Contoh Surat Pengalaman Kerja Serta Fungsi Pentingnya

Contoh surat pengalaman kerja – Surat pengalaman kerja adalah sebuah dokumen penting yang akan menjadi bukti seseorang calon pegawai yang hendak ingin melamar pekerjaan. Dengan surat tersebut, perusahaan yang merekrut nya juga akan bisa melihat sejauh mana kapasitas dari referensi tempat kerja yang sebelumnya. 

Dengan surat pengalaman kerja, akan kelihatan apakah calon karyawan tersebut keluar dari perusahaan sebelumnya secara benar atau tidak. Surat keterangan bekerja dikeluarkan oleh perusahaan untuk karyawan yang di-phk ataupun mengundurkan diri tanpa melakukan pelanggaran terhadap aturan yang ada.

Selain merupakan sebuah bentuk apresiasi, surat pengalaman ini menjadi persyaratan untuk mencairkan BPJS ketenagakerjaan.

Seorang karyawan yang statusnya non aktif akan dimungkinkan untuk memperoleh hak dari potongan gaji selama bekerja di perusahaan dan akan dikembalikan kepada pegawai tersebut. Membuat surat pengalaman kerja ini secara sah, tidak bisa oleh si karyawan, melainkan dibuat oleh pihak perusahaan.

Informasi Contoh Surat Pengalaman Kerja Diterbitkan Siapa?

Contoh Surat Pengalaman Kerja Serta Fungsi Pentingnya

Surat pengalaman kerja yang sah serta diakui, hanya dapat dicetak dan dikeluarkan oleh perusahaan. Dalam hal ini, yang membuatnya adalah divisi human resources development dan ditandatangani serta distempel oleh kepala bagian terkait. 

Akan tetapi, sebelum karyawan mengajukan surat ini, harus dipastikan keluar secara baik-baik tanpa melanggar kontrak atau perjanjian. Contohnya saja, karyawan mengundurkan diri saat masa perjanjian kontrak maupun ikatan dinas yang sudah disepakati oleh kedua belah pihak.

Atau bisa juga, terjadi permasalahan internal yang yang dianggap akhirnya melanggar regulasi serta merugikan pihak perusahaan. Sementara, karyawan tersebut memilih untuk undur diri akan tetapi melanggar kontrak yang hanya. Maka kondisi tersebut kemungkinan besar akan membuat perusahaan keberatan bahkan menolak untuk membuatkan surat pengalaman kerja.

Walaupun surat tersebut adalah hak yang harus didapatkan oleh karyawan, namun perusahaan juga akan melihat berbagai aspek. Mulai dari etos kerja, etika, dan kesepakatan yang sudah dibuat sebelumnya. Kalau tidak terdapat masalah, akan tetapi perusahaan tetap menolak untuk mengeluarkan surat keterangan kerja, maka hal ini bisa digugat ke pengadilan negeri.

Akan tetapi, tentu biaya dan waktu yang akhirnya dikeluarkan untuk mengajukan gugatan ini pasti besar. Belum lagi, Anda juga akan terancam kehilangan reputasi di perusahaan baru karena melakukan gugatan terhadap tempat bekerja sendiri.

Cara yang benar dan memang harus dilakukan pihak perusahaan maupun karyawan, adalah menjalin hubungan baik di antara keduanya. Perusahaan sehat, pasti tidak akan ragu-ragu untuk mengeluarkan surat keterangan kerja dan rekomendasi apabila memang karyawan tersebut keluar secara baik.

Komponen Yang Terdapat Dalam Surat Keterangan Kerja

Informasi contoh surat pengalaman kerja penting bagi yang sedang mencarinya, beserta poin yang ada di dalamnya. Ada sejumlah komponen yang harus tersedia di surat pengalaman bekerja ini. Walaupun pencetakan adalah mutlak hak dari perusahaan, sebaiknya Anda paham juga tentang komponen yang ada di dalam surat keterangan kerja.

  • Identitas Karyawan

Karena sifatnya personal, komponen yang wajib ada tentu adalah identitas karyawan. Data-datanya mulai dari nomor induk karyawan, nama lengkap, jabatan sekarang, juga departemennya. Informasinya ini bisa dibilang opsional dan dapat tergantung juga dari format yang ditetapkan oleh perusahaan. 

  • Lamanya Masa Kerja

Berapa lama bekerja di perusahaan, juga merupakan bagian yang cukup penting untuk anda berikan. Sejumlah data pelindung tersebut akan semakin menguatkan informasi tentang Berapa lama pegawai itu bekerja di sana. Perusahaan yang masih baru, akan melihat masa kerja tersebut dan melakukan penilaiannya untuk mengamati bagaimana loyalitasnya.

