Karya Seni Rupa Murni Yaitu… Kenali Selengkapnya Disini

Karya seni rupa murni yaitu sebuah hasil tangan yang memiliki esensi seni, misalnya lukisan dan gambar. Ada banyak hal yang harus Anda ketahui untuk dapat memahami seni rupa murni sepenuhnya. Hal tersebut meliputi jenis-jenis, fungsi, dan contoh. Untuk lebih jelasnya, mari simak semua penjelasan berikut.

Pengertian Seni

Seni adalah sesuatu yang diciptakan dari hasil pemikiran manusia, yang memiliki nilai keindahan. Bahkan dapat membangkitkan perasaan bahagia, bagi seseorang yang memiliki jiwa seni tinggi. Ilmu tentang seni memiliki banyak cabang, salah satu cabang ilmunya yang paling populer yaitu seni rupa.

Mungkin Anda sudah tidak asing lagi ketika mendengar istilah seni rupa. Karya ini memang salah satu dari bagian seni yang paling sering dijumpai orang-orang. Bahkan seni rupa ini ada dan hidup berdampingan dengan manusia, fungsinya sangat banyak untuk menunjang kehidupan ini.

Pengertian Seni Rupa Murni

Seni rupa murni yaitu sebuah cabang dari ilmu seni, yang mana hasil karyanya cenderung fokus pada keindahan untuk dinikmati saja, bisa juga berupa ekspresi jiwa seseorang seperti lukisan. Proses pembuatan seni rupa murni ini, tentu hanya fokus untuk menciptakan sesuatu yang indah untuk dipandang.

Karya seni rupa murni tidak mementingkan nilai-nilai praktis, yang bisa menunjang hidup manusia. Karya dari seni ini memiliki keindahan yang tinggi dalam pembuatannya. Meskipun hanya berfungsi sebagai hiasan saja, namun seseorang dengan jiwa seni yang tinggi bisa merasakan kenikmatan saat memandangnya.

Seni rupa murni merupakan kebalikan dari seni rupa terapan, yang fungsinya lebih condong ke fungsi praktis. Karya seni rupa terapan harus memiliki manfaat untuk kehidupan manusia, seperti pembuatan rumah dengan nilai seni yang tinggi. Rumah tersebut bisa dibilang memiliki fungsi praktis.

Sejarah Seni Rupa Murni

Karya Seni Rupa Murni Yaitu... Kenali Selengkapnya Disini

Seni rupa murni ini sebenarnya sudah ada sejak zaman prasejarah, ketika orang-orang zaman dahulu membuat gambar menggunakan tinta alami dari getah pohon. Mereka menggambarnya menggunakan jari, kemudian menempelkannya ke batu yang datar atau media lain yang memiliki permukaan datar.

Hal tersebut merupakan contoh karya sederhana yang ada pada zaman dulu. Setelah dunia ini mengalami revolusi dan modernisasi, seni rupa mengalami perkembangan yang cukup pesat. Karyanya pun semakin bertambah dan tidak hanya lukisan, beberapa diantaranya yaitu ukiran yang dibuat pada media kayu.

Dari contoh tersebut, dapat disimpulkan bahwa karya seni rupa murni sudah ada sejak dahulu. Hal tersebut menunjukan bahwa hakikat seni berkaitan erat dengan hal indah dan menarik, juga sangat berkaitan dengan kehidupan manusia.

Fungsi Seni Rupa Murni

Menurut pengertian seni rupa murni, maka bisa disimpulkan bahwa fungsinya hanyalah sebagai hiasan saja. Namun ternyata tidak hanya itu, seni yang satu ini memiliki banyak peran dalam kehidupan manusia. Nilai-nilai seninya tidak bisa digantikan oleh apapun, sehingga membuat kehidupan semakin berwarna.

Jika ingin mengetahui fungsi seni rupa murni lebih lanjut, simak uraian lengkap berikut ini:

Fungsi sebagai sarana komunikasi

Fungsi pertamanya yaitu sebagai sarana komunikasi, sejak dahulu karya seni memang menjadi media komunikasi yang paling mudah. Orang-orang bisa menyampaikan pesan melalui sebuah karya seni. Umumnya sebuah karya seni menjadi bahasa universal, yang pesannya dapat diterima oleh semua orang.

