Cara Menambah RAM Laptop 2GB Menjadi 4 GB Agar Menambah Performa Lebih Cepat

Cara menambah RAM laptop 2GB menjadi 4 GB – Harus Anda ketahui apabila laptop Anda sudah sedikit lambat performanya. Hal ini dikarenakan laptop merupakan salah satu alat yang membantu pekerjaan manusia, apalagi di masa pandemi ini.

Dengan menggunakan laptop, Anda bisa melakukan banyak hal. Mulai dari mengerjakan tugas, bekerja atau bahkan melakukan transaksi jual beli online. Dengan fakta ini bisa dipastikan juga bahwa laptop memiliki peran penting dalam keberlangsungan kehidupan manusia di zaman ini.

Tentu Anda juga sangat merasakan bagaimana peranan laptop dalam kehidupan Anda, bukan? Maka dari itu, agar performa laptop Anda semakin lancar, Anda harus mengubah RAM laptop Anda menjadi lebih tinggi agar Anda bisa bekerja secara maksimal melalui laptop tersebut.

Jika Anda tidak mengetahui cara menambah RAM laptop 2GB menjadi 4 GB, maka Anda bisa membaca yang akan disebutkan di bawah ini. Untuk itu, di bawah ini akan disebutkan cara-cara yang bisa Anda lakukan agar bisa menambah RAM laptop Anda serta beberapa pertimbangan dalam memilih keputusan untuk menambah RAM di laptop.

Cara Menambah RAM Laptop 2GB Menjadi 4 GB

  1. Menambah RAM Tanpa Aplikasi Tambahan

Adapun langkah-langkah yang harus Anda lakukan saat menggunakan cara yang satu ini untuk menambah RAM laptop yaitu adalah sebagai berikut.

– Langkah pertama yang harus anda lakukan Yaitu anda harus membuka control panel kemudian memilih opsi system and Security dan dilanjutkan dengan memilih opsi sistem.

– Kemudian langkah selanjutnya dari cara menambah RAM laptop 2GB menjadi 4 GB adalah Anda harus mengklik opsi Advanced System Settings.

– Setelah itu Anda harus mengklik opsi Advanced dan dilanjutkan dengan memilih opsi performance dan mengklik setting.

– Kemudian Anda harus masuk ke tab Advanced

– Selanjutnya di bagian virtual memory, Anda harus mengklik opsi change.

– Langkah selanjutnya dari cara menambah RAM laptop 2GB menjadi 4 GB yaitu Anda harus memilih custom size dan harus juga memasukkan kapasitas RAM yang Anda inginkan.

Perlu Anda ketahui, bahwa Initial size (MB) merupakan kapasitas minimal atau awal yang dialokasikan. Sangat dianjurkan agar diisi dari setengah kapasitas RAM Anda. Misalnya jika RAM laptop 4GB, maka Anda harus memasukkan Initial sizenya sekitar 2 GB.

Selain itu, yang harus Anda ketahui dari cara menambah RAM laptop 2GB menjadi 4 GB tanpa menggunakan aplikasi tambahan ini yaitu Anda harus tahu bahwa maksimum size (MB) merupakan kapasitas maksimal penyimpanan yang dialokasikan untuk virtual RAM. Sangat disarankan agar Anda menyesuaikan dengan kapasitas RAM yang dimiliki. Misalnya, jika Anda memiliki RAM laptop sekitar 4 GB, jadi Anda harus memasukkan 4 GB tersebut.

Menggunakan Ready Boost

Ready boost merupakan salah satu fitur yang cukup populer di Windows 7. Fitur ini banyak digunakan oleh orang-orang untuk menambah RAM virtual yang nantinya akan berguna dan mempengaruhi performa dari laptop.

Apalagi saat membuka banyak program dalam waktu yang bersamaan. Jika cara yang sudah disebutkan diatas memanfaatkan hardisk internal, maka cara yang kedua ini akan memanfaatkan penyimpanan eksternal sebagai virtual memory. Contohnya seperti flash disk dan lain sebagainya.

Untuk lebih mudahnya, Anda bisa langsung mengikuti beberapa langkah dari  cara menambah RAM laptop 2GB menjadi 4 GB dengan menggunakan flash disk di bawah ini.

– Langkah pertama yang harus Anda lakukan yaitu Anda harus mempersiapkan flash disk yang akan digunakan. Misalnya, jika Anda ingin menambah 2 GB atau 4 GB, maka Anda harus menyiapkan flash disk dengan kapasitas tersebut.

