Cara Mengatasi Baterai Kembung

4 Cara Mengatasi Baterai Kembung Dan Cara Merawatnya

Cara Mengatasi Baterai Kembung – Baterai ponsel milikmu mengembung? Kamu ingin tahu bagaimana cara mengatasi dan memperbaikinya? Ikuti cara mengatasi baterai kembung berikut!

Seiring dengan perkembangan kemajuan teknologi yang pesat sekarang ini, baterai ponsel pun saat ini juga ikut untuk dikembangkan. Meskipun begitu, tak mengurangi juga masalah yang sering terjadi di baterai ponsel. Padahal baterai merupakan salah satu bagian atau elemen paling penting untuk perangkat seluler.

Ketika performa atau kinerja ponsel menurun, maka sering kali kamu akan mulai kerepotan. Itu karena ponsel menjadi sering drop atau habis baterai dengan cepat padahal baru saja di isi dayanya (charge). Lalu ponsel harus mati karena daya baterai yang habis.

Tapi, sebelum membahas ke cara untuk atasi baterai ponsel yang kembung, ada baiknya kamu mengetahui dahulu hal-hal yang menyebabkan kerusakan di baterai ponsel.

Beberapa Hal yang Sebabkan Baterai Ponsel Rusak

Ada cukup banyak faktor yang menjadi penyebab dari kinerja atau performa baterai ponsel jadi berkurang atau rusak. Umumnya disebabkan karena kebiasaan-kebiasaan buruk yang dilakukan oleh pengguna ponsel. Misalnya saja beberapa di antaranya seperti berikut:

  1. Menggunakan Charger yang Tak Sesuai Ponsel

Ketika pengisian daya baterai ulang, sebaiknya kamu menggunakan charger ponsel yang memang diperuntukkan atau peruntukannya sesuai. Walaupun adaptor ke lubang untuk pengisian daya baterai mempunyai bentuk yang sama, akan tetapi antara merk charger satu dengan lainnya pasti berbeda. Apalagi di dalam hal penyaluran daya tersebut.

Menggunakan charger yang tidak tepat dan kurang cocok dengan ponsel akan dapat membuat pengisian dari daya baterai jadi tak maksimal. Itu karena tak sesuainya spesifikasi ponsel maupun daya listrik dibutuhkan dapat melebihi atau terlalu over. Dampaknya dapat membuat rusak baterai ponsel milikmu.

  1. Berlebihan Mengisi Daya Baterai atau Overcharging

Kebiasaan kamu melakukan pengisian daya baterai secara berlebihan dapat untuk mengurangi usia penggunaannya. Ini karena banyak pengguna ponsel yang kerap mengisi ulang baterai ponsel pada malam hari hingga pagi bersama dengan waktu istirahat setelah beraktivitas.

  1. Pemakaian Baterai yang Berlebihan

Faktos selanjutnya yang menjadi penyebab dari baterai ponsel menjadi rusak adalah penggunaan baterai yang secara berlebihan. Tak jarang pengguna ponsel menonton video, live streaming, bermain game dengan waktu yang lama sehingga membuat ponsel menjadi panas berlebihan (overheating). Itu justru dapat menjadi pemicu timbulnya kerusakan baterai ponselmu.

  1. Pemakaian Powerbank yang Tak Bagus dan Mumpuni

Penggunaan berbagai fitur di ponsel dapat sebabkan konsumsi penggunaan daya baterai jadi besar sekali. Oleh karena itu, powerbank merupakan perangkat ataupun alat yang kerap dibawa kemana saja. Dengan begitu, pengisian ulang daya baterai ponsel bisa dilakukan dimana saja dan kapan saja dengan powerbank tersebut.

Namun, dengan banyaknya merk dan jenis powerbank saat ini di pasaran, tak jarang yang dipilih adalah powerbank yang harganya murah namun tak mempertimbangkan kualitas. Padahal powerbank yang mempunyai kualitas rendah dapat menyebabkan baterai ponsel menjadi mudah untuk rusak.

Nah, itulah berbagai macam faktor yang dapat menyebabkan baterai ponsel jadi rusak dan kembung, sehingga dapat untuk kurangi kinerja baterai tersebut.

Setelah mengetahui beberapa penyebab kerusakan baterai ponsel di atas, selanjutnya yang perlu kamu tahu tentunya bagaimana cara mengatasi baterai ponsel yang kembung tersebut. Kamu bisa mencari tahunya melalui pembahasan di bawah ini!

