Cara Menonaktifkan IG Sementara Dan Permanen, Yuk Cari Tahu Disini

Cara Menonaktifkan IG – Cara menonaktifkan ig memang wajib diketahui oleh siapapun yang ingin rehat sejenak dari dunia maya ini. Bagi anda yang sering berselancar di dunia maya, Instagram tentunya menjadi salah satu platform favorit bukan? Hal tersebut bukan tanpa alasan karena aplikasi ini menyediakan konten-konten menarik baik dalam bentuk foto, video hingga story.

Instagram sendiri menjadi salah satu aplikasi mobile yang paling banyak digemari oleh kaula muda. Sebab didalamnya inilah, anda bisa memposting gambar pribadi ataupun dengan orang lain agar dilihat oleh banyak orang di dunia. Tidak hanya untuk memposting saja, tetapi anda juga bisa melakukan komunikasi dengan pengguna lainnya via DM.

Namun sayangnya, dari semakin hari konten di Instagram memang membuat sebagian besar orang geram. Terlebih lagi banyaknya orang yang menggunakannya untuk sebuah persaingan mengenai eksistensi mereka di dunia maya. Ataukah adanya akun gosip yang sering menyebarkan aib seseorang, jelas akan membuat sebagian besar merasa kesal bukan?

Inilah yang membuat banyak orang akhirnya ingin menonaktifkan Instagram baik itu untuk sementara ataupun secara permanen. Jika anda merupakan salah satu orang yang ingin melakukannya, maka penting untuk mengetahui penjelasan yang ada di bawah ini.

Apa itu Instagram?

Sebelum anda mengetahui cara menonaktifkan IG, maka wajib untuk mengetahui ap aitu Instagram terlebih dahulu. ya, ini merupakan aplikasi mobile yang dapat digunakan di perangkat IOS, Android hingga Windows  Phone dimana para penggunanya dapat mengambil foto, mengedit hingga memposting foto ataupun video ke halaman utama.

Nantinya foto dan video yang sudah dibagikan tersebut akan langsung dipajang di feed para pengguna lain yang menjadi followers anda. Sedangkan sistem pertemanan yang ada didalamnya sendiri menggunakan istilah following dan followers.

Baca Juga:  Tutorial Cara Melihat Instagram Story Tanpa Diketahui, Bebas Stalking!

Dimana following merupakan daftar siapa saja yang anda ikuti tersebut, sedangkan followers merupakan daftar teman yang mengikuti akun anda tersebut. Tidak hanya itu saja, masing-masing pengguna nantinya juga dapat melakukan interaksi satu sama lain dengan cara memberikan komentar ataupun respon suka pada postingan yang sudah dibagikan.

Dikembangkan oleh Burbn, Inc dan dimotori oleh Kevin Systrom dan Mike Krieger buat pertama kalinya dan di tangan kedua dipegang oleh raksasa perusahaan Facebook, membuatnya semakin sukses dan dikenal oleh banyak orang. Bahkan para generasi milenial pun juga sangat suka untuk menggunakannya.

Cara Menonaktifkan IG Secara Sementara

Tetapi karena banyaknya hal-hal toxic didalamnya atau orang-orang menghabiskan waktu mereka untuk scrolling feed Instagram yang menyita banyak waktu, membuat pengguna akhirnya mencari cara menonaktifkan IG tersebut. umumnya ada dua cara yang bisa digunakan yakni mematikannya secara sementara ataukah secara permanen.

Bagi anda yang ingin rehat sejenak dari dunia maya ini, maka dapat menonaktifkannya secara sementara. Untuk caranya sendiri ternyata sangat mudah kok, anda bisa langsung mengikuti langkah-langkah berikut.

  1.  Buka Instagram Melalui Browser

Perlu diketahui bahwa untuk menonaktifkan akun Instagram secara sementar memang belum bisa dilakukan secara langsung di aplikasi Instagram. Tetapi anda tidak perlu khawatir karena ternyata bisa membukanya melalui browser atau peramban internet.

Kami sarankan agar membukanya melalui chrome pada android dan safari pada perangkat IOS. Setelah itu, anda bisa login ke akun dengan memasukkan username, nomor hp, email serta password.

  1.   Masuk ke Menu Edit Profil

Jika sudah berhasil login ke dalam akun, pengguna dapat langsung masuk ke menu edit profile dengan cara klik ikon akun yang berlokasi di pojok kanan bawah.  Di halaman profil inilah, klik edit profile untuk masuk ke halaman lainnya.

