3 Cara Mengatasi Zoom Meeting Tidak Dapat Sign in dan Sign Up

Zoom Meeting — Di masa pandemi seperti saat ini, zoom menjadi salah satu aplikasi yang tak bisa lepas dari berbagai kegiatan masyarakat, mulai dari sektor pendidikan, pekerjaan hingga aktivitas sehari-hari seperti silaturahmi dan undangan pernikahan online dilakukan lewat aplikasi ini.

Zoom sendiri merupakan perangkat lunak yang mampu menghubungkan, menyampaikan ide, mengkomunikasikan dan mendiskusikan suatu proyek bagi para penggunanya. Aplikasi zoom meeting dapat dengan mudah diakses baik melalui smartphone ataupun PC, untuk dapat menikmati fitur-fitur di dalamnya maka Anda perlu menginstall aplikasi tersebut terlebih dahulu.

Sebagai salah satu aplikasi penyedia layanan video conference terpopuler, yang telah digunakan oleh jutaan orang di dunia, tentunya beberapa permasalahan kerap muncul dan dialami oleh sebagian penggunanya, seperti kamera dan audio yang tidak berfungsi, beberapa fitur yang hilang, atau bahkan tidak dapat melakukan sign in dan sign out pada Zoom Meeting.

Permasalahan sign in dan sign out ini merupakan salah satu masalah yang umum dan seringkali dialami oleh beberapa pengguna zoom, lantas sebenarnya apa penyebabnya dan bagaimana solusi untuk mengatasi masalah tidak dapat sign in dan sign out pada zoom ini, berikut ulasannya.

Tips Mengatasi Zoom Tidak Dapat Sign in

Beberapa hal yang menyebabkan beberapa pengguna tidak dapat sign in pada aplikasi zoom ini, antara lain dikarenakan koneksi internet pengguna yang tidak stabil, lupa password, serta terjadinya error pada aplikasi zoom sendiri. Jika Anda mengalami masalah ini, Anda tidak perlu khawatir, karena untuk hal ini dapat diperbaiki dengan cara yang mudah, ada beberapa cara yang dapat Anda coba agar dapat sig in pada zoom, antara lain:

  1. Menghapus Cache Data dari Aplikasi Zoom

Salah satu hal yang menyebabkan Anda tidak dapat sig in pada zoom bisa jadi karena menumpuknya cache, timbunan cache ini dapat mengakibatkan terjadinya error di aplikasi zoom yang mengakibatkan pengguna tidak dapat melakukan sig in, untuk mengatasi hal ini Anda dapat menghilangkan/menghapus cache dan juga data dari aplikasi zoom tersebut.

  1. Periksa Koneksi Internet

Seperti yang kita tahu, zoom merupakan sebuah aplikasi video conference yang bersifat online, dan untuk menjalankannya diperlukan koneksi internet. Sehingga apabila koneksi internet buruk maka pengguna tidak akan bisa melakukan log in, sebagai solusinya Anda dapat mengganti koneksi internet Anda dengan koneksi yang lebih cepat dan stabil.

  1. Mengganti Password

Jika penyebab Anda tidak dapat melakukan sig in pada zoom karena Anda salah password, maka untuk mengatasinya Anda dapat mengklik pilihan Forgot Password, kemudian akan muncul halaman yang meminta Anda untuk masukkan email Anda. Selanjutnya, pihak zoom akan mengirimkan link untuk ganti password pada email yang Anda inputkan tersebut. Klik link yang diberikan oleh pihak zoom tersebut dan masukkan password zoom yang baru. Nah, terakhir cobalah melakukan sig in kembali dengan password zoom yang baru.

Tips Mengatasi Zoom Tidak Dapat Sign Up

Apakah Anda pernah melihat kalimat “You are not eligible to sign up for zoom at this time” saat sedang mencoba mendaftar di aplikasi zoom, munculnya kalimat tersebut mengisyaratkan bahwa Anda tidak dapat melakukan sign up atau mendaftar untuk membuat akun baru pada aplikasi zoom.

