Begini Cara Mengatasi Laptop  Kena Air, Masih Bisa Diselamatkan!

Mengatasi Laptop  Kena AirLaptop kini sudah sama pentingnya dengan ponsel, jadi jika terjadi masalah pada perangkat yang satu ini, maka akan membuat aktifitas Anda menjadi lebih sulit. Masalah yang mungkin menimpa laptop adalah terkena air tanpa sengaja.

Laptop yang terkena air sebenarnya tetap bisa diselamatkan, apabila kadar air yang ada di dalam laptop tidak begitu besar. Namun tidak jarang pula, pemilik laptop sudah panik duluan dan membuat kondisi laptop menjadi lebih parah. Untuk mengatasi hal tersebut, ada beberapa langkah berikut yang bisa Anda lakukan.

Apa yang Harus Dilakukan Ketika Laptop Terkena Air?

  • Cabut Kabel Laptop dan Lepas Baterainya

Cara mengatasi laptop kena air yang pertama adalah segera mencabut semua kabel laptop yang terpasang. Cara ini khusus untuk Anda yang sedang melakukan charging laptop sekaligus menggunakannya. Jika tidak segera dilepas, laptop kemungkinan akan mengalami korslet.

Jangan lupa untuk menyimpan semua dokumen, progress atau pekerjaan yang sedang Anda lakukan. Ini untuk membantu agar data yang sudah ada tidak hilang karena air tiba tiba langsung masuk ke bagian perangkat utama laptop.

Komponen lain yang harus Anda lepas juga adalah perangkat hardware, diantaranya flashdisk, hard disk, SD card dan lainnya. Dengan mencabut komponen tersebut, maka Anda bisa menyelematkan perangkat eksternal tersebut dari kerusakan.

Apabila Anda menggunakan laptop yang bisa dilepas baterainya, Anda bisa mencoba cara mengatasi laptop kena air dengan melepas baterai yang digunakan. Dengan cara ini, air yang sudah masuk ke dalam laptop tidak langsung mengenai baterai yang digunakan.

  • Buka Laptop Selebar Mungkin

Setelah memastikan bahwa laptop Anda tidak tersambung dengan perangkat listrik, langkah selanjutnya adalah membalik laptop sehingga layarnya menghadap ke bawah. Jangan lupa untuk membukanya selebar mungkin, ini akan memudahkan Anda untuk mengelapnya.

Diamkan laptop dengan posisi tersebut selama 2-3 jam, dengan cara ini air yang sudah masuk ke dalam laptop secara perlahan akan merembes keluar karena hukum gravitasi. Anda juga bisa mengangin-anginkannya, sehingga air bisa lebih mudah keluar.

  • Segera Bersihkan Cairan yang Ada di Luar

Cara mengatasi laptop kena air selanjutnya adalah mengeringkan bagian luar atau bagian yang bisa Anda lihat. Bersihkan sesegera mungkin menggunakan lap kering yang bisa menyerap air dengan baik, ini akan membuat air tidak meresap ke dalam bagian yang lebih dalam.

Anda bisa menggunakan tisu toilet untuk menggeringkan, tisu ini memiliki ukuran yang tipis namun kemampuan serap yang baik. Untuk keyboard yang basah, Anda bisa menggunakan cutton bud agar bisa menjangkau sela-sela bagian sempit di bagian dalam.

Berbeda jika air yang tertumpah pada laptop cukup banyak, langkah-langkah berikut ini lebih disarankan untuk mengatasi laptop kena air, diantaranya adalah:

  • Melepas Keyboard

Apabila air yang tumpah memiliki jumlah yang banyak, maka langkah yang sebaiknya dilakukan adalah melepas keyboard. Ini akan membantu proses pengeringan jauh lebih cepat dan membuat keyboard lebih aman dan bisa digunakan kembali.

Apabila keyboard sudah kepalang basah, cobalah melepas dan mengeringkannya dalam posisi terbaik. Mengeringkannya langsung dibawah sinar matahari menjadi pilihan yang tepat untuk dilakukan, apalagi jika cuaca sedang panas dan terik.