– Kemudian Anda harus menyambungkan flashdisk tersebut ke laptop Anda dan menjadikannya sebagai RAM.

– Selanjutnya, Anda bisa membuka my computer atau disebut juga dengan Windows Explorer pada laptop Anda. Anda bisa melakukannya dengan cara menekan tombol Windows + e.

– Kemudian Anda bisa melanjutkannya dengan mengklik kanan pada bagian device flash disk Anda tersebut, misalnya di local disk e.

– Langkah selanjutnya dari cara menambah RAM laptop 2GB menjadi 4 GB yaitu Anda harus memilih opsi properties.

– Di bagian halaman properties tersebut, Anda bisa memilih opsi readyboost.

– Kemudian Anda harus memilih dan mengklik opsi use device.

– Jika sudah selesai, maka Anda harus mengatur besar kapasitas flash disk yang akan Anda gunakan sebagai RAM.

– Kemudian Anda bisa memilih opsi apply dan dilanjutkan dengan mengklik Ok. Jika semua langkah tersebut sudah Anda lakukan, maka Anda sudah bisa menambah RAM laptop Anda.

Informasi Tambahan

Cara menambah RAM laptop 2GB menjadi 4 GB di atas sangatlah mudah untuk dilakukan, tetapi perlu Anda ketahui bahwa tidak semua jenis flash disk bisa digunakan untuk cara diatas.

Sebab hanya beberapa jenis flash disk saja yang bisa Anda gunakan untuk menambah RAM di laptop. Adapun jenis flash disk yang bisa Anda manfaatkan untuk menambah RAM laptop tersebut adalah sebagai berikut.

– Flash disk yang menggunakan sistem FAT16, FAT32 dan NTFS  serta memiliki ruang free space setidaknya 235MB.

– Flashdisk tersebut memiliki waktu akses yang sangat cepat, setidaknya minimal 1 milidetik.

– Flashdisk tersebut memiliki kemampuan berupa read and write (read:2.5mb/s and write:1.75MB/s).

Jadi, sebelum Anda melakukan cara menambah RAM laptop 2GB menjadi 4 GB diatas, maka Anda harus memastikan apakah flash diak yang akan Anda gunakan tersebut sudah sesuai dengan ciri-ciri kriteria yang sudah disebutkan di atas ini.

Perlu diingat bahwa jangan sampai Anda memaksakan diri menggunakan flashdisk yang tidak sesuai dengan kriteria yang sudah disebutkan diatas. Sebab jika hal tersebut dilakukan, maka berakibat fatal. Salah satu kemungkinan yang akan terjadi adalah flashdisk milik Anda tersebut akan mengalami kerusakan.

Pertimbangan dalam Menambah RAM di Laptop

Tak bisa dipungkiri bahwa dengan RAM laptop yang besar akan mampu membuat performa laptop tersebut akan semakin cepat. Sehingga tak jarang membuat orang untuk berbondong-bondong memperbesar di laptopnya agar laptopnya bisa berfungsi dengan baik dan lancar. Maka tak heran, apabila orang-orang mencari  cara menambah RAM laptop 2GB menjadi 4 GB untuk bisa melakukannya sendiri di rumah.

Anda juga bisa melakukannya sendiri sesuai dengan instruksi yang sudah disebutkan di atas. Selain itu, Anda juga wajib menambah RAM laptop Anda, apabila Anda mengalami beberapa kondisi berikut ini.

– Laptop Anda sering panas dan bahkan mengeluarkan panas yang berlebihan dan tidak wajar.

– Apabila laptop Anda sangat lemot dan bahkan membutuhkan waktu yang lama saat membuka sebuah program.

– Grafis game yang Anda mainkan patah-patah. Biasanya ini akan muncul saat Anda memainkan game yang berat.

– Multitasking yang bermasalah dan kursor yang sulit untuk digerakkan.

– Apabila program yang sedang Anda buka, tertutup secara tiba-tiba.

Nah itulah tadi informasi seputar cara menambah RAM laptop 2GB menjadi 4 GB serta pertimbangan yang bisa Anda lakukan untuk menambah laptop Anda. Menambah RAM memang akan membuat laptop Anda semakin kencang performanya, tetapi juga akan memberikan beberapa permasalahan lainnya. Jadi pastikan bahwa Anda sudah menerima semua konsekuensi dari apa yang akan Anda lakukan tersebut.