Cara Melacak iPhone Hilang dengan IMEI, Mungkinkah Dilakukan?

Cara Melacak iPhone Hilang dengan IMEI – Benarkah Anda bisa melacak iPhone hilang dengan IMEI? Jawaban sejujurnya yakni hal tersebut sangat sulit untuk dilakukan terutama oleh orang awam dan bukan expert, sehingga akan lebih mudah jika Anda menggunakan teknik pelacakan yang umum seperti menggunakan fitur Find My iPhone atau menggunakan akun Gmail.

Apa Itu IMEI?

Meski mustahil, namun tak ada salahnya mencoba untuk melacak iPhone hilang dengan IMEI agar rasa penasaran Anda terjawab. 

Namun sebelum melangkah lebih jauh, ada baiknya Anda paham betul mengenai apa itu IMEI? Lantas bagaimana kaitannya IMEI dengan lokasi iPhone? Apa benar-benar bisa melacak iPhone hilang dengan IMEI?

IMEI adalah singkatan dari International Mobile Equipment. IMEI ialah serangkaian nomor unik yang berguna untuk mengidentifikasi model hp yang Anda miliki, tahun rilis, serta spesifikasi dari hp tersebut. Setiap hp memiliki nomor IMEI yang berbeda-beda. Namun nomor IMEI tidak bisa diubah-ubah seperti nomor hp.

Jadi walaupun Anda nantinya mengganti SIM card di hp atau melakukan reset setelan pabrik, nomor IMEI dari hp Anda tidak akan pernah berganti. IMEI pada umumnya terdiri atas 15 angka, berikut dua contoh nomor IMEI iPhone. 

  • 2108008666718
  • 5417512514439

Lantas bagaimana caranya mengecek nomor IMEI pada iPhone Anda? Caranya ternyata sangat mudah yakni dengan masuk ke Settings > About > Tarik ke bawah hingga menemukan nomor IMEI. 

Fungsi IMEI pada iPhone

Lantas apa fungsi nomor IMEI pada iPhone? Pada dasarnya, nomor IMEI pada iPhone berfungsi untuk memberikan identitas yang unik pada iPhone sehingga setiap iPhone akan memiliki nomor IMEI yang berbeda-beda antara satu dengan yang lainnya. 

Nomor IMEI dapat diibaratkan sebagai Nomor Induk Kependudukan (NIK) yang ada pada Kartu Tanda Penduduk (KTP). Serangkaikan NIK pada KTP juga bersifat unik dan berbeda antara satu dan lainnya. Meski begitu, IMEI memiliki lebih banyak informasi ketimbang NIK.

Cara Melacak iPhone Hilang dengan IMEI

Di dalam IMEI terdapat informasi tentang model, tahun rilis, dan spesifikasi dari sebuah hp. Anda juga bisa memanfaatkan layanan IMEI checker untuk mendapatkan informasi. Anda bisa mencobanya dengan cara ini.

Pertama-tama Anda bisa meng-copy IMEI berikut ini: 356938035643809, kemudian buka website https://www.imei.info. Lalu Anda bisa mem-paste IMEI di web tersebut, lalu Anda bisa klik Check, dan jangan lupa untuk menjawab captcha yang ada terlebih dahulu. Nantinya akan keluar informasi lengkap mengenai hp Anda.

Informasi tersebut terdiri atas model hp, tanggal rilis, dan juga spesifikasinya. IMEI pada iPhone juga bisa digunakan untuk melacak keaslian dari iPhone itu sendiri. Bagaimana cara melacak keaslian iPhone dengan menggunakan nomor IMEI?

Caranya yakni dengan masuk ke halaman https://checkcoverage.apple.com, kemudian copy dan paste nomor IMEI iPhone Anda di web tersebut. Jika iPhone Anda asli, maka akan terlihat Valid Purchase Data, Telephone Technical Support, dan Repairs and Service Coverage. Hal tersebut menandakan jika iPhone Anda sudah terdaftar di server Apple.

Fungsi IMEI untuk Melacak iPhone

Operator seluler menjadi salah satu pihak yang memanfaatkan nomor IMEI untuk mengidentifikasi perangkat. Operator seluler bisa melakukan pemblokiran iPhone dari jaringan mereka dengan menggunakan nomor IMEI. 