  • Bersihkan dengan Sedikit Air

Untuk kasus laptop yang terkena tumpahan sirup atau cairan yang kental, gunakan sedikit air untuk mengencerkan cairan tersebut, kemudian lanjutkan dengan mengeringkannya dengan kuas. Cara mengatasi laptop kena air yang tercampur dengan sirup haruslah hati-hati.

Tekan setiap tombol di keyboard, apakah terdapat uap yang membuat air tertinggal di dalamnya. Jika dibiarkan lengket tanpa dicampurkan dengan air, maka keyboard akan eror dan tidak bisa digunakan sama sekali.

  • Lepaskan Hardware

Apabila Anda menggunakan laptop tanpa baterai tanam dan bisa melakukan bongkar pasang laptop, maka langkah yang bisa Anda lakukan selanjutnya adalah melepaskan hardware yang bisa dilepaskan. Jangan ragu melepaskan RAM, hard drive dan bagian yang lain.

Bersihkan satu persatu hardware tersebut dengan kain yang lembut, sehingga tidak merusak komponen yang ada di dalamnya. Lakukan secara perlahan agar setiap bagian yang tersembunyi bisa Anda usap sampai kering. Anda bisa melihat berbagai membuka dan membersihkan hardware laptop di internet.

Cara mengatasi laptop kena air ini bisa juga dilakukan oleh pihak yang lebih professional, sehingga Anda tidak perlu bersusah payah melakukannya. Cara ini juga cocok untuk Anda yang tidak memiliki banyak waktu untuk membersihkan laptop tersebut dari air.

  • Lepaskan LCD

Apabila laptop yang terkena air juga menyebar ke segala arah, akan lebih baik jika Anda juga melepas LCD-nya. LCD akan rusak jika terkena air, layar yang Anda gunakan akan berwarna hitam, putih, bahkan bergaris. Hal yang perlu dihindari oleh mereka yang bekerja di bidang grafis.

Untuk melepaskan LCD, Anda harus menggunakan alat-alat khusus, tutorial melepas LCD bisa Anda lihat di internet. Namun jika Anda tidak bisa membukanya, jangan memaksaka diri dan bawa ke tempat servis. Ini untuk menghindari kesalahan yang mungkin terjadi ketika Anda membongkarnya.

  • Tunggu Laptop Sampai Kering

Setelah proses usaha untuk mengatasi laptop kena air dilakukan, maka langkah selanjutnya adalah menunggu sampai laptop tesrsebut benar-benar kering. Cara ini wajib dilakukan oleh semua orang, sebab jika laptop sudah terlihat kering saja, bukan jaminan Anda sudah bisa menggunakannya.

Tunggu laptop sampai kering kira-kira dalam waktu 2-3 hari baru nyalakan kembali. Selama proses pengeringan, usahakan untuk tidak mengeringkannya langsung dibawah cahaya matahari. Lakukan di tempat teduh dan pastikan tidak ada air lagi yang mengenai laptop tersebut.

Cara Agar Laptop Tidak Terkena Air

Umumnya laptop terkena air bukan karena kesengajaan, bisa karena terkena air saat hujan atau saat minum dan makan. Agar laptop yang Anda gunakan tidak mudah terkena air, berikut ada beberapa tips yang perlu Anda lakukan, diantaranya:

  • Jangan Makan dan Minum di Dekat Laptop

Kebiasaan orang-orang ketika mengerjakan tugas atau menonton film adalah makan dan minum di dekatnya. Jika Anda memiliki kebiasaan ini, ada baiknya Anda menguranginya mulai dari sekarang. Mungkin tidak terlihat, tapi remahan makanan dan cipratan air minum bisa saja menyusup dari sela-sela keyboard.

  • Bawa Tas Anti Air

Ketika melakukan aktifitas luar ruangan, selalu bawa tas anti air agar laptop tidak terkena air ketika hujan. Cara mengatasi laptop kena air hujan cukup sulit, sebab air langsung merembes ke dalam. Karena itu, jaga laptop dengan baik agar tidak rusak ketika menggunakannya.

Demikianlah berbagai cara mengatasi laptop kena air yang bisa Anda lakukan, semoga informasi tersebut dapat membantu Anda, terutama yang sedang kesulitan karena laptop kesayangannya terkena rembesan air hujan, tumpahan kopi, atau air mineral.