Cara Melamar Kerja Online Lewat Email

Cara Melamar Kerja Online – Tidak banyak yang mengetahui bahwa ada banyak hal yang perlu diperhatikan saat ingin melamar pekerjaan online lewat email. Oleh karena itu, sangat penting bagi Anda untuk mengetahui bagaimana cara melamar kerja online lewat email yang perlu dilakukan.

Bagaimana Cara Melamar Kerja Online Lewat Email

Saat ini, proses melamar kerja semakin mudah saja untuk dilakukan. Akan tetapi, tetap ada banyak hal yang perlu dilakukan dalam membuat lamaran pekerjaan online tersebut. Agar tidak salah langkah, maka ada baiknya untuk memperhatikan beberapa caranya pada penjelasan lengkap di bawah ini:

  • Gunakan nama profesional pada alamat email

Hal pertama yang perlu Anda lakukan adalah dengan membuat alamat email menggunakan nama profesional. Saat ingin melamar kerja, maka hal tersebut sangat penting untuk diperhatikan agar Anda terlihat jauh lebih profesional.

Cara Melamar Kerja Online Lewat Email

Terlebih, jika alamat yang digunakan terkesan alay dan terlalu dibuat-buat maka tentu saja pihak perusahaan akan enggan untuk membukanya. Pasalnya, dari awal Anda sudah tidak terlihat profesional. Untuk itu, pastikan untuk membuat nama baru yang jauh lebih profesional.

  • Siapkan berkas lamaran pekerjaan

Langkah selanjutnya adalah dengan menyiapkan berkas lamaran pekerjaan yang diperlukan. Siapkan seluruh berkas tersebut dengan segera sesuai dengan persyaratan yang tercantum. Dalam hal ini pastikan tidak ada berkas yang tertinggal.

Umumnya, beberapa berkas yang akan diminta adalah CV, portofolio, ijazah, KTP, SKCK, dan yang lainnya. Saat menyiapkan berkas tersebut jangan lupa untuk menelitinya kembali kemudian lampiran pada email.

  • Isi subjek email Anda

Selanjutnya, pastikan Anda mengisi subjek email. Ini merupakan salah satu etika melamar pekerjaan menggunakan email yang sering dilewatkan begitu saja oleh pelamar kerja. Padahal, keberadaan subjek tersebut sangatlah penting bagi tim yang akan merekrut.

Dengan adanya subjek tersebut tim akan lebih mudah mengetahui mengenai jenis email apa yang diterima. Dengan begitu, dapat dikatakan bahwa subjek email merupakan tanda pengenal dari sebuah email. Untuk itu, pastikan Anda menuliskan subjek email yang berkaitan dengan lamaran kerja. Agar nantinya tim dapat mengetahuinya.

  • Tulis pengantar pada body email

Hal lain yang perlu Anda perhatikan adalah penulisan pada bagian body email. Umumnya, saat melamar kerja Anda perlu mengisi body email dengan cover letter. Cover letter ini merupakan surat pengantar saat ingin mengirimkan lamaran pekerjaan.

Anda bisa membuat surat pengantar tersebut terlebih dahulu. Pastikan untuk menulis surat tersebut dalam bahasa yang formal. Jika perlu, Anda bisa melihat contoh dari surat tersebut agar tidak salah dalam menulisnya.

  • Kirim email saat jam kerja

Cara Melamar Kerja Online Lewat Email

Pada dasarnya, mengirim email dalam hal melamar pekerjaan juga terdapat etikanya. Dengan begitu, seorang pelamar pekerjaan tidak akan mengirimkannya dalam waktu yang sembarangan. Ada baiknya Anda mengikuti etika pengiriman email tersebut.

Saat mengirim email sendiri ada baiknya dilakukan saat jam kerja. Adapun waktu yang direkomendasikan untuk melakukan pengiriman email tersebut diantara pukul 08.00-17.00. Jika sudah melebihi waktu tersebut ada baiknya untuk mengirimkannya esok hari saja.

Beberapa orang sendiri memiliki pendapat bahwa email akan efektif dikirim pada pukul 10.00-11.00 ataupun 14.00-15.00. Anda bisa mengirimkan lamaran pekerjaan lewat email pada waktu tersebut.

Itulah beberapa cara melamar kerja online lewat email yang bisa Anda perhatikan. Setiap cara tersebut perlu dilakukan dengan baik. Dengan pengiriman lamaran kerja yang sesuai aturan maka tentu tidak akan sulit untuk mendapatkan pekerjaan yang diinginkan.