Pengertian dan Contoh Teks Laporan Percobaan

Contoh teks laporan percobaan merupakan hasil dari sebuah pengamatan. Teks tersebut bertujuan untuk memberikan informasi kepada para pembaca. Tentunya informasi dari hasil pengamatan tersebut sangat penting, agar para pengamat selanjutnya dapat memperbaiki kekurangan yang ada. Teks laporan ini ditulis secara mendetail mulai dari alat, bahan, langkah-langkah, hingga hasil akhir.

Pengertian Teks Laporan Percobaan

Teks laporan percobaan merupakan sebuah tulisan yang dimulai dari penjelasan tujuan, proses, hingga hasil percobaan. Teks ini dibuat oleh peneliti yang sudah melakukan pengamatan hingga akhir. Teks laporan ini biasanya digunakan untuk keperluan karya ilmiah atau laporan praktikum.

Tujuan utama dari teks ini, yaitu untuk memberikan informasi mengenai hasil percobaan secara mendetail. Teks laporan percobaan ini bersifat umum atau universal. Beberapa orang mengenalnya dengan istilah teks klasifikasi, karena memang sifatnya mengklasifikasikan sesuatu menurut suatu kriteria. 

Teks laporan percobaan hampir mirip dengan teks deskripsi, hanya saja teks laporan memiliki sifat yang universal, yang dapat membahas fenomena atau hal umum. Sedangkan teks deskripsi hanya membicarakan hal-hal khusus saja.

Model Teks Laporan Percobaan 

Ada beberapa model atau jenis teks laporan percobaan yang bisa Anda buat. Mulai dari yang sederhana hingga yang rumit. Berikut uraian penjelasannya:

Model Makalah

Contoh teks laporan percobaan dengan model ini, memiliki sistem penyusunan yang terstruktur. Mulai dari tujuan, kajian teori, alat dan bahan, cara kerja/prosedur, hasil pengamatan, pembahasan, kesimpulan, dan daftar pustaka. Model yang satu ini menjadi model yang cukup rumit, sama halnya dengan makalah ilmiah pada umumnya.

Model Sederhana

Laporan percobaan kedua yaitu model sederhana, yang menggunakan struktur lebih sedikit. Struktur utamanya yaitu laporan observasi, pernyataan umum, dan uraian. Pada uraian tersebut pembahasan akan semakin rinci, misalnya laporan percobaan pada binatang, kemudian dibagi menjadi penampilan, kebiasaan makan, kapasitas, dan cara berkembang biak.

Model Pengembangan/Pembuatan

Terakhir yaitu model pengembangan, strukturnya hampir sama dengan model makalah, hanya saja dibuat menjadi lebih sederhana. Poin-poinnya yaitu tujuan, alat dan bahan, langkah-langkah, hasil, dan simpulan akhir.

Struktur Teks Laporan Percobaan

Pengertian dan Contoh Teks Laporan Percobaan

Meskipun memiliki tiga jenis atau model laporan yang berbeda, namun laporan percobaan tetap memiliki satu struktur yang sama. Struktur ini harus ada di semua laporan, karena akan menentukan kelengkapan informasi yang disediakan. Berikut beberapa strukturnya:

  • Judul.
  • Tujuan.
  • Bahan dan alat.
  • Langkah-langkah/ Cara membuat/ Prosedur/ Cara kerja.
  • Hasil percobaan.
  • Simpulan.

Tujuan Teks Laporan Percobaan

Contoh teks laporan percobaan bertujuan untuk memberikan informasi kepada para pembaca, mengenai kegiatan uji coba yang sudah dilakukan. Berikut ini beberapa tujuan lain dari penulisan teks laporan tersebut:

  • Menjadi laporan pertanggung jawaban dari sebuah kegiatan (observasi atau pengamatan).
  • Memberitahukan dasar penyusunan untuk memecahkan masalah dalam pengamatan tersebut.
  • Memberikan sumber informasi yang faktual dan akurat.
  • Menjadi sarana dokumentasi dari kegiatan pengamatan.

Ciri-Ciri Teks Laporan Hasil Percobaan

Ciri-ciri teks laporan hasil percobaan berikut ini, juga menjadi komponen yang wajib ada di dalam laporan. Jika sudah memenuhi komponen ini, maka laporan yang dibuat bisa dibilang sempurna dan sesuai kaidah. Berikut uraiannya.

