2 Cara Mengunci Hp Xiaomi yang Hilang dari Jauh

Cara Mengunci Hp Xiaomi yang Hilang – Salah satu cara untuk mengamankan data-data di hp Xiaomi yang hilang agar tidak disalahgunakan yakni dengan menguncinya dari jarak jauh. Saat hp Anda yang hilang dalam keadaan terkunci, maka siapapun yang menemukannya tidak akan bisa membukanya.

2 Cara mengunci hp Xiaomi yang hilang dari Jauh

Ada 2 cara yang bisa digunakan untuk mengunci atau memblokir hp Xiaomi dari jarak jauh yakni dengan menggunakan Mi Cloud atau dengan menggunakan akun Google. Namun dengan syarat hp Xiaomi Anda yang hilang masih terhubung dengan internet.

1. Cara mengunci hp Xiaomi yang hilang dari jarak jauh dengan Mi Cloud

Cara mengunci hp Xiaomi yang hilang dari jarak jauh yakni dengan Mi Cloud. Apa itu Mi Cloud? Mi Cloud merupakan layanan cloud gratis yang disediakan Xiaomi. Mi Cloud memiliki banyak fungsi dan bisa Anda manfaatkan untuk menyimpan file dan foto di cloud agar tidak hilang saat hp error.

 

Selain itu, fungsi Mi Cloud lainnya yakni berfungsi untuk melacak hp Xiaomi yang hilang, dan menghapus data yang terdapat dalam memori internal dari jarak jauh. Agar bisa digunakan untuk mengunci hp Xiaomi Anda yang hilang dari jarak jauh, Anda harus login sehingga hp tersebut terhubung dengan Mi Cloud.

Anda juga membutuhkan sebuah laptop yang sudah terhubung ke internet dan ikuti langkah-langkah berikut ini:

  • Pertama-tama, Anda bisa masuk ke browser kemudian masuk ke website https://i.mi.com/
  • Selanjutnya Anda bisa login dengan akun Mi Cloud yang terhubung ke hp Xiaomi Anda yang hilang
  • Pilih menu Find Device
  • Lalu akan terlihat lokasi hp Xiaomi Anda yang hilang
  • Kemudian Anda bisa klik hp > kunci hp dari jarak jauh dengan menekan tombol Lost mode

2. Menggunakan akun Gmail

Selain dengan menggunakan Mi Cloud, cara mengunci hp Xiaomi yang hilang dari jarak jauh kedua yakni dengan menggunakan akun Gmail. Hampir semua hp Android saat ini terhubung dengan satu akun Gmail karena dibutuhkan untuk mengakses Google Play Store.

Jadi Anda tidak perlu khawatir jika hp Xiaomi Anda yang hilang tidak terhubung dengan Mi Cloud. Anda bisa tetap mengunci hp Xiaomi Anda yang hilang dari jarak jauh dengan menggunakan akun Gmail yang terhubung ke hp tersebut. Namun dengan syarat hp Xiaomi yang hilang itu terhubung ke internet.

Berikut langkah-langkah yang bisa dilakukan untuk mengunci hp Xiaomi yang hilang dari jarak jauh dengan menggunakan akun Gmail:

  • Pertama-tama, Anda bisa membuka browser kemudian masuk ke alamat https://myaccount.google.com/intro/find-your-phone
  • Kemudian login dengan akun Gmail Anda yang terhubung dengan hp Xiaomi yang hilang tersebut
  • Selanjutnya pilih hp Xiaomi 
  • Pilih lock your phone

Setelah Anda menekan tombol lock, maka hp tidak akan bisa dibuka kecuali dengan login menggunakan akun Gmail milik Anda. Jika hp Xiaomi yang dikunci dari jauh itu dalam keadaan mati, maka saat dinyalakan kembali hp akan tetap dalam keadaan terkunci saat terhubung dengan internet.

Namun jika saat dinyalakan hp tidak terhubung dengan internet, maka hp bisa dalam keadaan tidak terkunci lagi. Oleh karena itu, syarat terpenting yakni koneksi hp Xiaomi anda yang hilang dengan internet. 

Cara Menghapus data di hp Xiaomi yang hilang

2 Cara Mengunci Hp Xiaomi yang Hilang dari Jauh

Jika Anda masih tidak bisa menemukan hp Xiaomi yang hilang atau menguncinya dari jarak jauh, maka cara terakhir yang bisa Anda lakukan yakni menghapus data di hp tersebut agar tidak disalahgunakan.

