Cara Membuat Email Baru Tanpa Susah Agar Mudah Berkirim Surat

Cara Membuat Email Baru – Barangkali Anda tidak asing mendengar kata email atau justru memanfaatkan email dalam kehidupan sehari-hari. Email merupakan kependekan kata dari electronic mail, yakni pesan yang dikirimkan lewat sarana pos elektronik yang berguna dalam perpindahan pesan secara cepat dari suatu sistem menuju sistem lain dengan memanfaatkan internet. Surat ini bisa berupa teks, dokumen, gambar, atau lampiran lain yang diedarkan lewat koneksi internet menuju orang atau kelompok tertentu. Dengan kata lain, email berfungsi untuk memudahkan komunikasi antar pengguna dalam sebuah jaringan internet dengan bentuk surat yang bermacam-macam isinya.

Sebelum mengedarkan email, Anda membutuhkan alamat email untuk identitas diri.  Anda wajib membuat akun terkini memakai layanan penyedia email supaya dapat membuatnya. Tersedia banyak jasa agar dapat membuat akun email baru. Sejumlah yang kerap dipakai yaitu Gmail, Yahoo dan Outlook. Beginilah cara membuat email baru lewat ketiga penyedia layanan email itu yang bisa dipakai melalui telepon seluler ataupun komputer.

Cara Membuat Email Baru di Gmail

Google Mail atau lazim dinamakan Gmail merupakan jasa email dari Google. Akun ini mampu dimanfaatkan dalam  beragam aktivitas sebagaimana bertukar pesan, menjadi identitas diri, pemasaran, bisnis, dan lainnya. Begini cara membuat email baru memanfaatkan Gmail:

  1. Anda mengakses ke accounts.google.com
  2. Anda dalam pendaftaran akun baru harap tekan tombol Sign Up.
  3. Mengisi nama depan dan nama belakang Anda.
  4. Bikin alamat email yang Anda diharapkan. Alamat email bisa berisi huruf, angka, dan tanda titik.
  5. Bikin dan konfirmasi kata sandi. Kata sandi sekurangnya delapan karakter, terdiri dari huruf, angka, dan simbol. Tekan “Berikutnya” dan mengisi nomor telepon (opsional).
  6. Memasukkan alamat email pemulihan (opsional).
  7. Melengkapi tanggal lahir dan gender. Tekan tombol Berikutnya.
  8. Di halaman privasi dan persyaratan, tekan Saya setuju  demi mengakhiri pendaftaran akun Anda.
Baca Juga:  Panduan Mengirim Lamaran Kerja Via Email dengan Benar

Cara Membuat Email Baru Yahoo

Dalam mendaftar email Yahoo, Anda sekadar membutuhkan sejumlah cara yang mudah. Melalui email ini, Anda dapat terhubung dengan Yahoo Mail, Yahoo Finance, Yahoo Sports, dan sejenisnya. Begini langkahnya di bawah ini:

  1. Pertama Anda mengakses login.yahoo.com.
  2. Tekan Buat akun.
  3. Lengkapi nama depan dan belakang.
  4. Bikin alamat email yang diharapkan.
  5. Demi menjaga akun Anda, maka buat kata sandi yang unik dan kuat .
  6. Anda mengisi nomor ponsel yang masih aktif demi proses verifikasi dan pemulihan akun.
  7. Mengisi tanggal lahir demi memenuhi persyaratan usia bikin akun Yahoo.
  8. Tekan Lanjutkan dan taati petunjuk yang ada pada layar untuk verifikasi nomor ponsel Anda.
  9. Berakhir dan email Yahoo Anda telah aktif.

Langkah Membuat Email Baru di Outlook

Outlook merupakan penyedia layanan email yang masih bagian dari Microsoft. Layanan ini berguna dalam mengirimkan email, namun pula ada fungsi lainnya sebagaimana kalender, pengelolaan kontak, pengelolaan tugas, penelusuran web, pembuatan catatan, dan pencatatan jurnal. Beginilah langkah membuat email di Outlook, yaitu:

  1. Anda mengakses outlook.com
  2. Tekan tombol Create free account
  3. Buat alamat email yang diharapkan, lalu tekan belakang email di antara outlook.co.id, outlook.com, atau hotmail.com
  4. Buat kata sandi yang hendak dipakai melalui akun Anda.
  5. Mengisi nama depan dan belakang.
  6. Mengisi negara dan tanggal lahir.
  7. Berikutnya, selesaikan teka-teki demi mengonfirmasi bahwa Anda bukan robot. Berakhir, email Outlook Anda telah aktif.