  • Melaporkan hasil uji coba/percobaan.
  • Percobaan dilakukan secara ilmiah, untuk menguji sesuatu bisa berupa benda dan hewan.
  • Teks laporan diawal dengan menjelaskan tujuan dari percobaan yang dibuat, agar pembaca bisa mengetahui awal mula percobaan tersebut dibuat.
  • Selanjutnya, teks harus menjelaskan secara detail bahan dan alat apa saja yang digunakan saat melakukan percobaan.
  • Lalu jelaskan prosedur atau langkah-langkah dalam melakukan percobaan.
  • Cantumkan juga catatan hasil pengamatan selama percobaan dilakukan.
  • Laporan diakhiri dengan pemaparan kesimpulan dari hasil akhir percobaan tersebut.
  • Sertakan juga hasil analisis yang dilakukan oleh pengamat.
  • Laporan harus bersifat objektif.
  • Laporan harus mengandung fakta ilmiah.
  • Harus ditulis sempurna sesuai dengan struktur teks laporan.
  • Tidak memasukan hal lain yang menyimpang.
  • Laporan disajikan secara menarik, terstruktur, menggunakan bahasa yang jelas dan baku, serta susunannya logis dan sesuai.

Kaidah Bahasa Teks Laporan Percobaan

Pengertian dan Contoh Teks Laporan Percobaan

Selain harus mengikuti syarat dan struktur wajib, contoh teks laporan percobaan juga harus menggunakan kaidah kebahasaan yang sesuai. Berikut uraian penjelasannya:

Menggunakan Sinonim dan Antonim

Pada umumnya teks laporan percobaan mengandung kata sinonim dan antonim. Sinonim yaitu persamaan kata, sedangkan antonim yaitu lawan kata. Penulis bisa menggunakannya pada bagian pemaparan tujuan, dan juga langkah-langkah percobaan.

Menggunakan Kata Bilangan

Kata bilangan pada laporan digunakan untuk menyebutkan jumlah bahan, tentunya kata bilang ini ditulis pada bagian alat dan bahan.

Menggunakan Kalimat Perintah

Kalimat perintah dalam teks laporan percobaan tentu menjadi hal yang utama. Contoh katanya yaitu tambahkan, campurkan, hindari, tuangkan, larutkan, gunakan, dan lain sebagainya.

Menggunakan Kata Hubung

Kaidah yang terakhir yaitu menggunakan kata hubung, kaidah yang satu ini juga berlaku untuk semua jenis teks. Contoh kata hubung yang bisa Anda gunakan yaitu kemudian, lalu, tetapi, jika, saat, sehingga, dan lain-lain.

Cara Membuat Teks Laporan Percobaan

Jika percobaan sudah selesai dilakukan, tentunya Anda harus membuat laporannya berupa teks terstruktur. Berikut adalah cara-cara untuk membuat contoh teks laporan percobaan:

Menulis Struktur Laporan

Langkah pertama yang harus ditulis, yaitu menuliskan struktur laporan untuk mengklasifikasikannya menjadi beberapa bagian tertentu. Langkah tersebut dimulai dari:

  • Menulis judul.
  • Menulis tujuan percobaan.
  • Menuliskan Alat serta bahan yang digunakan.
  • Menulis langkah dari awal sampai akhir proses percobaan.
  • Menuliskan hasil dan kesimpulan.

Tuliskan Hasil Percobaan

Menuliskan hasil percobaan tidak selalu harus dalam bentuk narasi. Agar lebih mudah dipahami, Anda bisa membuat bagan, tabel, atau gambar yang menunjukan langkah-langkah percobaan.

Kembangkan Kerangka Menjadi Teks

Jika sudah selesai menulis kerangka atau struktur laporan percobaan, maka penulis harus mengembangkannya menjadi sebuah teks. Cobalah uraikan semua kegiatan dari awal sampai akhir secara rinci. Jangan lupa juga untuk memperhatikan kaidah penulisannya.

Contoh Teks Laporan Percobaan dan Strukturnya

Pengertian dan Contoh Teks Laporan Percobaan

Agar Anda dapat memahami cara membuat teks laporan percobaan lebih dalam, berikut ini telah disajikan beberapa contoh teks laporan percobaan:

Contoh 1

Judul: Slime Tanpa Boraks

Tujuan : 

Tujuan dari pembuatan slime ini, yaitu untuk kreativitas dan inovasi baru. Selain itu, slime tanpa boraks juga dapat membuat penggunanya lebih aman ketika berkreasi. Proses pembuatannya cukup mudah dan tidak memerlukan biaya yang besar.

Alat dan Bahan :

  1. Lem (jenis povinal).
  2. Deterjen bubuk.
  3. Deterjen cair.
  4. Sabun pembersih lantai.
  5. Air biasa.
  6. Alat pengaduk (mixer).
  7. Wadah (baskom, mangkuk, dan lain-lain).