Pesan tersebut bisa dibuat secara tersurat maupun tersirat, salah satu contohnya yaitu wayang. Zaman dahulu keberadaan wayang digunakan untuk menyampaikan pesan, melalui hiburan yang diadakannya. Seorang dalang memerankan dan mengisi suara dari wayang, biasanya pesan yang disampaikan selalu mengenai keagamaan.

Seni sebagai kebutuhan emosional

Fungsi selanjutnya, yaitu sebagai pemenuh kebutuhan emosional manusia. Karya seni rupa murni yaitu hasil kerja manusia, yang memiliki nilai-nilai keindahan. Tidak hanya digunakan sebagai sarana komunikasi, kebutuhan emosional seseorang pun bisa terpenuhi dengan adanya nilai-nilai keindahan pada sebuah karya.

Hal tersebut biasanya meliputi sifat asli manusia yaitu marah, senang, sedih, malas, bimbang, khawatir, dan lain-lain. Peran penting dari karya seni ini, yaitu sebagai sarana untuk membuat perasaan manusia menjadi bergejolak atau tidak stabil. 

Bisa saja setelah melihat sebuah karya, seseorang jadi merasa sedih atau senang. Bahkan tidak jarang seseorang merasakan nyaman, sehingga ingin terus memandangi sebuah karya seni rupa murni.

Seni rupa sebagai sarana edukasi

Fungsi yang tidak kalah penting, yaitu sebagai sarana pendidikan bagi seseorang. Hal ini bisa terjadi karena sebuah karya seni mampu menyampaikan informasi, baik itu secara tersirat maupun tersurat. Perlu Anda ketahui, bahwa karya seni sudah dijadikan sarana edukasi sejak zaman dahulu.

Karya seni bisa dijadikan media pembelajaran untuk segala usia, mulai dari balita hingga lansia. Misalnya hasil karya seni boneka, yang kemudian diperankan oleh seseorang dan menyampaikan pesan edukasi. Tujuan dari pesan tersebut adalah untuk memperbaiki diri sendiri sebagai manusia, agar memiliki perilaku yang baik.

Sarana pemenuhan kebutuhan fisik manusia

Fungsi lain dari seni rupa, yaitu sebagai pemenuh kebutuhan fisik manusia. Dalam beberapa hal, manusia tentunya memerlukan kehadiran seni rupa dalam hidupnya. Misalnya sebuah dinding rumah yang kosong, memerlukan sebuah lukisan sehingga terlihat lebih indah dan nyaman untuk dihuni.

Selain itu, seni rupa terapan juga tidak kalah penting dalam kehidupan manusia. Misalnya keberadaan piring, kursi, meja, dan lain-lain sangatlah menunjang kehidupan manusia. Hal inilah yang dijadikan alasan mengapa seni bisa memenuhi kebutuhan fisik manusia. 

Fungsi seni rupa sebagai sarana peribadatan

Nilai-nilai seni juga tidak bisa lepas dari agama atau peribadatan, sejak dahulu kala orang-orang sudah memadukan seni dengan agama. Hal ini bertujuan untuk memudahkan umat, agar lebih dekat dengan Sang Pencipta. Ada banyak sekali contoh yang bisa digunakan dalam fungsi ini.

Misalnya pembuatan masjid sebagai sarana ibadah umat Islam, di dalamnya tidak lepas dari karya seni berupa kaligrafi dan lain-lain. Kuil dan Vihara sebagai sarana ibadah umat Hindu dan Budha. Tidak lupa juga berbagai Candi dengan nilai seni tinggi, yang digunakan untuk sembahyang beberapa umat beragama.

Dari beberapa pemaparan mengenai fungsi-fungsi seni rupa tersebut, bisa disimpulkan bahwa kehidupan manusia tidak lepas dari karya seni. Hal tersebut senantiasa berkembang, seiring dengan perkembangan zaman yang mengubah hidup manusia. 

Fungsi Seni Rupa Murni Secara Umum

Karya Seni Rupa Murni Yaitu... Kenali Selengkapnya Disini

Jika diperhatikan dari pengertiannya, sebuah karya seni rupa murni memiliki fungsi yang cukup komplek. Di dalamnya sangat berkaitan dengan kehidupan manusia, entah itu dari segi praktis maupun emosi mental. Karya seni mampu menumbuhkan rasa bahagia dalam diri seseorang, dengan nilai keindahannya yang tinggi.

