Tips Branding Produk yang Efektif

Tips Branding Produk yang Efektif  РAda banyak taktik branding produk, misalnya di media informasi konservatif hingga online dan sering digunakan oleh beberapa pemasar untuk meningkatkan branding produk. Tetapi masalah yang paling penting adalah kegagalan untuk mengimplementasikannya. Ingat, kesadaran merek penting sebelum daya tarik magnet seseorang terbentuk untuk membeli produk Anda. Misalnya, kesadaran merek seperti pengenalan, tanpa pengenalan yang luas, tidak ada peluang penutupan yang cukup besar.

Bagi para pebisnis pemula sebaiknya mengetahui terlebih dahulu tingkatannya dalam meningkatkan branding produk karena ada beberapa yang melakukan kesalahan seperti langsung menggunakan brand ambassador (Endors). Sebenarnya, menggunakan duta merek dapat memungkinkan kesuksesan yang lebih cepat, tetapi jika anggaran Anda terbatas, Anda harus melakukan beberapa hal sendiri dan setelah sukses, Anda dapat menggunakan duta merek.

Beberapa kekurangan dari endorser adalah semakin populernya aktris atau orang terkenal yang kamu pilih, oleh karena itu semakin banyak budget yang harus kamu keluarkan dan kekurangan yang kedua adalah target pasar yang salah sehingga produk yang kamu jual tidak laku.

Di bawah ini adalah taktik dan contoh branding yang dapat Anda terapkan untuk menciptakan kesadaran merek langkah demi langkah dan menghasilkan lebih banyak kepuasan pelanggan.

  1. Buat Logo Produk Anda Sendiri

Mungkin jumlah simbol yang banyak menjadi poin penting bagi perusahaan besar, namun ternyata hal tersebut tidak benar karena merupakan simbol yang penting bagi perusahaan baru, bisnis baru, hingga toko online yang baru memulai. Logo produk dan bisnis sangat berguna bagi seseorang untuk mengingat toko Anda melalui gambar visual, sehingga Anda dapat menggunakan perangkat lunak grafis Photoshop atau menggambar secara manual, dicat secara konservatif dan kemudian dipindai untuk dipindai di PC atau laptop. Untuk membuat taktik branding produk melalui logo produk, setidaknya Anda harus memiliki ide yang Anda buat, misalnya:

  • Jelaskan barang dagangan atau layanan yang sama yang Anda jual.
  • Mudah diingat.
  • Warna yang indah dan menarik.
  1. Manfaatkan pasar yang besar

Strategi branding pasar adalah salah satu taktik paling umum untuk bisnis pemula. Penggunaan marketplace sangat baik dalam menunjang pengunjung dan pengenalan produk di dunia maya, ada berbagai contoh market place seperti Tokopedia, Bukalapak, Shopee dan lain-lain. Maka seorang pebisnis dituntut untuk peka dalam menyikapi perubahan zaman, jika tidak ikut memanfaatkan teknologi maka akan mempengaruhi barang dagangan yang dimilikinya.

Yang menarik adalah produk yang Anda miliki tidak dikenal oleh masyarakat luas dan tidak mencapai penutupan yang memuaskan. Cara yang harus kamu lakukan adalah mendaftar marketplace, masuk ke tokopedia.com, terus isi beberapa data yang kamu punya dan upload logo produk jadi kamu. Setelah proses pendaftaran selesai, isi jendela merchandise Anda, buat gambar yang sangat menarik agar mudah dikenali oleh calon pelanggan.

  1. Pemasaran Menggunakan Media Sosial

Taktik branding produk di media sosial memang dibutuhkan, mengingat pengguna media sosial hampir meningkat, bahkan hampir semua orang pernah melakukannya. Bagi perusahaan yang baru saja meningkatkan usahanya, dapat digunakan untuk meningkatkan individual branding atau corporate identity. Strategi digital marketing di media sosial yang perlu Anda lakukan adalah mengambil salah satunya, misalnya Instagram.

Dalam hal ini media yang akan diambil adalah Instagram dan kontennya berupa video atau gambar, jadi setidaknya Anda harus mengunggah konten jenis itu. Gunakan logo siap pakai untuk profil Instagram Anda, dan mulailah dengan mengunggah konten, mengikuti banyak orang, terhubung dengan seseorang menggunakan fitur DM, menggunakan penargetan hashtag (#) dengan barang dagangan Anda.