  1.   Temukan Pilihan Temporarily Disable My Account
Baca Juga:  Dampak Positif dan Negatif Globalisasi yang Harus Anda Tahu

Sudah masuk ke dalam halaman edit profile? Maka langkah berikutnya adalah geser ke bawah hingga menemukan adanya pilihan menu temporarily disable my account atau dalam Bahasa Indonesia adalah nonaktifkan sementara akun instagram. Klik pada tulisan tersebut

  1.   Tentukan Alasan Menonaktifkan Sementara

Nantinya, anda akan diminta buat menentukan alasan mengapa menonaktifkan sementara akun Instagram tersebut dan memasukkan kata sandi. Jika sudah, maka segera setujui untuk melakukan penonaktifkan tersebut. Instagram juga akan mengingatkan bahwa fitur untuk menonaktifkan tersebut hanya dapat dilakukan sekali dalam 7 hari ke depan.

Cara Menonaktifkan Akun Secara Permanen

Jika cara diatas dapat dilakukan untuk menonaktifkan akun secara sementara, maka cara satu ini dapat dilakukan untuk menonaktifkan secara permanen. Ini sangat cocok bagi anda yang ingin istirahat dari dunia Instagram ini dalam waktu cukup lama atau bahkan tidak akan kembali lagi.

Untuk caranya sendiri sebenarnya tidak jauh berbeda dengan sebelumnya, tetapi kemungkinan besar anda masih bingung dalam melakukannya bukan? nah, untuk lebih lebih jelasnya, kami telah menyiapkan ulasannya berikut ini.

  1.   Buka Instagram Melalui Browser

Sama seperti dengan cara sebelumnya, untuk cara satu ini, anda dapat membuka Instagram melalui browser terlebih dahulu via komputer ataupun HP. Masuklah ke dalam akun dengan login menggunakan username sekaligus kata sandi.

  1.   Masuk ke Menu Profil

Selanjutnya anda bisa masuk ke menu profil yang berada di kanan bawah. Pada bagian kanan atas itulah, ketuk ikon untuk pengaturan dimana berupa gerigi. Kemudian lanjut masuk ke Bantuan> pusat bantuan. Untuk menghapusnya secara permanen, maka dapat klik kelola akun anda > hapus akun anda.

  1.   Berikan Alasan Mengapa Menghapus Akun
Baca Juga:  6 Cara Optimasi Instagram Untuk Kepentingan Bisnis

Kemudian klik hapus halaman akun anda dan disinilah user akan diminta buat menentukan alasan mengapa memutuskan untuk menghapus akun tersebut. silahkan masukkan kata sandi Instagram dan klik pada hapus akun saya secara permanen. Sekarang akun sudah berhasil terhapus secara permanen termasuk dengan data-data yang terdapat didalamnya tersebut.

Ini Dia Manfaat Rehat Dari Instagram

Istirahat dari dunia sosial media seperti Instagram memang wajib dilakukan oleh siapapun termasuk anda. terlebih lagi jika anda sering menghabiskan banyak waktu didalamnya. Dengan rehat sejenak atau bahkan secara permanen didalamnya itulah ternyata akan memberikan banyak keuntungan diantaranya adalah

  1.   Membuat Pikiran Lebih Tenang dan Terhindar dari Rasa Iri

Tidak bisa dipungkiri jika kehadiran Instagram memang mampu menghadirkan sifat negatif bagi seseorang yakni membuat pikiran tidak tenang ataupun punya rasa iri. Jelas ini sangat tidak sehat untuk mental anda bukan? itulah mengapa ada baiknya agar rehat sejenak dari dunia Instagram.

  1.   Dapat Lebih Fokus Pada Pekerjaan

Tidak hanya membuat perasaan jauh lebih tenang, ternyata dengan beristirahat dari sosial media akan membuatmu jauh lebih fokus dalam pekerjaan lho. Tentunya tanpa terdistraksi dengan kehadiran media sosial sehingga buatmu jauh lebih produktif.

  1.   Terhindar dari Orang-Orang Toxic

Perlu diingat dengan cara menonaktifkan Instagram inilah ternyata juga dapat membuatmu terhindar dari orang-orang toxic juga lho. Sehingga membuat kesehatan mental semakin baik.

Instagram memang menjadi salah satu media sosial yang digemari oleh banyak orang karena berbagai macam alasan didalamnya. namun jika anda ingin beristirahat sejenak maka cara menonaktifkan IG permanen dan sementara wajib diketahui.