  • Tanda Tangan

Seperti halnya surat pernyataan sejenisnya, surat keterangan kerja ini harus dilampirkan tanda tangan resmi serta distempel oleh perusahaan. Pada umumnya, pihak yang menandatangani nya adalah kepala bagian HRD dengan melampirkan apa jabatan terakhir. Hal tersebut disebabkan perubahan posisi yang mungkin dialami ketika bekerja.

Biasanya, perusahaan akan mengirimkan langsung dengan bentuk hardcopy. Akan tetapi apabila memungkinkan, juga dapat menghubungi langsung kepala bagian agar kelihatan bisa dilakukan. Perusahaan, umumnya juga memberikan informasi di email atau inbox Facebook anda.

  • Kelebihan Karyawan Selama Bekerja

Informasi selanjutnya yang ditampilkan adalah mengenai apa saja kelebihan karyawan selama bekerja di perusahaan. Jika memang selama bekerja menunjukkan kualitas yang bagus, maka akan diberikan keterangan di sana.

Contoh Surat Pengalaman Kerja:

Contoh Surat Pengalaman Kerja Serta Fungsi Pentingnya

Untuk contoh surat pengalaman kerja berikut akan perlihatkan 2 diantaranya.

PT Maju Bersama

Jl. Setiabudi Nomor 32, Bandung

SURAT PENGALAMAN KERJA

Certificate of Employment

No : 108/SPK-DH/V2021

Hal : Surat Pengalaman kerja

Dengan surat ini kami dari Maju Bersama menyatakan bahwa:

Nama : Asep Mulyadi

Alamat : Jl. Aster Nomor 76, Gilibojong, Bandung

Jabatan : Customer Service

Merupakan karyawan Maju Bersama sejak 5 April 2015 sampai dengan 10 Juni 2021. Saudara Asep Mulyadi merupakan karyawan yang ulet, jujur, disiplin dan berkontribusi banyak untuk perusahaan. Sehubungan dengan hal tersebut, sekarang ini sdr Asep Mulyadi mengajukan pengunduran diri dari perusahaan atas kehendak pribadinya.

Kami dari pihak perusahaan berterima kasih atas kontribusi saudara Asep Mulyadi selama bekerja di Maju Bersama. Semoga saudara Asep Mulyadi semakin sukses.

Bandung,  23 September 2021

Direktur

 

Selanjutnya, kami berikan contoh surat pengalaman kerja yang lain.

PT Multi Kreasi

Jl. Sudirman No. 20, Jakarta

Telpon : (021) 1234567, Fax :(021) 6543210

SURAT KETERANGAN PENGALAMAN KERJA

Nomor : 01/SPK-07/ELS/IX/2021

Yang bertanda tangan di bawah ini :

Nama : Hardani

Jabatan : Human Resource Department

Alamat : Jl. Kukusan Raya no.20 Tangerang

Menerangkan dengan sebenarnya bahwa:

Nama : Sari

Jabatan : Sales Executive

NIK : 13948494959494

Sudah bekerja untuk PT Multi Kreasi sejak tanggal 10 April 2015 hingga 10 Juni 2021 dengan posisi terakhir sebagai marketing executive.

Selama menjadi karyawan kami, Saudari Sari telah memperlihatkan dedikasi tinggi saat bekerja dan berhasil memperoleh target perusahaan setiap bulannya.

Demikian surat ini kami buat dengan sebenarnya agar dapat dipergunakan dengan sebaik-baiknya.

Jakarta, 20 Juni 2021

Human Resource Department

PT Angkasa Jaya Perkasa,

 

Hardani

Setiap perusahaan pada umumnya sudah punya format surat pengalaman kerja masing-masing. Jadi, bisa jadi surat pengalaman kerja yang dari perusahaan karyawan A berbeda dengan B. Oleh karenanya, akan lebih baik apabila anda menanyakan kepada divisi HRD mengenai surat pengalaman kerja tersebut.

Anda bisa menjelaskan apa poin-poin yang diinginkan pada surat lamaran kerja. Pada intinya, meskipun anda ingin meninggalkan perusahaan, namun komunikasi yang baik dengan tim HRD maupun staf yang lain harus tetap dijaga dengan baik. Bisa saja, suatu saat di masa yang akan datang Anda memerlukan sesuatu dari perusahaan maupun juga ingin melamar kembali di sana.

Demikianlah informasi tentang bagaimana cara membuat berikut contohnya contoh surat pengalaman kerja. Ulasan yang kami jelaskan, harapannya dapat membantu memperkaya wawasan anda mengenai pentingnya surat pengalaman kerja ini dalam perjalanan karir.