Langkah-Langkah :

  1. Pertama, campurkan lem, sabun lantai, deterjen cair dan bubuk, dengan air secukupnya pada wadah yang sudah disediakan. (campuran ini disebut activator)
  2. Aduk semua bahan sampai merata.
  3. Tambahkan kembali lem ke dalamnya.
  4. Aduk hingga teksturnya menggumpal.
  5. Jika sudah rata semuanya, masukan ke dalam freezer.
  6. Keluarkan adonan setelah 10 menit di dalam freezer.
  7. Aduk sampai tekstur enak untuk dimainkan.
  8. Slime siap dipakai.

Hasil :

Slime tanpa boraks berhasil dibuat, tekstur dan baunya juga tidak jauh dari slime kebanyakan. Slime ini lebih aman digunakan karena tidak mengandung bahan berbahaya. Slime yang saat ini beredar di pasaran dan banyak digunakan oleh anak-anak, yaitu slime dengan kandungan boraks yang berbahaya.

Kesimpulan :

Membuat slime sendiri dapat meningkatkan kreativitas dan wawasan pengetahuan. Selain itu biaya yang dibutuhkan cukup murah, slime ini aman untuk kulit karena tidak mengandung boraks.

Contoh 2

 Judul: Membuat Tinta Tidak Terlihat

Pada umumnya tinta berwarna hitam, putih, merah, dan beberapa warna lainnya. Sifatnya terlihat oleh mata dan biasanya digunakan untuk menulis. Namun pernahkah Anda melihat tinta tak terlihat? Kedengarannya menarik bukan? Anda bisa membuatnya dengan bahan-bahan yang mudah didapat. Tinta ini bisa digunakan untuk menyampaikan pesan rahasia kepada seseorang.

Alat dan Bahan:

  1. Lemon segar dengan ukuran bebas.
  2. Air secukupnya.
  3. Sendok makan.
  4. Mangkuk.
  5. Cotton Bud beberapa tangkai.
  6. Satu Lembar Kertas Putih.
  7. Lampu Bohlam.

Cara Membuatnya:

  1. Peras lemon dan masukan air perasannya ke dalam mangkuk, tambahkan beberapa tetes air juga ke dalamnya.
  2. Aduk campuran air lemon menggunakan sendok makan.
  3. Celupkan cotton bud ke dalam air.
  4. Tulis pesan yang ingin disampaikan di atas kertas menggunakan cotton bud tadi.
  5. Tunggu hingga air lemon mengering dan tulisan tidak terlihat lagi.
  6. Anda bisa membaca pesan dengan memanaskan kertas, dekatkan saja kertasnya ke lampu bohlam yang menyala.

Hasil Akhir:

Setelah mengikuti beberapa langkah di atas, Anda akan berhasil menghasilkan tinta tak terlihat, yaitu dari air lemon. Anda bisa menyampaikan pesan kepada teman secara rahasia, tanpa diketahui oleh orang lain yang belum mengerti cara melihat tulisannya. Campuran tinta tak terlihat ini merupakan sebuah reaksi kimia dari air, lemot, dan suhu panas.

Kesimpulan

Air lemon adalah senyawa organik, yang dapat teroksidasi sehingga warnanya berubah jadi coklat saat terkena panas. Cairan tersebut membuat tulisan akan sulit untuk dilihat. Maka dari itu, tidak akan ada seorang pun yang bisa membaca pesan Anda. Kecuali saat Anda mendekatkannya pada lampu bohlam yang menyala.

Zat lain yang bisa bereaksi seperti itu antara lain air jeruk, madu, air bawang, anggur, cuka, dan susu. Dari beberapa bahan tersebut, Anda bisa membuat tinta tak terlihat menggunakan metode yang sama.

Contoh 3

Judul: Membuat Taplak Meja dari Kain Perca

Taplak meja menjadi benda yang sangat penting untuk membuat meja terlihat bersih, rapi, dan indah dilihat. Anda bisa mendapatkan taplak meja ini dengan mudah dimana saja, namun pernahkah Anda mencoba membuatnya sendiri? Hal ini akan membuat pengeluaran lebih berkurang, karena bahan-bahannya cukup terjangkau.

Tujuan:

Pembuatan taplak meja, bertujuan untuk memanfaatkan barang layak yang sudah tak terpakai. Sehingga akan lebih bernilai dan bermanfaat, orang yang membuatnya juga bisa lebih produktif.

Alat dan Bahan:

  1. Kain perca kurang lebih 1-2 meter.
  2. Jarum jahit.
  3. Benang berwarna tertentu.
  4. Pensil, gunting, dan kertas.
  5. Jangka.

