Tips Menjawab Pertanyaan Tentang Motivasi Melamar Kerja

Motivasi Melamar Kerja – Ada banyak hal yang akan ditanyakan kepada Anda saat melamar pekerjaan. Salah satunya adalah tentang motivasi melamar kerja. Kebanyakan orang sendiri akan menyepelekan hal tersebut. Padahal, agar dapat lolos dan diterima di pekerjaan tersebut sangat penting untuk memberikan jawaban yang terbaik.

Tips Menjawab Motivasi Melamar Kerja

Agar tidak salah menjawab saat ditanya mengenai motivasi apa saat melamar sebuah pekerjaan, maka ada baiknya Anda mengetahui beberapa tipsnya terlebih dahulu. Di bawah ini beberapa tips yang bisa diketahui:

  • Jawab pertanyaan dengan jujur

Perlu diketahui bahwa kunci utama dapat menjawab pertanyaan tentang motivasi tersebut adalah dengan mengatakan sejujur-jujurnya. Jangan sampai Anda menjawab dengan berbohong. Terlebih saat memberikan keterangan tertentu.

Tips Menjawab Pertanyaan Tentang Motivasi Melamar Kerja
motivasi melamar kerja

Apabila HRD mengetahui Anda berbohong, tentu saja hal ini akan berdampak buruk pada karir kedepannya. Oleh karena itu, ada baiknya untuk tidak berbohong sama sekali saat menjawabnya.

  • Beri jawaban yang relevan

Saat menjawab pertanyaan mengenai motivasi kerja, ada baiknya Anda tetap memberikan jawaban yang relevan. Meskipun Anda termotivasi oleh banyak faktor. Akan tetapi, ada baiknya untuk tetap menjawabnya dengan yang paling relevan saja.

Pasalnya, apabila Anda memberikan jawaban yang tidak sesuai dengan syarat maka bisa saja akan ditolak. Oleh karena itu, Anda juga perlu memilih bidang yang sesuai dengan minat. Dengan begitu, akan lebih relevan mengapa Anda menyukai pekerjaan tersebut.

  • Berikan motivasi positif dengan antusias

Ada baiknya Anda menjawab pertanyaan tersebut dengan sangat antusias. Pastikan juga untuk memberikan nada positif sehingga Anda akan memiliki kesempatan untuk bekerja di perusahaan tersebut.

Pasalnya, setiap perusahaan tentu menginginkan karyawan yang selalu dapat berpikir positif dan terus antusias dalam melakukan pekerjaannya. Hal ini dapat dicerminkan dalam menjawab pertanyaan yang diajukan. Oleh karena itu, pastikan jawaban Anda diberikan dengan antusias.

Dengan menjawab memakai cara ini, maka akan memberikan kesan yang baik pada diri Anda. Pastikan untuk menghindari jawaban dengan nada yang biasa-biasa saja. Hindari juga cara bicara yang lemas karena hanya akan mengurangi penilaian Anda sebagai pelamar pekerjaan.

  • Berikan jawaban secara spesifik

Langkah selanjutnya dalam menjawab pertanyaan adalah dengan memberi jawaban yang cukup spesifik. Anda bisa menunjukkan satu atau lebih motivasi yang diinginkan. Tidak hanya itu, tidak ada salahnya untuk membagikan pengalaman agar dapat memberikan dampak positif pada pekerjaan.

Hal ini nantinya juga akan menambah kredibilitas Anda dalam menjawab pertanyaan. Pasalnya, semakin spesifik serta semakin dapat menjaga jawaban dengan ringkas tentu jauh lebih baik.

  • Hindari memberikan kesan angkuh

Dalam menjawab pertanyaan dengan motivasi, Anda juga perlu menghindari menjawab pertanyaan dengan angkuh. Pada dasarnya memang bagus apabila ingin membanggakan diri dan memberikan motivasi saat bekerja.

Tips Menjawab Pertanyaan Tentang Motivasi Melamar Kerja

Hanya saja, ada baiknya Anda lebih menjaga image sehingga hindari untuk memberikan kesan angkuh terutama membanggakan diri sendiri. Tentu saja, hal ini juga akan membuat Anda memiliki kesan yang begitu negatif.

  • Kaitkan dengan visi dan misi perusahaan

Hal yang tidak kalah penting dalam menjawab pertanyaan ini adalah dengan mengaitkannya pada visi dan misi perusahaan yang Anda lamar pekerjaannya. Dengan begitu, pihak perusahaan tentu akan lebih tertarik untuk mengajak Anda bekerja di perusahaan tersebut.

Selain itu, Anda juga bisa menunjukkan bukti kuat mengenai jawaban yang diberikan. Salah satunya dapat dilakukan dengan menceritakan pencapaian yang sudah berhasil dilakukan dalam bidang yang diminati tersebut.

Itulah beberapa tips yang bisa Anda terapkan mengenai pertanyaan motivasi melamar kerja. Pastikan untuk menjawabnya dengan yakin. Jangan sampai memberikan jawaban asal-asalan karena tentu kemungkinan diterima akan semakin kecil adanya.