Cara Mengatasi HP Lemot Agar Kembali Lancar

Cara mengatasi HP lemot merupakan salah satu cara yang banyak dicari oleh orang-orang di Google. Mengingat bahwa di masa pandemi seperti saat ini, keberadaan hp menjadi salah satu yang sangat membantu dalam melakukan pembelajaran jarak jauh.

Tentu jika memiliki HP Anda lemot akan sangat mengganggu proses pembelajaran tersebut. Apalagi HP yang lemot biasanya juga akan menyebabkan HP tersebut cepat panas, sehingga tidak nyaman saat digunakan.

Maka tak heran jika banyak orang-orang yang mencari cara mengatasi HP lemot ini di Google. Jika Anda mengalami hal yang sama, maka Anda bisa melakukan beberapa langkah di bawah ini agar HP Anda kembali lancar dan normal seperti biasa, sehingga proses pembelajaran yang Anda lakukan bisa berjalan dengan lancar juga.

  1. Memperhatikan Kapasitas Memory

Memory card ataupun penyimpanan internal juga memiliki batas maksimum yang masing-masing. Apabila Anda menggunakan memory card dan penyimpanan internal ini secara berlebihan dan bahkan sudah hampir penuh, maka bisa dipastikan bahwa kondisi ini akan menyebabkan HP Anda menjadi lemot.

Cara mengatasi HP lemot karena kapasitas memory card san penyimpanan internal yang hampir penuh, maka Anda harus menyimpan file-file penting saja di memory card ataupun di penyimpanan internal. Sebab, penggunaan yang bijak juga akan menjadikan HP Anda tahan lama.

Selain itu, entah sadar atau tidak, di dalam smartphone Anda pasti sering menyimpan file yang terlalu banyak, file duplikat dan bahkan itu tidak penting.

Keberadaan file-file yang tidak penting ini memang akan sangat mengganggu performa dari smartphone. Jadi, Anda harus menghapusnya secara manual atau bahkan menggunakan bantuan aplikasi penghapus sampah yang profesional sebagai salah satu cara mengatasi HP lemot.

  1. Buang Aplikasi Yang Tak Penting

Bermacam-macam aplikasi yang dibuat oleh orang-orang di luar sana memang cukup menarik untuk digunakan, baik itu aplikasi game atau bahkan hanya sekedar aplikasi untuk mendengarkan musik.

Padahal beberapa jenis handphone sudah ada aplikasi untuk mendengar musik bawaan yang bisa Anda nikmati. Kebiasaan mendownload aplikasi yang tak begitu penting dan tidak sering digunakan ini akan mampu membuat HP Anda semakin lemot.

Jadi, Anda harus bijak dalam memilih aplikasi untuk digunakan dan disimpan di Smartphone Anda. Sehingga Anda bisa meminimalisir terjadinya kelemotan pada smartphone Anda.

Jadi cara mengatasi HP lemot yang tepat karena hal ini, maka Anda harus membuat aplikasi yang tidak penting dan yang tidak sering digunakan agar HP Anda menjadi lebih lancar.

  1. Menonaktifkan Aplikasi Bawaan Yang Jarang Dipakai

Tak bisa dipungkiri bahwa setiap smartphone pasti memiliki aplikasi-aplikasi bawaan dan tentunya tidak semua aplikasi tersebut bermanfaat atau bahkan digunakan oleh pengguna handphone tersebut .

Keberadaan aplikasi bawaan yang tidak bisa dihapus ini memang terlihat tidak akan memberikan dampak apapun pada smartphone, tapi nyatanya keberadaan dari aplikasi bawaan ini akan mampu membuat smartphone menjadi sedikit lebih lemot.

Jadi, jika di Smartphone Anda terdapat beberapa aplikasi bawaan yang memang tidak sering Anda gunakan atau bahkan tidak pernah digunakan, maka Anda bisa memilih untuk menonaktifkannya dan mengaturnya di menu setting atau pengaturan sebagai  cara mengatasi HP lemot yang cukup ampuh dan mudah dilakukan.

Dengan begitu, maka aplikasi tersebut tidak akan tampil di layar smartphone Anda dan tidak akan membuat handphone Anda menjadi lemot.