Tak sampai di situ, pihak operator juga bisa melakukan pelacakan dengan menggunakan nomor IMEI untuk mengidentifikasi perangkat tersebut secara akurat. Itulah fungsi IMEI untuk melacak iPhone yang hilang. IMEI hanya berfungsi untuk mendeteksi perangkatnya saja, bukan menentukan lokasi.

Hal itu dikarenakan dalam IMEI sendiri tidak ada informasi mengenai keberadaan perangkat sama sekali. 

Cara Melacak iPhone dengan Menggunakan IMEI

Melacak iPhone dengan menggunakan IMEI tentu tidak semudah dengan melacak iPhone dengan menggunakan aplikasi pelacakan yang umum seperti Find My iPhone atau iHound. 

Salah satu teknik pelacakan iPhone yang akurat dengan IMEI yakni menggunakan triangulasi BTS. Disebut triangulasi karena untuk melacak posisi iPhone diperlukan tiga buah tower BTS yang terhubung dengan iPhone tersebut dalam waktu bersamaan. 

Lantas apa itu BTS? BTS merupakan singkatan dari Base Transceiver Station atau yang lebih umum dikenal sebagai tower sinyal. Fungsi BTS yakni menghubungkan iPhone dengan operator seluler dan BTS biasanya dicat dengan warna merah dan putih.

Sebelum dapat melakukan pelacakan lokasi iPhone secara tepat, ternyata dibutuhkan data-data sensitif lainnya seperti LAC dan CID yang berguna untuk mengidentifikasi perangkat dan menentukan area pencarian. Jadi pelacakan dilakukan tidak hanya dengan menggunakan nomor IMEI semata. 

Setiap kali iPhone terhubung dengan BTS, maka iPhone akan mengirim data-data sensitif seperti LAC dan CID. Untuk mendapatkan data-data tersebut, Anda harus memiliki akses ke BTS dan karena data bersifat sangat rahasia maka pihak operator tidak akan sembarangan membukanya untuk sembarang orang.

Setelah memiliki data-data sensitif seperti yang sudah disebutkan di atas, selanjutnya pelacak akan menggunakan tiga buah tower BTS terdekat yang terhubung dengan iPhone yang ingin dilacak. 

Kenapa Harus 3 Tower BTS?

Lalu mengapa diperlukan 3 tower BTS untuk melacak iPhone? Hal itu dikarenakan setiap tower BTS mampu mendeteksi jarak antara iPhone dan tower berdasarkan waktu yang dibutuhkan sinyal dari iPhone sampai ke tower. Semakin cepat sinyal sampai ke tower itu berarti jaraknya semakin dekat.

Dengan menggunakan tiga tower BTS maka perkiraan lokasi dari iPhone akan menjadi semakin akurat. Teknik melacak iPhone dengan menggunakan triangulasi BTS ini sangat sering digunakan oleh pihak kepolisian dan badan intelijen karena hasilnya yang cukup akurat. 

Cara Melacak iPhone Hilang dengan IMEI

Pertanyaannya kemudian, bisakah orang awam melacak lokasi iPhone dengan cara di atas? Jawabannya tentu saja TIDAK. Jadi Anda tidak boleh begitu saja percaya jika ada orang yang menawarkan jasa mencari iPhone yang hilang dengan menggunakan nomor IMEI karena itu bisa saja merupakan modus penipuan.

Atau jika memang benar maka patut dipertanyakan karena yang bisa melakukan pelacakan iPhone dengan menggunakan triangulasi BTS ialah pihak-pihak berwajib seperti kepolisian atau badan intelijen, atau cyber security. 

Jadi jika ada orang awam bisa melakukannya berarti kemungkinan dia sudah membobol BTS yang tentu saja merupakan perbuatan melanggar hukum.

Bagaimana Cara Melacak iPhone yang Hilang?

Jadi jawabannya adalah Anda tidak bisa melacak iPhone yang hilang dengan IMEI. Anda memerlukan izin dari pihak kepolisian berupa surat keterangan untuk meminta pihak operator seluler untuk melacak iPhone tersebut dengan IMEI. 

Tentu saja hal tersebut sangat sulit dilakukan karena operator seluler belum tentu bakal mau mengurus kehilangan satu iPhone dari orang awam yang tidak memiliki dampak signifikan. Jadi alangkah lebih baik Anda melakukan pelacakan iPhone yang hilang dengan menggunakan cara yang umum seperti dengan menggunakan Find My iPhone. 

Anda bisa menggunakan fitur Find My iPhone untuk melacak iPhone yang hilang dengan menggunakan laptop atau PC.