6 Alasan dan 5 Cara Mengatasi Video Telegram yang Tidak Bisa di Download

Video Telegram yang Tidak Bisa di Download Telegram kini memang sering digunakan banyak orang untuk menonton film maupun drakor. Karena telegram ini dapat mengirimkan video maupun file lainnya dengan ukuran yang besar.

Namun banyak juga yang mengeluhkan bahwasanya video telegram yang tidak bisa di download. Biasanya, telegram dalam keadaan normal ini secara otomatis bisa terputar dan terdownload.

Sehingga banyak orang yang merasa bingung ketika menanggapi masalah tersebut. Namun anda tidak perlu khawatir untuk mengatasinya. Sebelumnya, kenali terlebih dahulu mengenai alasan mengapa telegram anda sering mengalami error dan video telegram yang tidak bisa di download.

Alasan Video Telegram yang Tidak Bisa di Download

Yuk simak, beberapa ulasan mengenai alasan maupun faktor penyebab video telegram yang tidak bisa di download yaitu sebagai berikut :

  1. Aplikasi Telegram Belum Terupdate

Alasan video pada telegram tidak bisa terdownload ini bisa jadi karena telegram anda belum di update. Sehingga menyebabkan aplikasi ini mengalami kinerja yang lemot, bahkan tidak mau mendownload maupun memutar video tersebut. Jadi anda bisa melakukan update telegram terbaru melalui Playstore.

  1. Cache pada Telegram Full

Alasan yang kedua yaitu cache yang penuh, hal ini yang biasanya akan menghambat kinerja dari aplikasi Telegram. Sehingga video telegram tidak mau terdownload.

  1. Server Telegram Sedang Down

Saat server aplikasi sedang dalam masalah atau sedang down ini biasanya membuat foto dan video telegram yang tidak bisa di download. Tidak hanya itu, bahkan anda juga akan kesulitan menggunakan layanan telegram tersebut, seperti melakukan chat atau kirim pesan.

  1. Memiliki Banyak Channel

Alasan yang berikutnya ini juga bisa disebabkan karena anda mengikuti banyak channel maupun akun anda ini memiliki pengikut yang banyak. Hal ini bisa mempengaruhi kinerja dari aplikasi Telegram, baik memutar video maupun download video.

  1. Format Video yang Tidak Mendukung

Adanya format video yang tidak sesuai dengan aturan aplikasi Telegram ini juga membuat video tersebut tidak dapat diunduh maupun diunggah.

  1. Smartphone Anda Bermasalah

Alasan yang terakhir yaitu smartphone sedang dalam keadaan error atau bermasalah, sehingga dapat mempengaruhi kinerja dari Telegram juga.

Cara Mengatasi Agar Video Telegram Dapat di Download

Untuk mengatasi permasalahan yang terjadi pada Telegram anda, seperti video telegram yang tidak bisa di download baik video atau foto, mari simak beberapa ulasan di bawah ini:

  1. Membersihkan Cache yang Penuh

Salah satu alasan foto maupun video telegram yang tidak bisa di download dan diputar dikarenakan cache yang penuh. Untuk mengatasinya anda bisa mengecek terlebih dahulu dan membersihkannya dengan cara sebagai berikut:

  • Buka smartphone anda, lalu masuk ke menu pengaturan dan klik menu “Aplikasi”
  • Diantara beberapa pilihan aplikasi lainnya, pilih “Telegram” lalu buka
  • Lalu terdapat beberapa pilihan opsi juga yaitu berhenti paksa, pencopotan aplikasi, perizinan dan sebagainya.
  • Kemudian anda pilih opsi “Penyimpanan”
  • Maka akan muncul detail penyimpanan penggunaan aplikasi ini yang terdiri dari dua tombol yaitu hapus data dan hapus cache.
  • Lalu anda klik tombol “Hapus Cache” untuk membersihkannya, dan anda bisa mencoba untuk melakukan download lagi.
  1. Melakukan Update ke Versi Terbaru

Cara yang kedua yaitu dengan mencoba melakukan update ke versi terbaru melalui playstore. Karena menunda proses update ini juga bisa menyebabkan kinerja dari Telegram tersebut menurun dan menjadi tidak optimal.

