5 Tips Charge Smartphone Android Agar Baterai Awet

5 Android Agar Baterai Awet – Tentunya Anda sudah tidak asing lagi dengan perangkat mungil yang bernama smartphone, pasalnya smartphone berbasis Android memang sangatlah populer. Bahkan perangkat mungil yang satu ini seolah telah menjadi kebutuhan bagi sebagian orang, hal ini sangatlah wajar sebab smartphone berbasis Android telah bisa digunakan untuk melakukan berbagai macam fungsi yang begitu beragam mulai dari untuk berkomunikasi, menjelajah internet, bermain game, bahkan hingga untuk bertransaksi bisnis.

Sama halnya seperti perangkat elektronik yang lainnya, smartphone berbasis Android juga membutuhkan sumber energy untuk bisa mengaktifkannya. Sumber energi yang dimiliki oleh smartphone Android adalah baterai yang mana dengan baterai tersebutlah maka Anda bisa melakukan berbagai macam aktivitas melalui smartphone. Sebagai salah satu komponen yang sangat penting pada sebuah smartphone, tentu saja baterai haruslah dirawat dengan benar. Jika Anda penasaran, pada kesempatan ini akan kami berikan 5 tips charge smartphone Android agar baterai awet.

Tips Charge Smartphone Agar Baterai Awet

  1. Jangan Biarkan Baterai Habis Total

Tips pertama yang bisa Anda ikuti dalam melakukan charging agar baterai tetap awet adalah jangan membiarkan baterai smartphone habis total atau nol persen. Perlu Anda ketahui bahwa pada umumnya sebagian besar bahan dasar dari baterai smartphone adalah lithium ion yang mana akan menyebabkan kerusakan pada baterai jika Anda sering membiarkan baterai habis total.

  1. Hindari Melakukan Charging Semalaman

Sebagia pengguna smartphone Android masih memiliki kebiasaan melakukan charging atau pengisian daya semalam suntuk sambil ditinggal tidur. Padahal kebiasaan ini merupakan hal yang buruk dan tidak boleh ditiru karena melakukan pengisian daya semalam suntuk akan bisa menurunkan performa baterai yang lama kelamaan membuat baterai kembung dan akan memperpendek usia pemakaiannya.

  1. Tidak Menyimpan Smartphone di Tempat Yang Panas

Anda tidak diperbolehkan untuk menyimpan smartphone di tempat yang terlalu panas agar baterai smartphone tetap awet. Sebagian besar baterai smartphone menggunakan bahan dasar lithium ion yang mana memiliki kelemahan yakni tidak tahan jika diletakkan di tempat yang suhunya terlalu panas atau lebih dari 50 derajat celcius karena akan bisa menyebabkan kerusakan.

  1. Lakukan Charging Langsung ke Terminal Listrik

Hal berikutnya yang bisa Anda lakukan untuk merawat baterai smartphone Android agar awet adalah dengan melakukan charging langsung ke terminal listrik. Namun sayangnya masih banyak pengguna smartphone Android yang melakukan charging atau pengisian daya melalui laptop atau PC, padahal kebiasaan yang satu ini akan bisa memperpendek usia pemakaian baterai.

  1. Gunakan Charger Original

Tips selanjutnya yang harus Anda ikuti dalam melakukan charging atau pengisian daya baterai smartphone agar tetap awet adalah dengan menggunakan charger yang original. Anda tidak boleh melakukan charging dengan menggunakan sembarang charger karena setiap baterai smartphone memiliki kapasitas input yang berbeda-beda antara smartphone satu dengan yang lain.

Jika Anda ingin melakukan charging dengan benar agar baterai smartphone tetap awet, maka Anda bisa mengikuti beberapa tips di atas.