Cara Membuat Email Baru di HP

Dalam membuat email baru di HP mampu memakai langkah di atas tadi yang dibuka lewat peramban atau memanfaatkan aplikasi yang telah ada. Berikut tata cara membuat email baru di handphone Anda di bawah ini:

  1. Akses aplikasi Gmail pada perangkat Anda. Bila Anda memang belum melaksanakan sign-in di gawai yang Anda pakai saat HP Anda belum ada emailnya, maka Anda nanti kemudian langsung menuju langkah nomor 4. Tetapi, bila Anda sudah melaksanakan sign-in saat HP telah ada emailnya dan hendak membikin akun Gmail yang baru, maka aplikasi ini nanti membuka pesan dari email Anda. Lalu di icon tiga garis menimbun yang terletak di samping kiri atas layar. Kemudian aplikasi nanti menunjukkan sejumlah opsi menu, temukan dan tekan menu Pengaturan (Settings).
  2. Nanti terlihat pilihan pengaturan umum (General Settings) dan pula daftar dari akun Google yang dipakai di perangkat HP Anda. Tekan tombol Add account.
  3. Di sana nanti tampak menu Set up email. Klik Google, lantas tekan Next.
  4. Kemudian sekarang Anda dapat menambahkan akun Google yang Anda miliki. Namun, sebab di sini Anda nanti membuat akun yang baru, jadi Anda wajib menekan Create a new account atau buat akun baru.
  5. Aplikasi nanti menampakkan menu pendaftaran akun baru. Di langkah ini Anda nanti dimohon agar mengisikan nama depan dan belakang Anda. Sesudahnya tekan Next atau Selanjutnya. Lalu, Anda dimohon agar mengetikkan username dari email yang nanti Anda buat. Username ini nanti pun berlaku sebagai alamat email Anda. Contohnya bila di username ini Anda masukkan dengan [email protected], maka nanti alamat email Anda juga menjadi [email protected] Silakan Anda mengisi dan tekan Next.
  6. Kini lengkapi kata sandi guna memproteksi akun email yang nanti Anda buat ini. Periksa lagi saat membuat kata sandi yang susah diperkirakan ataupun yang sering digunakan oleh orang-orang supaya tidak gampang diretas, namun periksa kembali, jika kata sandi itu gampang diingat oleh Anda demi mencegah lupa kata sandi. Lalu tekan Next.
  7. Sesudah hal itu, Anda nanti dimohon agar mengisi nomor telepon milik Anda. Pada dasarnya ini hanya optional atau pilihan saja. Namun, akan lebih memiliki keamanan, bila Anda memasukkan formulir nomor telepon di langkah ini, sebab akan bermanfaat, bila di masa mendatang Anda lupa kata sandi (password). Periksa kembali Anda mengisikan kode negara yang betul untuk Indonesia, tentu pilih ID, lantas Anda mengisikan nomor handphone milik Anda, dan tekan Next. Namun, bila Anda tidak hendak mengisikan nomor handphone Anda, maka Anda dapat tekan menu Skip untuk meneruskan.
  8. Apabila Anda mengisikan nomor handphone Anda, maka nanti terlihat menu popup yang nanti memperlihatkan lagi nomor yang Anda isikan sebelumnya. Pastikan kembali dan bila  telah benar, tekan Verify (Verifikasi) demi meneruskan, sehingga Google nanti mengirimkan SMS berupa kode agar memverifikasi, jika nomor yang Anda isikan sebelumnya benar. Isikan kode yang dikirimkan melalui SMS sebelumnya tersebut di formulir pembuatan akun GMail. Namun, bila terbukti nomor handphone yang Anda isikan tadi sudah Anda pakai di perangkat yang sama dengan nomor yang sedang Anda pakai dalam mendaftar GMail, maka verifikasi nanti dilaksanakan dengan sendirinya, lalu aplikasi nanti meneruskan menuju tahapan selanjutnya.
  9. Saat ini Anda akan dimohon agar menyetujui ketentuan dan kebijakan yang wajib ditaati  demi bisa tetap memakai layanan dari GMail. Anda dapat menekan demi membacanya terlebih dahulu  atau Anda dapat langsung tekan tombol I Agree atau Saya Setuju.
  10. Selanjutnya, aplikasi nanti menampakkan lagi alamat email yang telah Anda isikan sebelumnya demi mengonfirmasi. Di sana diinformasikan kalai akun itu nanti mampu Anda pakai untuk berbagai layanan dari Google, yaitu terdiri dari Google PlayStore, Youtube, Google Maps, Drive, dan masih banyak lagi. Kemudian tekan Next untuk meneruskan.
  11. Kemudian Anda nanti ditawarkan, apa Anda hendak mendapatkan kabar terbaru dari Google dan pula penawaran terkini lainnya dari Google PlayStore. Lalu tekan Next, sehingga aplikasi nanti meregistrasi email dengan data-data yang telah Anda isikan sebelumnya demi menghidupkan akun GMail terbaru yang hendak Anda buat.
Baca Juga:  Cara Melamar Kerja Online Lewat Email

Dengan demikian cara membuat email baru yang bisa Anda lakukan. Anda mampu merasakan berbagai kegunaannya dalam aktivitas keseharian dengan mempunyai surat elektronik. Sebab Anda semakin mudah terhubung menuju dunia internet yang lebih efisien untuk waktu, tenaga, dan biaya.