5 Cara Mengatasi Kontak WhatsApp Tidak Muncul

5 Cara Mengatasi Kontak WhatsApp Tidak Muncul – WhatsApp merupakan aplikasi pesan mungkin hampir dimiliki oleh para pengguna smartphone saat ini. WhatsApp hampir selalu digunakan semua orang untuk berkomunikasi setiap harinya.

Namun apa yang harus dilakukan jika tiba-tiba kontak yang Anda simpan tidak muncul di WhatsApp? Berikut cara mengatasi kontak WhatsApp tidak muncul.

Kemudahan Menggunakan WhatsApp

Salah satu yang menjadi keunggulan dan kemudahan pada aplikasi WhatsApp yakni sinkronisasi kontak yang ada di smartphone atau hp Anda dengan aplikasi tersebut. Dengan begitu, setiap kontak yang ada di hp Anda juga akan muncul di WhatsApp jika pemilik nomor itu memiliki akun WhatsApp juga.

Namun terkadang, kontak yang kita simpan di hp justru tidak muncul di WhatsApp. Anda tidak mengetahui dengan jelas penyebab mengapa WhatsApp milik Anda error sehingga Anda tidak bisa membuka kontak, nama kontak tidak muncul, atau tidak bisa menyimpan kontak baru. 

Jika WhatsApp Anda mengalami error sehingga kontak tidak muncul, jangan khawatir. Berikut cara mengatasi kontak WhatsApp yang tidak muncul.

Apa yang Menyebabkan Kontak WhatsApp Tidak Muncul?

5 Cara Mengatasi Kontak WhatsApp Tidak Muncul

Pertama-tama untuk mengatasi kontak WhatsApp yang tidak muncul, Anda terlebih dahulu harus mengetahui hal yang menyebabkan hal tersebut terjadi. Ada beberapa hal yang mungkin menjadi penyebab kontak di hp Anda tidak muncul di WhatsApp, berikut di antaranya:

  • Kontak terhapus dari hp
  • Kontak yang terblokir di aplikasi WhatsApp
  • Aplikasi kontak yang korup sehingga menyebabkan Anda tidak bisa menyimpan kontak yang baru
  • Aplikasi WhatsApp belum mendapatkan izin untuk bisa mengakses kontak di hp
  • Nama kontak tidak muncul karena Anda memang belum menyimpan nomor tersebut

Anda harus meneliti lagi penyebab mengapa kontak yang Anda simpan di hp tidak muncul di WhatsApp. Jika Anda sudah mengetahui penyebab dan sumber masalah yang menyebabkan hal tersebut, maka akan mudah untuk mencari solusi mengatasinya.

Cara Mengatasi Kontak Tidak Muncul di WhatsApp

1. Cek Izin WhatsApp untuk Mengakses Kontak 

Ketika Anda ingin mengirim pesan atau chat kepada seseorang, namun kontak orang tersebut tidak muncul di WhatsApp, bisa jadi penyebabnya karena masalah permission aplikasi.

Ketika WhatsApp pertama kali di-install di hp, aplikasi tersebut akan meminta izin untuk mengakses kontak yang ada di hp. Namun izin tersebut bisa saja terhapus karena ada bug atau kesalahan sistem. Oleh karena itu, Anda perlu melakukan cek ulang.

Lalu bagaimana cara untuk mengizinkan WhatsApp agar bisa mengakses kontak di hp? Ternyata caranya sangat mudah. Pertama-tama, Anda bisa masuk ke menu setting di hp Anda:

Settings > Apps > WhatsApp >Permissions > Beri centang pada kontak

Cara untuk memberikan izin WhatsApp agar bisa mengakses kontak di hp rata-rata sama di beberapa merk hp seperti Samsung, Xiaomi, Vivo, Oppo, Asus, Realme, Nokia, atau Huawei. Sementara untuk Anda yang menggunakan iPhone caranya sedikit berbeda.

Bagi pengguna iPhone yang ingin memberikan izin ke WhatsApp untuk bisa mengakses kontak di hp caranya yakni masuk ke Settings > Privacy > Contacts > hidupkan pada pilihan WhatsApp

2. Memeriksa Apakah Kontak yang Tidak Muncul di WhatsApp Masuk dalam Daftar Blokir

Salah satu dampak dari memblokir nomor yakni nomor tersebut tidak akan muncul di dalam kontak WhatsApp. Nomor yang Anda blokir akan masuk ke dalam list blokir sehingga untuk membukanya Anda harus masuk ke menu setting di hp Anda.

