Cara Ampuh Untuk Mengatasi RAM Sering Penuh di Android

Cara Ampuh Untuk di Android – Masyarakat yang hidup di jaman modern ini tentu saja sudah tidak lagi asing dengan sebuah perangkat yang bernama smartphone. Pasalnya smartphone terutama yang bersistem operasi Android sangatlah populer dan telah digunakan oleh banyak orang. Meskipun memiliki fungsi utama sebagai alat komunikasi, namun smartphone Android juga telah bisa digunakan untuk melakukan berbagai macam hal yang lainnya mulai dari bermain game hingga untuk melakukan transaksi bisnis.

Seperti yang telah Anda ketahui bahwa smartphone tersusun atas berbagai macam hardware atau perangkat keras yang masing-masing memiliki peran yang berbeda, salah satunya adalah RAM atau Random Access Memory. RAM sendiri berfungsi sebagai memori yang bersifat sementara di mana di dalamnya berisi data aplikasi yang sedang berjalan. RAM yang penuh akan bisa membuat kinerja smartphone menjadi lambat sehingga sangatlah mengganggu, berikut ini akan kami ulas cara ampuh untuk mengatasi RAM yang sering penuh di Android.

Cara Mengatasi RAM Sering Penuh

  1. Hentikan Aplikasi Secara Paksa

Salah satu cara yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi RAM yang sering penuh di Android adalah dengan menghentikan aplikasi secara paksa. Perlu diketahui bahwa banyaknya aplikasi yang berjalan bersamaan di latar belakang akan membuat RAM cepat penuh dan menjadikan kinerjanya menjadi lambat, oleh karena itulah maka Anda bisa menghentikan aplikasi yang masih berjalan di latar belakang.

  1. Pindahkan Aplikasi ke Memori Eksternal

Jika kinerja smartphone Android menjadi lambat karena RAM yang penuh, maka Anda bisa mengatasinya dengan memindahkan aplikasi ke memori eksternal. Sebenarnya cara yang satu ini tidak terlalu berhubungan dengan penuhnya RAM, namun cara ini akan bisa Anda jadikan sebagai alternative untuk menghemat ruang penyimpanan internal sehingga akan membuat kinerja smartphone meningkat.

  1. Menghapus Aplikasi Yang Tidak Digunakan

Cara selanjutnya yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi RAM yang penuh di smartphone Android adalah dengan menghapus aplikasi yang sudah tidak pernah Anda gunakan. Cara yang satu ini sangatlah efektif untuk membuat RAM smartphone menjadi lebih lega, selain itu menghapus aplikasi yang tidak digunakan juga akan bisa meningkatkan kapasitas ruang penyimpanan.

  1. Membersihkan Cache Secara Rutin

Seperti yang Anda ketahui bahwa cache yang lama dibiarkan akan menumpuk dan bisa menimbulkan berbagai macam masalah, salah satunya membuat kinerja smartphone melambat karena RAM yang penuh. Untuk itulah maka Anda harus membersihkan cache secara rutin agar tidak menumpuk sehingga akan membuat RAM menjadi lebih lega dan mampu meningkatkan kinerja smartphone.

  1. Menggunakan Aplikasi Booster

Cara kelima yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi RAM yang penuh di Android adalah dengan menggunakan aplikasi booster. Perlu diketahui bahwa aplikasi booster memiliki fungsi utama untuk meningkatkan fungsi RAM agar lebih optimal sehingga membuat kinerja smartphone menjadi lebih cepat, Anda telah bisa menemukan berbagai macam aplikasi booster di Play Store.

Jika Anda sering mengalami masalah RAM yang penuh di Android, maka Anda bisa mengatasinya dengan beberapa cara yang ada di atas.