Windows 10

Tips Cara Untuk Mengatasi Windows 10 Yang Sering Lemot

Windows 10 *** Jika kalian menggunakan Windows 10 pastinya sering mengalami sebuah permasalahan yang mana cepat sekali mengalami sebuah kelemotan bukan, apa lagi jika Windows 10 yang sedang kamu gunakan ternyata upgrade dari Windows 8 dan 7. Pastinya akan banyak sekali mengalami bug.

Di sini kita akan memberitahu bagaimana cara supaya jika kita download Windows 10 bisa lebih mempercepat yang lambat supaya lebih ringan dan tidak lemot jika digunakan. Sebenarnya kita hanya cukup melakukan sedikit tweaking pada bagian yang memang penting dan dapat menentukan performa Windows 10 tersebut.

Tips Cara Mempercepat

Menghapus Program Bawaan Yang Tidak Dibutuhkan dan Program Lama Yang Memang Sudah Usang

Pada saat kamu melakukan cara update Windows 10, maka kamu nantinya akan mendapatkan banyak sekali sebuah program bawaan yang akan ikut terinstal secara otomatis. Pada sebagian program tersebut nantinya tidak banyak yang akan kita butuhkan.

Terlebih lagi jika kamu mendapatkan Windows 10 tersebut dengan cara upgrade lewat Windows 7 maupun Windows 8. Pastinya nanti akan banyak sekali program bawaan yang berasal dari Windows yang lama dan masih tersangkut tetapi itu sudah tidak dapat digunakan kembali karena permasalahan kompatibilitas.

Supaya kita dapat lebih meningkatkan untuk performa pada Windows 10 tersebut agar lebih cepat maka akan lebih baik jika program tersebut kamu hapus saja. Hal yang memang harus kamu tahu adalah meskipun pada program tersebut nantinya tidak kita pakai tetapi sebagian besar pasti akan ikut di load pada saat Windows 10 dimulai.

Justru nantinya malah program tersebut akan mengambil resources RAM dan CPU milik kita yang seharusnya masih bisa kita alokasikan untuk pekerjaan yang lainnya dan pastinya yang lebih penting.

Hal tersebut yang nantinya malah akan membuat Windows 10 semakin mengalami kelambatan terutama jika kita mempunyai spesifikasi pada Windows 10 yang memang pas-pasan. Jika merasa ada program bawaan yang tidak terlalu penting maka kamu dapat masuk menghapusnya melalui menu “Apps & Features.

Cara masuknya kamu dapat mengetikkan “apps” pada kolom Windows search bar yang sudah tersedia, kemudian kamu dapat pilih “ Add or remove programs “.

Setelah kamu memasuki sebuah menu apps & features nanti kalian dapat melihat sebuah list yang panjang mengenai program-program yang terdapat pada Windows 10 kalian. Pada menu tersebut nantinya keseluruhan program bawaan akan terlihat dan kamu dapat pilih-pilih yang mana sekiranya yang tidak kalian butuhkan dan kamu dapat langsung klik uninstall.

Setelah kamu merasa pada keseluruhan program bawaan tersebut terhapus, kamu dapat melakukan sebuah pengecekan ulang dengan cara klik control panel à program and features. Mungkin di situ kamu dapat menemukan sebuah program yang memang sudah tidak kompatibel dengan Windows 10 lalu kalian dapat sekalian untuk menghapusnya dan kosongkan supaya lebih banyak space pada disk C dan meringankan beban RAM.

Mengurangi Startup Program Yang Tidak Penting

Langkah kedua yang dapat kamu lakukan untuk dapat mengatasi Windows 10 yang lambat bisa dengan cara mengurangi program-program yang memang jalan ketika startup.

Pada saat Windows booting yang secara otomatis keseluruhan startup pada program juga akan ikut dimuat. Jika nantinya terlalu banyak dapat mengakibatkan loading pada Windows sehingga akan menyebabkan semakin jadi lambat di saat pertama kali kamu menghidupkan laptop.