Tidak hanya menjadikan seseorang bahagia, karya seni juga bisa membuat suatu hal menjadi lebih indah. Misalnya rumah yang diberi banyak lukisan, hal tersebut bisa membuat penghuninya selalu merasakan kebahagiaan akan karya seni yang hakiki. 

Selain itu, seni rupa murni juga mampu menjadi sarana komunikasi yang handal. Para penikmat seni pasti akan selalu mencari makna dari sebuah karya, karena akan selalu ada pesan tersirat maupun tersurat di dalamnya. Dunia pendidikan juga bisa memanfaatkan karya seni sebagai media edukasi.

Fungsi dari segi sosial juga tidak kalah penting, ketika seseorang melihat karya seni yang menarik dan indah, maka mereka biasanya akan mencari siapa penciptanya. Dari sanalah apresiasi mulai berkembang, bahkan pencipta karya tersebut bisa diberi penghargaan dan semakin semangat untuk membuat karya.

Jenis-jenis Seni Rupa Murni Berdasarkan Wujudnya

 

Karya seni rupa murni yaitu memiliki jenis-jenis tersendiri, salah satunya bisa dibedakan berdasarkan bentuk atau wujudnya. Umumnya terbagi menjadi dua, yaitu seni rupa dua dimensi dan tiga dimensi. Perbedaan tersebut juga dapat dilihat dari proses pembuatannya.

Berikut penjelasan selengkapnya:

Seni rupa 3 dimensi

Seni rupa tiga dimensi memiliki unsur pembentuk yang terdiri dari panjang, lebar, dan tinggi. Hasil karyanya pun akan memiliki volume, sehingga tampak seperti benda hidup. Adanya volume tersebut, juga bisa menjadikan karya seni ini terlihat indah dari sisi manapun.

Tingkat kesulitan pembuatan seni tiga dimensi ini memang lebih rumit, seniman harus fokus agar hasilnya simetris dan tetap indah. Karya seni tiga dimensi yang paling banyak dikenal, yaitu patung dan ukiran. Coba Anda lihat beberapa patung terindah di dunia, bukankah bentuknya sangat cantik saat dilihat dari sisi manapun?

Seni rupa 2 dimensi

Selanjutnya yaitu karya seni rupa murni dua dimensi, pasti Anda sudah bisa menebaknya. Karya ini hanya memiliki sisi lebar dan pajang saja, sehingga tidak memiliki volume. Dengan begitu, sudah jelas bahwa karya seni ini hanya bisa dilihat dari satu sisi saja. 

Meski begitu, bukan berarti karya seni dua dimensi menjadi tidak menarik. Banyak seniman yang berhasil menyulap sebuah kanvas, menjadi harta karun di dalamnya. Artinya, mereka berhasil membuat karya lukisan yang indah dan digemari oleh semua orang.

Hal tersebut bisa terjadi tentunya karena kreativitas para seniman yang tanpa batas. Masih banyak orang yang menggemari dan memberikan apresiasi penuh terhadap para pelukis. Selain lukisan, ada juga contoh karya seni dua dimensi lainnya seperti poster, gambar grafis, gambar visual, dan masih banyak lagi.

Contoh Seni Rupa Murni

Karya Seni Rupa Murni Yaitu... Kenali Selengkapnya Disini

Pembahasan terakhir yaitu contoh dari seni rupa murni, sebuah karya seni rupa murni yaitu memiliki berbagai contoh yang bisa Anda lihat. Jika sudah memahami beberapa contoh tersebut, Anda akan semakin mudah untuk membedakan satu sama lain.

Berikut ini merupakan contoh seni rupa murni:

Relief

Relief adalah sebutan untuk gambar atau lukisan, yang memiliki tampilan tiga dimensi atau trimatra, dan berada di atas bidang dua dimensi atau dwimatra. Biasanya relief bisa Anda lihat pada tugu-tugu peringatan, atau candi bersejarah. Umumnya relief berisi diorama, juga memiliki nilai sejarang yang tinggi.

Patung

Contoh selanjutnya, yaitu patung yang merupakan ekspresi dari jiwa dan wujud asli manusia. Seniman yang membuat patung membuatnya menjadi bentuk tiga dimensi. Hal tersebut untuk membuat karya patung lebih indah, biasanya patung dibuat dengan bentuk hewan, manusia, buah, dan lain-lain.

