Cara Menambahkan Lagu ke Aplikasi Apple Music iPhone

iPhone dan beberapa perangkat Apple lainnya memiliki aplikasi pemutar musik yang disebut dengan Apple Music. Aplikasi ini tersedia secara bawaan dari perangkat operating system iOS maupun Mac. Aplikasi pemutar musik ini dapat digunakan secara streaming online dan offline.

Untuk pemutaran lagu atau musik secara streaming, kamu harus membayar biaya langganan kurang lebih 50 ribu rupiah untuk perbulannya.Biaya langganan ini sudah termasuk memutar lagu secara streaming, fitur download offline pada lagu apapun yang tersedia di Apple Music, serta fitur-fitur lain.

Ketika kamu berlangganan apple music, kamu bisa mengunduh lagu apapun yang tersedia menjadi format file yang tersimpan dalam penyimpanan offline apple music kamu. Hanya saja ketika langganan kamu telah habis, maka file-file offline yang telah terunduh akan ikut serta terhapus.

Nah solusi terbaik ketika kamu tetap ingin menggunakan apple music tanpa harus berlangganan yakni dengan memindahkan file lagu dari pc atau perangkat lain ke iphone kamu. Ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan ketika ingin menyalin beberapa file lagu atau musik kedalam aplikasi Apple Music iPhone kamu, misalnya dengan menggunakan iTunes, 3uTools, dan sebagainya.

Aplikasi Apple Music

Cara Menambahkan Lagu Ke Dalam Apple Music iPhone Via iTunes PC

iTunes adalah layanan Apple yang secara umum mengelola multimedia dan langganan dari pengguna Apple. Misalnya mengelola dan pembelian movie, music, aplikasi, dan beberapa layanan digital lainnya yang disediakan oleh Apple secara resmi.

Pada perangkat desktop pc, iTunes digunakan sebagai software serbaguna untuk keperluan perangkat Apple seperti iphone, ipad atau ipod. Melalui itunes software dari pc. Kamu bisa melakukan banyak hal untuk kebutuhan perangkat iphone kamu, misalnya membuat cadangan data file, melakukan software, memindahkan file, dan banyak lainnya.

Pada dasarnya iTunes pada perangkat desktop dibuat untuk pengguna perangkat iphone, ipad, atau ipod dapat menyelaraskan kebutuhan data dari kedua perangkat. iTunes juga dapat digunakan untuk memindahkan file lagu ke aplikasi apple music secara offline.

Tahap pertama yang perlu kamu lakukan adalah dengan mengunduh software iTunes dari situs resmi berikut:

https://support.apple.com/downloads/itunes

iTunes tersedia untuk perangkat Mac maupun Windows PC. Kamu bisa memilih salah satu yang sesuai dengan perangkat desktop yang kamu miliki.

Setelah mengunduh dan menginstall iTunes di PC kamu, jalankan program tersebut hingga jendela iTunes PC terbuka dilayar utama kamu. Selanjutnya hubungkan perangkat iphone kamu ke PC menggunakan kabel data usb lightning.

Kamu mungkin perlu memberikan izin dari iphone kamu dengan mengetuk tombol “Trust” pada layar iphone kamu. Apabila terhubung dengan baik, kamu akan melihat daftar perangkat iphone kamu dijendela utama itunes pc.

Pada menu bar atas, ketuk pilihan “Library”, kemudian pada menu sidebar sebelah kiri, ketuk “Music” tepat dibawah nama Device atau perangkat iphone kamu.

Selanjutnya buka jendela folder dimana file lagu yang ingin kamu masukan, selanjutnya drop dan drag file tersebut ke jendela Library tepat didalam kolom daftar. Tunggu beberapa saat hingga proses penyalinan selesai.

Untuk mengetahui apakah file music sudah benar-benar berhasil dimasukan kedalam daftar lagu di iphone, kamu perlu membuka aplikasi apple music kamu. Kemudian alihkan ke jendela library di aplikasi apple music iphone kamu.

Apabila daftar file musik belum tersalin, coba beralih ke jendela itunes pc kamu, kemudian arahkan ke lama “Settings” -> “Summary”, Kemudian centang pilihan “Manually manage music and videos”. Selanjutnya ulangi langkah pertama seperti semula.

