Belajar Berbahasa Inggris Jadi Menyenangkan Dengan Bermain Game

Seringkali kita cepat merasa bosan atau jenuh ketika harus belajar, biasanya terjadi ketika kita harus  belajar kembali mata pelajaran yang sudah kita dapat dari sekolah. Khususnya ketika kita harus mempelajari bahasa-bahasa asing, seperti Bahasa Inggris. Namun dengan berkembangnya teknologi, membuat banyak terobosan baru dalam merubah pola dan cara dalam belajar. Salah satunya yaitu menggunakan media dengan bermain game.

Bermain game akan dapat memudahkan kita dalam mempelajari Bahasa Inggris dengan cara yang menyegarkan dan juga menyenangkan. Dengan cara bermain game, akan membangun alam bawah sadar kita dan merangsang otak agar lebih cepat dalam menghafal kata per kata tanpa disadari. Semakin  menarik dan menyenangkan dari sebuah game, maka akan semakin banyak pula otak kita merekam.

Definisi Game

Kata game ini sendiri berasal dari Bahasa Inggris yang memiliki arti permainan. Permainan sengaja dibuat oleh manusia dengan cara membuat suatu program pada suatu perangkat yang dapat digunakan secara offline atau  online. Dalam setiap permainan, memiliki cara bermain, tingkat kesulitan serta reward yang diperoleh pun akan berbeda, didasarkan pada fungsi logika yang dibuat oleh si pembuat permainan. Jadi dapat disimpulkan bahwa definisi dari permainan itu adalah aktivitas bermain oleh individu atau kelompok, serta dapat melakukan interaksi antar individu atau kelompok yang memainkan permainan serupa dengan aturan-aturan yang telah ditetapkan dan mencapai tujuan tertentu.

Jenis-jenis game

Dalam dunia game terdapat pengelompokan menjadi beberapa jenis, disesuaikan dengan kebutuhannya:

Baca Juga:  Daftar Game Asah Otak Android Terbaru

1. Berdasarkan jenis konektivitas internet :

  • game online yaitu game yang dimainkan harus memiliki konektivitas dengan internet,
  • game offline yaitu game yang dimainkan tidak harus terhubung ke internet untuk memainkannya.

2. Berdasarkan jenis platform :

  • game pc : platform yang digunakan dalam memainkan game adalah personal computer atau laptop, biasanya digunakan oleh pemain game professional,
  • game mobile : dalam memainkan permainan ini menggunakan perangkat mobile/ ponsel,
  • console game : biasanya sering dimainkan menggunakan play station,
  • handheld game : biasanya sering dimainkan menggunakan nintendo.

3. Berdasarkan genre :

  • action : fitur utama dalam genre ini berupa aksi,
  • adventure : game ini berisi tentang petualangan,
  • simulasi : genre ini sebisa mungkin memunculkan kejadian-kejadian yang mirip dengan kehidupan sehari-hari,
  • sport : game jenis ini sangat cocok dimainkan bagi penyuka olahraga,
  • racing : berisi tentang balapan atau kemampuan kecepatan dalam mengemudikan kendaraan.

Belajar Bahasa Inggris Menggunakan Game

Perkembangan cara atau metode dalam belajar kian bertambah, salah satunya dengan menggunakan game. Di sisi lain untuk hiburan, banyak juga hal-hal positif yang bisa kita dapatkan dengan bermain game. Beberapa diantaranya:

1. Mengembangkan kemampuan membaca

Ketika bermain game, biasanya kita dibiasakan untuk membaca narasi untuk dapat memahami alur cerita game tersebut. Dengan bermain video game, sangat membantu dalam meningkatkan kemampuan  membaca dibandingkan menggunakan metode belajar yang konvensional.

2. Membantu meningkat fokus dalam mendengar

Perkembangan game mengalami banyak perubahan, salah satunya perkembangan dalam penggunaan game dengan metode suara. Sehingga dapat membantu kita dalam melatih memahami aksen Bahasa Inggris yang digunakan, seperti british dan amerika.

3. Menambah kosakata

Dalam game yang dimainkan, tentunya banyak kosa kata baru yang tidak familiar atau jarang digunakan dalam pendidikan formal. Mengalami banyak perkembangan vocabulary dan grammar setiap selesai memainkan satu permainan. Maka akan efektif dalam belajar menggunakan gam.

Baca Juga:  Kumpulan Materi Bahasa Inggris Kelas 7 Semester 2 Lengkap

Jadi, sangat bermanfaat bukan dalam belajar melalui metode bermain game? Jika kamu tertarik, bisa segera kamu coba. Semoga sukses…!!!