Spesifikasi dari Samsung Galaxy Tab S6 Lite

Ada sejumlah perbedaan fundamental yang menciptakan tablet ini lebih terjangkau. Salah satunya ialah jenis layar yang digunakan. Galaxy Tab S6 Lite tidak memakai Super AMOLED. Namun fitur di dalamnya juga lumayan lengkap. Hal ini cocok dengan destinasi Samsung untuk menciptakan masyarakat tetap produktif, khususnya di tengah pandemi seperti ketika ini. Malah dengan harga yang lebih terjangkau, tablet ini dapat menjadi pendamping belajar untuk buah hati Anda. Model Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) bahkan lebih menyenangkan. Untuk memahami lebih lanjut mengenai tablet ini, berikut ialah ulasan kami.

Spesifikasi Samsung Galaxy Tab S6 Lite

Desain

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, meski lebih murah dari Galaxy Tab S6, namun Galaxy Tab S6 Lite tetap terlihat stylish. Bahkan tidak ada kesan murahan di sekujur tubuh. Beratnya sekitar 467 gram dan memiliki dimensi 244,5 mm x 154,3 mm x 7 mm. Cukup tipis untuk segmen tablet pintar. Desain sekelilingnya juga dibalut dengan bingkai tipis dengan warna hitam di sekeliling layar. Kita mulai dari layar dulu. Samsung Galaxy Tab S6 Lite ini menggunakan jenis layar TFT dengan resolusi 2.000 x 1.200 piksel. Saat diposisikan berdiri (portrait), tepat di tengah atas ada kamera depan 5MP. Sedangkan keempat sudutnya melengkung sehingga nyaman digunakan.

Beralih ke bagian samping tablet ini. Di sebelah kanan adalah tombol daya dan volume. Sejalan dengan kedua tombol tersebut terdapat lubang microphone dan slot SIM Card. Di sisi ini juga terdapat bagian magnet. Tujuannya adalah memasang S Pen jika tidak memiliki Book Cover atau Keyboard Cover. Di sisi bawah terdapat port USB Type C dan lubang speaker. Lubang speaker ini juga ada di bagian atas, menyertai port audio 3.5mm. Sekarang beralih ke belakang. Bagian belakang bodi didesain dengan warna matte agar tidak luntur saat digenggam. Logo Samsung ditempatkan tepat di tengah. Sedangkan logo AKG sebagai penunjang sistem audio ada di bagian bawah. Kamera belakang ditempatkan di kiri atas. Kamera ini berkemampuan 8MP dengan appertur F1.9. Tidak ada fitur pendeteksi sidik jari di tablet ini.

S Pen itu sendiri berwarna hitam. S Pen ini memiliki ketebalan ujung pulpen hanya 0.7mm. Dengan demikian, shading tipis bisa dibuat lebih nyaman dengan S Pen ini. Stylus khas Galaxy Tab S6 Lite ini juga memiliki berat hanya 7,03 gram. Sangat ringan jika digunakan untuk membuat konten yang menarik.

Fitur dan Performa

Samsung Galaxy Tab S6 Lite hadir dengan fitur-fitur yang tidak kalah premium dari sang kakak, Galaxy Tab S6. Selain S Pen, tablet ini juga dibekali dengan aplikasi note khas Samsung yaitu S Notes (Samsung Notes). Dengan S Notes, Anda dapat membuat catatan dengan mudah menggunakan S Pen. S Notes juga dapat mengonversi catatan ke banyak format lain, seperti PDF, JPEG, TXT, hingga Microsoft Word.

Samsung Galaxy Tab S6 Lite ini juga memiliki User Interface yang lebih intuitif. Dengan One UI 2.0 berbasis Android 10, navigasi tablet menjadi lebih nyaman. UI ini juga mendukung banyak fitur Android 10, seperti multitasking dengan layar terbagi atau tampilan pop-up. Mode ini cukup menarik karena Anda bisa bekerja dengan dua aplikasi sekaligus, tanpa harus repot.

Seperti Galaxy Tab S6, Galaxy Tab S6 Lite juga memiliki fitur AR Doodle yang menarik. Pengguna bisa berkreasi saat membuat video atau foto dengan efek tambahan atau informasi dengan nuansa berbeda dengan fitur ini. AR Doodle membuat konten lebih ceria. Selain AR Doodle, ada juga Screen of Memo. Inilah salah satu fitur andalan Samsung di mana Anda dapat menggunakan S Pen dan menulis catatan penting tanpa harus membuka layar kunci.

Untuk audio, Samsung juga sudah membekali dengan audio dari AKG. Tak hanya itu, Samsung juga menyematkan teknologi Dolby Atmos 3D Surround Sound. Dengan demikian, jika Anda menggunakan headset, kualitas suara yang Anda dengar akan semakin menakjubkan. Seperti Anda mendengarkan audio seperti di bioskop. Ini akan lebih terasa jika Anda menggunakan tablet untuk menikmati hiburan seperti film.