file music dari YouTube.

Hal yang Perlu Dipertimbangkan

Sekarang Anda sudah tahu cara download lagu dari YouTube. Tapi cara yang dijelaskan di atas menimbulkan perdebatan dari banyak orang. Hal yang pertama adalah soal legalitas. Music di internet sejak dulu mudah didapatkan. Perkembangan ini karena sistem sharing yang menjadi cikal bakal download music dari YouTube.

Seseorang membeli album dari artist lalu share ke teman – temannya. Tapi karena dunia internet luas, file yang di upload ini juga bisa diambil oleh orang lain. Hasilnya, musik lebih menyebar dan didapat mudah lewat internet dibandingkan harus beli.

Penyebaran music tanpa control dari pembuat musik ini dipandang tidak menguntungkan pelaku industri. Hasilnya, dorongan untuk menghentikan download illegal. Tapi karena perbedaan aturan tiap negara dan copyright, masalah ini tidak bisa dibatasi.

Hal yang bisa dilakukan orang adalah menutup website – website sharing. Orang – orang yang biasa sharing music online, akhirnya lari ke YouTube. Mereka upload music dan album secara bebas. Di era ini, YouTube masih berdiri sendiri dan belum terikat Google. Anda bahkan tidak mendapatkan imbalan uang apa – apa buat channel di sini.

Penyebaran music di YouTube ini terus berlanjut sampai sekarang. Walaupun sudah ada aturan yang berlaku soal sharing copyright material sekarang, orang tetap saja upload music. Tentu perkembangan YouTube juga dimanfaatkan orang untuk promosi musi original, tapi banyak channel yang hanya mengambil karya orang lain utnuk di-upload.

Apapun alasannya, hal ini menyebabkan perubahan. Karena koleksi music YouTube yang terus berkembang, banyak orang akhirnya membuat cara download dari platform ini. Akhirnya sekarang tidak lagi cari tempat lain untuk music, tapi cukup download dari YouTube.

Walaupun mudah, argument bahwa cara ini illegal selalu ada. Mengambil music tanpa izin pembuat dan tanpa bayaran memang illegal, tapi selama ada di internet, hal ini sulit diatur. Akhirnya daripada menguras banyak tenaga dan biaya, hal ini dibiarkan. Sekarang, kegiatan pirate tetap dibiarkan tapi dianggap tidak baik secara moral.

Memang ada benarnya hal ini tidak baik. Tapi di sisi lain, kemudahan akses media sangat disukai banyak orang. Apalagi jika media tersebut memang ditujukan untuk sharing. Banyak musik di YouTube tergolong free to use. Copyright free music tersedia di platform ini dan menjadi incaran banyak orang.

Kreator yang buat remix music, mash-up music dan sekedar sharing tentu tidak menjual karyanya. Tapi jika ingin memiliki musik tersebut, tidak ada pilihan lain selain download langsung dari YouTube. Akses yang mudah ini sangat sulit dihilangkan sekalinya orang menikmatinya.

Perdebatan antara legalitas, moral dan kemudahan akses ini sampai sekarang masih seru. Bagi Anda yang ingin pakai website YouTube untuk download koleksi file musik, Anda harus tahu tentang hal ini. Anda memang tidak baik download sembarangan, utamakan mendukung creator-nya. Tapi jika media sulit di dapat, contoh saja album jadul tahun 80-an, hal ini masih ada pembenarannya.

Selama Anda mengerti soal bahasan morale ini, Anda bebas memutuskan keputusan download. Terima kasih sudah baca artikel cara download lagu dari YouTube ini. Semoga bahasannya menarik dan berguna bagi Anda sekalian!