Indonesia sendiri memiliki banyak patung yang sangat indah, juga banyak nilai sejarang yang dikandungnya. Misalnya patung-patung yang berada di candi borobudur, pura, dan tempat bersejarah lainnya.

Lukisan

Anda pasti sudah tidak asing lagi dengan karya seni lukisan, seniman menggoreskan cat sesuai naluri, sehingga terciptalah sebuah lukisan yang indah. Umumnya lukisan dibuat di atas media kanvas, tapi kini sudah banyak media lain yang bisa dibuat untuk melukis.

Para seniman terkenal bahkan bisa menjual hasil karyanya dengan harga milyaran. Hal tersebut karena lukisan bukan hanya sekedar karya yang dipajang di dinding, tapi memiliki nilai seni dan meningkatkan perasaan dalam diri manusia.

Seni lukis menjadi salah satu karya seni rupa murni, yang masih memiliki banyak peminat. Tidak heran jika hingga kini masih banyak pameran yang menampilkan lukisan, juga banyak orang yang hendak memberikan apresiasi terbaiknya. Salah satu lukisan yang paling terkenal sejak dulu, yaitu lukisan Monalisa.

Anda pasti sudah pernah melihat lukisan ini tersebar dimana-mana. Leonardo Da vinci membuat lukisan Monalisa sejak ratusan tahun lalu, tapi lukisan itu masih terkenal hingga sekarang. Hal inilah yang dinamakan nilai seni dari sebuah lukisan, yang bukan hanya sekedar pajangan dinding saja.

Seni Grafis

Karya seni rupa murni yaitu salah satunya seni grafis, karya ini juga merupakan bagian dari seni rupa terapan. Fungsi dari karya ini yaitu digunakan untuk sarana ilustrasi, maka bisa juga disebut sebagai fungsi praktis untuk kehidupan manusia. Namun jika hasil grafisnya hanya digunakan sebagai hiasan, maka ia masuk ke dalam kategori seni murni.

Karya seni ini memiliki jenis dua dimensi, dengan media utama yaitu kertas. Teknik pembuatannya yaitu cetak atau printing, perkembangannya semakin pesat saat ini. Anda bisa mendesain seni grafis melalui software di dalam komputer, kemudian langsung mencetaknya.

Dahulu seni grafis masih dibuat dengan cara manual, yaitu menggunakan tangan dan digambar manual. Dengan adanya mesin cetak, kini pembuatan seni grafis semakin mudah. Contoh dari karya seni grafis yaitu stempel, banner, poster, dan lain-lain.

Seni Fotografi

Seni fotografi kini sedang banyak disenangi oleh orang-orang, hal tersebut seiring dengan kemunculannya berbagai perangkat kamera yang modern. Namun tidak sedikit juga orang-orang yang memilih untuk menggunakan kamera jadul. Hasil fotonya akan terlihat lebih vintage dan retro, sehingga terlihat seperti foto jaman dulu.

Kaligrafi

Kaligrafi menjadi hasil karya seni murni yang memiliki fungsi untuk peribadatan. Biasanya memang hanya menjadi pajangan saja, namun umat beragama selalu yakin bahwa ruangan yang dipajang kaligrafi akan memiliki kekuatan tersendiri. Hal inilah yang membuat Anda tidak boleh menyepelekan karya seni rupa murni.

Topeng

Topeng menjadi seni rupa murni yang bisa dipajang di dinding, topeng ini juga digunakan sebagai properti tari dan kebutuhan lainnya. Indonesia memiliki banyak topeng tradisional, begitu juga dengan topeng dari luar negeri  yang biasa digunakan untuk pesta dansa. 

Mozaik

Mozaik adalah seni rupa murni yang dibuat dari pecahan atau potongan kecil keramik, kaca, atau batu. Seniman mozaik bisa membuat serpihan tersebut menjadi sebuah karya yang indah. Karya ini bisa disebut sebagai karya seni rupa murni ketika digunakan sebagai hiasan di suatu tempat.

Ukiran

Contoh karya seni rupa murni yang terakhir, yaitu ukuran batu atau kayu yang memiliki nilai keindahan. Ukiran masuk ke kategori karya seni tiga dimensi, biasanya membentuk bunga atau manusia. Bahkan beberapa seniman kini bisa membuat ukiran dari kaca dan es batu raksasa.