Cara Atasi Baterai yang Kembung Pada Ponsel

Jika baterai ponsel milikmu mengalami kembung, ada beberapa cara atau trik yang bisa untuk mengatasi baterai kembung yang bisa kamu lakukan. Beberapa di antaranya berikut ini:

  1. Copot Baterai Ponsel

Untuk bisa mengempiskan baterai kembung atau menggelembung pada ponsel sebenarnya cukup praktis dan bahkan tidak memerlukan peralatan yang khusus. Kamu hanya perlu untuk menggunakan obeng. Tapi, ada juga ponsel yang memungkinkan untuk kamu dapat membuka casing pada bagian belakang ponsel tanpa harus menggunakan obeng.

Silahkan copot baterai pada ponsel dengan buka casing belakangnya terlebih dahulu hingga baterai ponsel bisa untuk dijangkau. Setelah itu, kamu bisa untuk mencopot baterai secara mudah.

  1. Masukkan ke Dalam Freezer

Penyebab dari baterai ponsel kembung atau menggelembung biasanya karena kelebihan gas di wadah. Gas tersebut tercipta sebagai hasil reaksi kimia di antara elektrolit serta elektroda. Berdasarkan penjelasan itu, solusi yang bisa kamu lakukan untuk atasi masalah yang satu ini adalah dengan cara menusuk-nusukkan baterai ponsel memakai jarum. Sementara untuk solusi yang kedua, kamu bisa simpan baterai ponsel selama beberapa saat ke dalam freezer pada lemari es. Akan tetapi untuk pastikan baterai ponsel tetap dalam keadaan aman ketika di dalam freezer, kamu bisa bungkus baterai menggunakan plastik.

  1. Mengambil Baterai Lalu Keringkan

Jika sudah lewat selama 24 jam, kamu bisa mengambil lagi baterai ponsel. Kamu kemudian dapat keringkan baterai tersebut dengan cara biarkan di tempat teduh. Kamu juga bisa menyimpannya di depan kipas angin. Namun, ingat untuk tidak secara langsung mengeringkan baterai di bawah terik matahari karena akan dapat berbahaya.

  1. Pasang Kembali Baterai Ponsel

Jika baterai ponsel sudah benar-benar kering, kamu bisa untuk memasukkannya kembali ke dalam ponsel. Pastikan jika casing belakang kamu tutup dengan benar serta jangan sampai terdapat sela terbuka. Di sini, kamu bisa menyadari ukuran baterai kembali jadi normal karena lebih mudah untuk memasukkannya ke dalam ponsel.

Itulah cara untuk atasi baterai ponsel yang kembung atau menggelembung. Nah, agar baterai ponsel kamu tak mudah untuk kembung, ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk merawat baterai agar tak kembung. Cara-cara tersebut sebagai berikut:

Cara untuk Merawat Baterai Ponsel Supaya Tak Kembung

  1. Menggunakan Charger Bawaan

Dengan menggunakan charger bawaan ponsel yang asli, pastinya kebutuhan serta kondisi pemakaian baterai telah sesuai. Apabila kamu terpaksa beli charger yang bukan bawaan dari produsen ponsel langsung, pastikan untuk membeli charger yang memiliki spesifikasi sesuai charger bawaan. Jika daya yang dihasilkan di charger berbeda dengan daya yang dapat ditanggung oleh baterai, biasanya baterai dapat panas dan menggelembung.

  1. Pastikan Dayanya Tetap Ada Pada Rentang 50 – 90 Persen

Daya baterai umumnya akan bekerja secara optimal pada rentang persentase di atas. Itu karena saat melakukan pengisian daya baterai, pastikan daya tak sampai ke 0 persen kemudian juga usahakan tak sampai angka 100 persen. Apabila kamu menjaga rentang daya baterai itu, dapat untuk meminimalkan potensi baterai menjadi kembung atau menggelembung.

  1. Simpan Baterai Pada Suhu Ruang

Jangan menyimpan baterai di area yang terlalu panas maupun dingin. Itu karena tak hanya dapat untuk membuat baterai jadi kembung, namun juga bisa untuk memperpendek usia penggunaan baterai.

Nah dengan pembahasan kali ini, tentunya kamu sudah paham bukan bagaimana cara untuk mengatasi baterai ponsel yang kembung? Kamu juga tahu cara untuk merawatnya dengan tepat sehingga bisa digunakan selalu dengan maksimal. Semoga bermanfaat!