Untuk dapat mengatasi hal tersebut kita memang harus mematikan startup pada program yang tidak terlalu penting tersebut. Kamu dapat membukanya dengan cara Task Manager à lalu masuk pada tab Startup à sorot pada program yang akan dimatikanà klik disable à Restart PC.

Sekarang kamu tinggal pilih-pilih sendiri startup mana yang sekiranya memberatkan program loading pada Windows dan tidak terlalu begitu penting dan silahkan kamu matikan semuanya.

Untuk beberapa program yang dapat membutuhkan sebuah proses sinkronisasi pada saat pertama kali memulai seperti dropbox maupun auto-updater lebih baik kamu matikan saja dari startup karena pastinya akan membuat Windows menjadi lebih lambat pada saat dihidupkan.

Mematikan Power Saver Plan

Kamu dapat mematikan power saver plan pada settingan di power options pada laptop kalian. Fitur ini akan lebih dapat menghemat baterai supaya lebih awet tetapi fitur ini juga dapat menurunkan performa pada Windows 10 milik kita dengan cara mematikan service-service yang pada sistem yang tidak dianggap penting. Hal tersebut dapat membuat Windows yang kamu miliki menjadi lebih lambat dari pada biasanya.

Berikut ini adalah cara mematikan dengan masuk control panelà power optionsà lalu pindahkan centang dari power savernya menuju Balanced. Setelah mungkin kamu dapat melakukan restart terlebih dahulu pada laptop supaya perubahannya lebih dpat dirasakan.

Nantinya ketika dibutuhkan misalnya pada saat baterai laptop mengalami drop maupun kamu sedang berpergian maka fitur pada power server tersebut dapat kamu hidupkan kembali.

Lakukan Pembersihan Pada File Sampah Yang Terdapat Pada Windows 10 Dengan Berkala

Supaya dapat meningkatkan sebuah performa yang memang lebih kencang kita juga harus rajin dalam membersihkan sebuah file sampah yang ada pada Windows 10 dengan teratur. File sampah seperti cahce, temporary file, file duplicate, leftover file, system registry yang jika tidak kamu bersihkan maka akan terjadi penumpukan dan akan membuat sistem semakin berat. Yang nantinya malah akan mengakibatkan Windows 10 yang kita miliki menjadi lebih lambat.

Supaya dapat membersihkan file-file sampah tersebut kamu dapat menggunakan sebuah aplikasi bernama cleanser yang bisa kamu dapatkan dengan cara gratis.

Pada Windows 10 juga nantinya akan terdapat sebuah aplikasi cleanser bawaan yang dapat di pakai untuk bisa membersihkan file sampah yang ada pada hard disk yaitu storage sense.

Cara memakai cleanser bawaan pada Windows 10 itu begitu mudah kamu dapat langsung ketikan “storage” pada Windows search bar kemudian silahkan pilih menu storage setting à pada bagian storage sense à lalu silahkan klik free up space now.

Dengan cara otomatis Windows akan mendeteksi file sampah yang dapat kamu bersihkan, jika nanti pada proses scanningnya sudah selesai maka kamu dapat klik sebuah tombol remove file.

Menjalankan Troubleshooter Supaya Dapat Mengetahui Permasalahan Windows 10

Kamu dapat menjalankannya dengan sebuah fitur Troubleshooter yang berasal dari Windows. Silahkan masuk pada fitur Troubleshoot setting à silahkan jalankan Troubleshooter pada bagian yang memang dicurigai penyebab Windows milikmu lelet. Hasilnya nanti kamu akan mendapatkan sebuah petunjuk supaya dapat melakukan perbaikan.

Itulah beberapa cara yang dapat kamu lakukan untuk membuat Windows 10 kamu tidak lemot dan lambat sehingga tidak akan mengganggu kamu ketika nantinya kamu sedang bekerja dengan mendesak. Meskipun memakai teknologi dengan cangih Windows 10 sekali-kali juga dapat mengalami kelemotan.