Adapun penyebab dari masalah ini biasanya dikarenakan terjadinya error di aplikasi, selain karena error aplikasi hal tersebut juga dapat dilatar belakangi karena menumpuknya cache, banyaknya cache dan data sampah yang tersimpan pada aplikasi dapat menjadi alasan mengapa Anda tidak dapat melakukan sign up.

Tulisan “You are not eligible to sign up for zoom at this time” yang biasa muncul pada aplikasi zoom juga bisa jadi sebuah peringatan terkait pembatasan usia yang ditentukan untuk para pengguna aplikasi zoom, pihak zoom membatasi Batasan usia penggunanya yakni minimal berusia 16 tahun, hal ini biasanya terjadi pada para pengguna yang melakukan sign in melalui akun google ataupun facebook, sebab pada proses pembuatan google mematok batas usia minimalnya yakni 13 tahun.

Untuk mengatasi masalah gagal sign up ini, ada beberapa cara yang dapat Anda coba lakukan, yaitu:

  1. Hapuslah data dan cache yang tersimpan di aplikasi zoom.
  2. Selanjutnya, bukalah aplikasi tersebut dan klik tombol sign up untuk melakukan pendaftaran Kembali.
  3. Inputkan tanggal, bulan dan tahun lahir Anda, pastikanlah bahwa usia Anda sudah cukup untuk menggunakan layanan dan sesuai dengan ketentuan usia yang disyaratkan oleh aplikasi zoom.
  4. Berikutnya isikan nama depan, nama belakang serta alamat email Anda, jika sudah terisi semua selanjutnya klik tombol sign up.
  5. Langkah terakhir, lakukanlah verifikasi email untuk mengaktifkan akun Zoom yang baru Anda buat.

Lancar Menggunakan Zoom, dengan Cara Ini

Munculnya beberapa masalah saat penggunaan zoom, dapat membuat pengguna merasa bingung dan kesal, karena hal ini bisa menghambat aktivitas pekerjaannya, untuk itu perlu Anda ketahui tips agar dapat menggunakan aplikasi zoom dengan lancar.

Beberapa cara yang dapat Anda coba agar lancar saat menggunakan zoom, antara lain:

  1. Lakukan Update

Aplikasi zoom terus berbenah dengan melakukan beberapa pembaharuan baik dari segi fitur ataupun tampilan, hal ini tentu menuntut para penggunanya untuk sigap dalam melakukan update dan menyesuaikan diri dengan berbagai perubahan yang ada.

  1. Mengecek Semua Hal Sebelum Menggunakan Zoom

Penting bagi Anda untuk memastikan terlebih dahulu semua hal yang dibutuhkan saat akan melakukan pertemuan dengan menggunakan aplikasi zoom, pastikan semuanya dalam kondisi aman, baik dari segi koneksi internet, audio ataupun video.

Jika Anda berniat untuk melakukan suatu presentasi dengan menggunakan fitur screen sharing, sebaiknya Anda juga harus menyiapkan bahan-bahan presentasi yang diperlukan guna menghemat waktu para peserta lain dan disarankan juga untuk Anda melakukan latihan terlebih dahulu untuk meminimalkan masalah yang mungkin terjadi saat proses meeting.

  1. Reboot Setiap Hari

Jika Anda menggunakan aplikasi zoom meeting setiap hari, maka cobalah untuk melakukan reboot pada aplikasi ini setelah aplikasi selesai digunakan, hal ini akan membuat kinerja dan stabilitas aplikasi semakin lancar saat nanti digunakan kembali.

  1. Pelajari Setiap Fitur yang Ada

Cara yang berikutnya adalah, pelajari setiap fitur yang disediakan oleh aplikasi zoom agar nantinya Anda tidak perlu bingung dalam menggunakannya. Beberapa fitur yang sering kali digunakan oleh para pengguna zoom, antara lain: sharing screen, raise hand, record, papan tulis virtual dan pengganti background.

Nah, itulah sedikit ulasan mengenai penyebab dan cara memperbaiki masalah zoom meeting yang tidak dapat sign in dan sign up, Anda dapat mencoba menggunakan tips di atas untuk mengatasi masalah gagal sign in dan sign up pada zoom, semoga ulasan di atas dapat bermanfaat ya.