  1. Rajin Membersihkan Sampah HP

Layaknya pada laptop atau komputer, nyatanya HP juga memiliki sampah yang jarang disadari oleh para penggunanya. Keberadaan sampah ini memang akan sangat mengganggu terhadap efektivitas dan performa dari smartphone Anda.

Sehingga Anda memang harus sering-sering dalam membersihkan HP Anda dari sampah-sampah yang ada di dalamnya sebagai salah satu cara mengatasi HP lemot. Di beberapa jenis smartphone, sudah ada fitur bawaan untuk menghapus sampah ini.

Sehingga Anda bisa dengan mudah bisa melihat secara langsung, apakah di smartphone Anda terdapat sampah di dalamnya atau tidak. Namun sayangnya, fitur semacam ini hanya ditemukan di beberapa jenis dan tipe smartphone saja.

Mungkin menjadi salah satu smartphone yang tidak memiliki fitur ini. Namun tenang saja, sebab saat ini sudah banyak sekali aplikasi-aplikasi yang berkualitas yang mampu untuk membantu Anda dalam mendeteksi sampah yang ada di dalam smartphone Anda dan menggunakannya sebagai salah satu cara mengatasi HP lemot.

Sehingga Anda bisa secara langsung menghapus sampah HP tanpa terkecuali. Namun, meskipun aplikasi semacam ini sangatlah banyak, Anda harus selektif dalam memilihnya. Mengingat bahwa ada banyak sekali aplikasi-aplikasi tiruan yang tidak bisa dipercaya.

Pasalnya, aplikasi tiruan ini tidak mampu membersihkan sampah ini secara maksimal, sehingga Anda memang harus selektif dalam memilih aplikasinya. Tenang saja, sebab saat ini banyak sekali aplikasi penghapus sampah yang cukup maksimal dalam menghapus sampah-sampah di HP, tetapi anda tetap bisa mendapatkannya secara gratis. Yang pasti, dengan aplikasi gratisan tersebut Anda bisa menggunakannya sebagai salah satu cara mengatasi HP lemot.

  1. Jika Terlalu Lemot, Lakukan Factory Reset

Mungkin cara yang satu ini bisa disebut juga sebagai cara terakhir untuk mengembalikan performa dari smartphone Anda. Namun pastikan jika memang Anda ingin melakukan cara yang satu ini untuk mendapatkan performa smartphone Anda, maka Anda harus memindahkan file-file penting ke flash disk atau ke laptop terlebih dahulu agar file penting Anda tidak hilang.

Melakukan factory reset merupakan tindakan mengubah dan mengembalikan kondisi ponsel atau smartphone layaknya pada saat Anda pertama kali membeli smartphone tersebut. Keputusan untuk melakukan cara mengatasi HP lemot versi factoruy reset ini memang sedikit berat untuk dilakukan, karena Anda akan mendapatkan kenyataan bahwa semua aplikasi yang sudah Anda unduh sebelumnya akan hilang begitu saja.

Tetapi Anda akan sangat bahagia, sebab ponsel Anda akan kembali seperti semula dengan performa yang sangat cepat dan dan pastinya memori internal atau penyimpanan internal Anda akan lebih ringan, karena sudah tidak menggunakan aplikasi apapun kecuali aplikasi bawaan.

  1. Hindari atau Kurangi Penggunaan Widget

Cara mengatasi HP lemot selanjutnya yaitu dengan menghindari atau bahkan mengurangi penggunaan widget pada smartphone Anda. Memang keberadaan widget akan sangat membantu smartphone Anda terlihat jauh lebih cantik.

Tetapi Anda juga harus tahu bahwa keberadaan widget ini akan memakan banyak ruang dalam smartphone Anda dan pastinya akan membuat smarthphone Anda menjadi semakin lemot. Maka dari itu, menghentikan penggunaan widget ini merupakan salah satu cara yang tepat agar smartphone tidak kembali lemot.

Demikianlah beberapa cara mengatasi HP lemot yang bisa Anda lakukan sendiri. Beberapa cara-cara yang sudah disebutkan diatas memang sangat mudah untuk dilakukan. Tetapi Anda harus melakukannya secara konsisten. Apalagi jika dalam hal membersihkan sampah pada smartphone.