Jadi jika ada salah satu nomor dalam kontak Anda yang tidak sengaja terblokir, maka nomor tersebut tidak akan masuk dalam kontak WhatsApp Anda. Oleh karena itu, jangan bingung jika kontak WhatsApp Anda tiba-tiba menghilang. Anda perlu mengecek kemungkinan kontak tidak sengaja terblokir.

Cara untuk mengecek apakah kontak yang tidak muncul di WhatsApp terblokir atau tidak yakni dengan menekan ikon tiga titik yang terletak di pojok kanan atas di aplikasi WhatsApp. Lalu pilih Settings > Account > Privacy > Blocked Accounts 

Anda bisa melihat apakah ada nomor yang tidak sengaja terblokir sehingga membuat kontak tersebut menghilang dalam daftar kontak di WhatsApp Anda. Jika ada nomor yang tidak sengaja terblokir, segera unblock nomor tersebut.

Cara untuk meng-unblock nomor itu yakni tap satu kali pada nomor dan pilih unblock. 

3. Install Aplikasi Kontak yang Baru

Penyebab lain yang mungkin membuat kontak tidak muncul di WhatsApp yakni karena aplikasi kontak di hp Anda korup. Hal tersebut biasanya terjadi jika Anda menggunakan aplikasi kontak pihak ketiga, namun tidak menutup kemungkinan aplikasi kontak bawaan di hp mengalami korup.

Beberapa ciri-ciri yang mengindikasikan jika aplikasi kontak di hp Anda korup yakni tidak bisa menyimpan kontak baru, kontak baru tidak dapat disimpan, kontak yang tidak bisa dibuka, atau saat ada telepon masuk nama kontak tidak muncul dan hanya nomornya saja.

Jika hal-hal di atas terjadi, ada kemungkinan aplikasi kontak di hp Anda memang korup atau rusak sehingga menyebabkan kontak tersebut tidak muncul di aplikasi WhatsApp. Cara mengatasinya cukup mudah karena Anda hanya perlu menginstall aplikasi kontak baru. 

Salah satu aplikasi kontak yang direkomendasikan untuk diinstall di hp Anda yakni aplikasi kontak dari Google. Jika Anda telah menginstall aplikasi kontak yang baru, maka langkah selanjutnya yang perlu Anda lakukan adalah menjadikan aplikasi tersebut sebagai aplikasi kontak default.

Cara untuk menjadikan aplikasi kontak yang baru diinstall tersebut menjadi aplikasi default yakni masuk ke Settings > Apps > Contacts > Set as Default.

Jika sudah selesai, Anda perlu merestart hp Anda agar sistem dapat dimuat ulang. Jika hp Anda sudah menyala, maka selanjutnya dapat mengecek di aplikasi WhatsApp apakah kontak yang sebelumnya hilang sudah muncul atau belum. Anda juga bisa untuk mencoba menyimpan nomor baru di hp.

4. Simpan Nomor di Kontak Hp agar Muncul di WhatsApp

Ini merupakan penyebab utama mengapa nama kontak tidak muncul di WhatsApp yakni Anda belum menyimpan nomor tersebut. Kontak WhatsApp pada dasarnya sama dengan kontak hp, jika Anda belum menyimpannya maka nama tidak akan muncul.

Jadi jika Anda sudah memastikan aplikasi kontak baik-baik saja, tidak ada nomor yang diblokir, sudah mengizinkan WhatsApp mengakses kontak, namun nama kontak tidak muncul di WhatsApp maka penyebabnya pasti karena Anda belum menyimpan nomor tersebut.

5. Install Ulang Aplikasi WhatsApp

Ini adalah cara terakhir yang bisa Anda tempuh untuk mengatasi nama kontak yang tidak muncul di aplikasi WhatsApp. Kemungkinan penyebab kontak tidak muncul mungkin karena aplikasi WhatsApp yang korup atau rusak.

Anda bisa terlebih dahulu membackup semua chat dan media di WhatsApp Anda agar tidak hilang saat aplikasi diinstall ulang. Salah satu penyebab WhatsApp mengalami korup kemungkinan karena bukan aplikasi resmi.

Jika WhatsApp sudah diinstall ulang, Anda bisa mengecek kembali di WhatsApp apakah kontak tersebut sudah muncul atau belum.