Langkah-Langkah Pembuatan:

  1. Gambar sketsa atau pola di atas kertas menggunakan jangka, atur diameternya 8 cm kemudian gunting sesuai pola.
  2. Tempelkan kertas berpola pada kain perca, jiplak dan gunting kain sesuai dengan pola.
  3. Ulangi pengguntingan kain hingga mencapai 60 bulatan.
  4. Jahit bagian pinggirnya, tarik lalu ditali. 
  5. Ulangi pada 60 bulatan kain tersebut.
  6. Rangkain semua bulatan tersebut membentuk taplak meja.
  7. Jika sudah membentuk pola, jahit lagi bulatan tersebut sampai semuanya menyatu.
  8. Rapikan jahitan tersebut.
  9. Taplak siap digunakan.

Hasil:

Taplak meja hasil buatan tangan sendiri sudah dapat digunakan di meja mana saja. Anda juga bisa mengembangkan keterampilan ini menjadi usaha kecil-kecilan. Taplak model ini cocok digunakan di ruang tamu maupun di ruang makan.

Kesimpulan:

Membuat taplak meja dari bahan kain perca tidak sulit, asalkan dilakukan dengan tekun dan teliti. Kegiatan ini dapat mengasah keterampilan Anda dalam berkreasi, sehingga akan muncul ide-ide lain untuk membuat pola taplak meja yang baru. Anda juga jadi bisa lebih berhemat dalam pengeluaran, karena pembuatan taplak meja ini tidaklah memakan banyak biaya.

Contoh 4

Judul: Membuat Kotak Pensil dari Kayu Bekas

Kayu adalah bahan dari alam yang memiliki nilai tinggi, manfaatnya sangat banyak bagi manusia. Bisa diproduksi sebagai furniture rumah, kertas, bahkan bisa menjadi material dasar dari sebuah rumah. Kayu juga memiliki nila dan harga tinggi untuk digunakan secara khusus dalam produksi. (Kamus Istilah Lingkungan, 1994)

Kerajinan kayu menjadi bahan kemasan, yang digunakan untuk memenuhi kebutuhan para konsumen. Ada beberapa kayu yang memiliki ketahanan kuat, sehingga tidak mudah patah meskipun sudah bertahun-tahun lamanya. Di Indonesia, kayu belum dimanfaatkan secara maksimal. Padahal ada banyak kayu bekas terbengkalai, yang sebenarnya masih bisa di daur ulang.

Bisnis dari kerajinan kayu, merupakan sebuah penghargaan juga untuk menjual keahlian para pengrajin. Tidak mudah untuk terjun di dunia bisnis kayu, karena harus bisa menyesuaikan pasokan kayu dengan keseimbangan alam. Sebagai pemanfaatan sumber daya alam, Anda bisa membuat beberapa benda kecil dari kayu, seperti kotak pensil misalnya. Caranya pun sangat mudah, ikuti beberapa langkah di bawah ini. 

Alat dan Bahan:

  1. Ranting kayu beberapa buah.
  2. Lem kayu.
  3. karton bekas kemasan minuman 1 liter.
  4. Triplek.
  5. Palu.
  6. Paku kecil.
  7. Cat akrilik.

Cara Membuat:

  1. Potong ranting-ranting kayu hingga berukuran 10-15 cm. 
  2. Oleskan lem kayu pada permukaan karton bekas kemasan minuman.
  3. Letakan potongan ranting di semua permukaan karton secara vertikal.
  4. Pastikan ranting menempel dengan kuat pada karton.
  5. Buat tatakan dari triplek sebagai dasar.
  6. Rekatkan dengan paku dan palu.
  7. Pastikan semua komponen terpasang rapi dan kuat.
  8. Warnai sesuai keinginan.
  9. Kotak pensil siap digunakan.

Hasil:

Kotak pensil kayu yang sudah berhasil dibuat akan bermanfaat untuk mewadahi berbagai alat tulis. Cara membuatnya pun cukup mudah, kotak pensil ini akan kuat digunakan hingga bertahun-tahun, asalkan proses pembuatannya sudah benar.

Kesimpulan:

Kotak pensil kayu lebih unik dari kotak pensil pada umumnya, juga lebih ramah lingkungan. Kreativitas pun akan terasah lebih dalam saat membuat kotak ini. Bagi siapapun yang memakainya, pasti akan terlihat memiliki jiwa seni yang tinggi.

Beberapa contoh teks laporan percobaan tersebut, sudah mencakup berbagai model. Mulai dari model makalah hingga model yang paling sederhana. Anda tinggal menyesuaikannya saja, model laporan mana yang memudahkan Anda.