  1. Meninggalkan Channel yang Tidak Perlu

Cara selanjutnya yang dapat anda coba yaitu dengan meninggalkan beberapa channel Telegram yang sudah tidak pernah dilihat atau ditonton lagi. Selain dapat menurunkan kinerja dari telegram anda, bergabung dengan banyak channel juga dapat membuat paket data internet mudah tersedot.

Namun anda bisa mengubahnya dengan mengatur settingan pada Telegram agar proses download tidak berjalan secara otomatis, agar kuota anda lebih hemat. Nah untuk meninggalkan Channel Telegram ini terdapat beberapa langkah mudahnya yaitu :

  • Bukalah aplikasi Telegram, lalu masuk ke Channel yang sudah tidak pernah anda tonton lagi
  • Lalu anda bisa memilih tombol “titik tiga” yang terletak di sebelah pojok kanan atas.
  • Maka akan muncul beberapa pilihan yaitu Search, Report, Unmute dan Leave Channel. Dan anda bisa memilih opsi terakhir yaitu “Leave Channel”.
  • Maka anda sudah keluar dari channel tersebut, dan anda bisa mencoba pada beberapa channel lainnya.
  1. Menggunakan Proxy Telegram

Cara berikutnya yaitu dengan menggunakan proxy telegram yang bisa meningkatkan kecepatan download tersebut. Selain dapat melancarkan jaringan yang lemot, proxy telegram ini juga bisa menjamin keamanan dalam bermedia sosial anda. Hal ini tentunya juga untuk mencegah terjadinya pencurian data yang dilakukan oleh pihak yang tidak bertanggung jawab.

Sehingga keuntungan menggunakan proxy ini bisa melancarkan aktivitas anda menikmati tontonan drama, maupun sedang mengunduh video maupun foto. Agar prosesnya dapat berjalan lebih cepat. Nah berikut terdapat cara menggunakan Proxy di Telegram yang dapat disesuaikan juga untuk kebutuhan anda yaitu sebagai berikut :

  • Buka aplikasi Telegram, lalu klik tombol “garis tiga” yang terletak di bagian pojok kanan atas pada tampilan awal.
  • Selanjutnya pilih “Pengaturan”, maka akan ditampilkan beberapa pilihan opsi dan silahkan klik tombol “Data dan Penyimpanan”
  • Lalu bisa lakukan scroll hingga bagian bawah dan bisa ditemukan menu pengaturan proxy dan klik tombol ”pengaturan proxy” tersebut.
  • Dan jangan lupa juga untuk mengaktifkannya dengan menekan tombol “Gunakan Pengaturan Proxy”.
  • Lalu anda bisa memilih proxy yang ingin anda gunakan.
  • Anda bisa mengisinya dengan mengisi kolom server , bagian port maupun kolom rahasia yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan anda.
  • Lalu klik tombol berbentuk centang, maka Proxy sudah dapat tersambung dengan baik pada aplikasi Telegram.

Apabila Telegram anda sudah berjalan normal, anda juga bisa mematikan Proxy di Telegram dengan beberapa cara dibawah ini yaitu :

  • Sama halnya saat anda ingin mengaktifkan proxy, langkah pertama mematikan proxy yaitu dengan klik tombol “menu” yang terletak di pojok kanan atas.
  • Lalu klik tombol “pengaturan” dan juga memilih “Data dan Penyimpanan”
  • Dan lakukan scrolling hingga menemukan pengaturan proxy.
  • Kemudian pilih tombol “Gunakan Pengaturan Proxy”, maka secara otomatis proxy akan non-aktif.
  • Selain itu untuk menghapus proxy pada telegram dengan memilih “long tap” pada bagian proxy.
  • Maka akan muncul sebuah notifikasi pop up berupa “Hapus Proxy” dan klik tombol “OK”.
  1. Lakukan Restart pada HP Anda

Cara terakhir yaitu dengan melakukan restart pada HP yang digunakan, agar HP anda bisa kembali berjalan secara normal. Karena dengan melakukan restart pada smartphone anda ini akan membantu mengatasi masalah tersebut.