Lantas bagaimana cara menghapus data termasuk file foto, video, dokumen, dll yang ada di dalam hp Xiaomi yang hilang? Berikut langkah-langkah yang bisa Anda lakukan:

  • Jika Anda ingin menghapus data dari hp Xiaomi yang hilang maka Anda bisa memilih tombol Hapus. Tombol hapus tersebut bersifat seperti factory reset Android sehingga akan menyetel ulang hp ke setelah pabrik sehingga Anda harus memastikan jika hp tersebut benar-benar sudah tidak akan kembali lagi.
  • Nantinya akan keluar sebuah pesan yang akan menanyakan keyakinan Anda untuk menghapus data dan jika Anda sudah yakin 100 persen, maka Anda bisa menekan hapus.
  • Lalu proses akan selesai dan semua data-data di hp Xiaomi Anda yang hilang akan terhapus seluruhnya

Ingin kunci hp Xiaomi dari jarak jauh tapi lupa password Mi Cloud

Seperti dijelaskan di atas, Anda bisa mengunci hp Xiaomi Anda yang hilang dari jarak jauh dengan menggunakan Mi Cloud dan akun Gmail. Jika Anda memilih opsi pertama yakni dengan menggunakan Mi Cloud maka Anda harus pastikan Anda mengingat dengan jelas password dai Mi Cloud Anda.

Lantas bagaimana jika Anda tidak ingat dengan password Mi Cloud milik Anda? Tidak perlu khawatir karena Anda bisa me-reset ulang password Mi Cloud Anda jika lupa. Berikut langkah-langkah yang bisa Anda lakukan jika lupa password Mi Cloud.

  • Pertama-tama, Anda bisa membuka situs resmi account.xiaomi.com dengan menggunakan hp atau laptop dan Anda bisa menggunakan browser Firefox, Chrome, atau lainnya.
  • Lalu Anda bisa memilih opsi ‘Forgot Password?’
  • Jika Anda lupa akun Gmail yang digunakan untuk mendaftar di Mi Cloud, maka Anda juga bisa menggunakan nomor hp yang digunakan saat melakukan registrasi Mi.
  • Selanjutnya pilih tombol ‘Send’
  • Nantinya akan ada kode verifikasi yang dikirim ke nomor hp yang digunakan untuk mendaftar akun MI melalui SMS
  • Jika kode verifikasi sudah masuk, Anda tinggal memasukkannya ke kolom yang tersedia kemudian pilih ‘Submit’
  • Kemudian Anda akan masuk ke halaman Reset Password dan pihak Xiaomi akan meminta Anda untuk memasukkan password yang baru dan meminta konfirmasi password baru sekali lagi untuk memastikan Anda tidak salah ketik
  • Jika sukses, Anda akan langsung masuk ke halaman Mi Cloud milik anda dengan menggunakan hp dan juga password baru.

Jadi walaupun Anda lupa dengan password Mi Cloud di hp Xiaomi, Anda tidak perlu khawatir karena dengan mengikuti langkah-langkah di atas maka Anda bisa me-reset password Mi Cloud milik Anda.

2 Cara Mengunci Hp Xiaomi yang Hilang dari Jauh

Bagi pengguna Xiaomi, keberadaan Mi Cloud memang sangat penting karena sangat berguna ke depannya. Akun Mi Clound memiliki banyak manfaat seperti:

  • Menyimpan data-data ke server Xiaomi
  • Melakukan sinkronisasi kontak, catatan, SMS, dll
  • Unlock Bootloader (UBL) hp Xiaomi
  • Melakukan back up data
  • Mengunci hp Xiaomi Anda dari jarak jauh
  • Melacak keberadaan hp Xiaomi Anda yang hilang

Xiaomi sendiri melalui keterangan resminya telah memastikan jika menomorsatukan pengalaman pengguna di atas segalanya. Hal itu menjadi hal utama dan terpenting bagi perusahaan asal China tersebut.

“Sebagai brand, masih memiliki kewajiban untuk melayani konsumen. Kami tetap membantu layanan purna jual untuk produk tidak resmi, terbatas hanya untuk model yang resmi hadir di Indonesia,” tulis pernyataan resmi Xiaomi.