Aplikasi Apple Music

Cara Menambahkan Lagu Ke Dalam Apple Music iPhone Via 3uTools

3uTools adalah software pihak ketiga yang memiliki banyak fungsi untuk keperluan pengguna iOS. Beberapa diantaranya fitur untuk membuat cadangan data dan pemulihan data, flash atau software ulang, jailbreak, mengelola file, foto, video dan banyak lagi lainya.

Software ini bahkan banyak digunakan sebagai software serbaguna untuk perangkat ios. Sebab ada banyak fitur bermanfaat yang disediakan oleh software ini. Berbagai masalah dapat diatasi oleh satu software ini saja. Hal itulah yang membuat software ini sangat populer.

Mengelola file adalah salah satu fitur yang tersedia dalam software 3utools ini. Termasuk mengelola file audio di iphone. Misalnya ketika kamu ingin menambahkan lagu kedalam iphone kamu untuk dapat diputar secara offline tanpa internet di aplikasi apple music. Maka software inilah salah satu solusi yang bisa kamu gunakan.

Untuk menggunakan software ini dalam menambahkan file lagu dalam iphone, pertama kamu harus menghubungkan iphone kamu ke perangkat pc kamu menggunakan kabel data usb lightning. Kemudian jalankan software 3utools in. Apabila kamu belum memiliki software terinstall di pc kamu, maka terlebih dahulu download melalui tautan dibawah ini:

https://www.3u.com

Pada jendela iDevice seharusnya kamu akan melihat nama perangkat atau iphone kamu. Jika tidak, pastikan lagi bahwa iphone kamu terhubung dengan baik. Setelah iphone terhubung dengan benar. Pada menu bar atas ketuk pilihan “iDevice”.

Kemudian ketuk menu side bar “Music” sebelah kiri halaman yang terbuka. Ketuk “All Music” pada tab selanjutnya. Lalu ketuk “Import”.

Pilih “Select File” ketika kamu hanya ingin memilih satu persatu file audio yang ingin kamu tambahkan. Sedangkan filih “Select Folder” ketika kamu ingin menambahkan beberapa file audio sekaligus yang berada dalam satu folder di pc kamu.

Jendela popup file explorer akan tampil di tengah layar pc kamu. Nah dari jendela popup ini, pilih beberapa file yang ingin kamu tambahkan atau temukan folder yang berisikan file audio dan ingin kamu tambahkan sekaligus dalam list lagu di aplikasi Apple Music kamu. Kemudian pilih “Open” untuk mulai menambahkan.

Tunggu hingga proses selesai. Ketuk tombol “Refresh” untuk memperbaharui dan melihat apakah daftar lagu tersimpan dengan benar di list lagu yang kamu tambahakan atau tidak.

Tahap selanjutnya, tinjau kembali aplikasi apple music kamu. Kemudian telusuri daftar lagu yang baru saja kamu tambahakan. Pastikan semua daftar telah tersimpan dan dapat dimainkan.

Aplikasi Apple Music

Cara Menambahkan Lagu Ke Dalam Apple Music iPhone Via iCareFone

iCareFone adalah salah satu dari beberapa program pc alternatif yang bisa kamu gunakan selain 3utools dan itunes untuk kamu dapat menambahkan file musik ke aplikasi Apple Music iPhone kamu. Sama seperti kedua program yang dijelaskan sebelumnya, kamu perlu mengunduh dan menginstall program ini juga pada perangkat pc desktop kamu melalui tautan dibawah ini:

https://www.tenorshare.net/

Aplikasi ini cukup mudah untuk digunakan. Selain memiliki fungsi untuk melakukan transfer, kamu juga bisa menggunakan progrma ini untuk melakukan backup data, pemulihan software operating system pada iphone kamu.

Dalam hal ini tentu kamu ingin melakukan transfer lagu ke perangkat iphone kamu. Maka tahap pertama yang perlu kamu lakukan adalah dengan menjalankan progam tersebut.

Kemudian hubungkan iphone kamu menggunakan kabel usb data lightning ke pc kamu.Apabila perangkat kamu terhubung dengan baik ke pc, kamu akan melihat tipe iphone kamu serta nama perangkat pada halaman depan seperti gambar dibawah.

Kemudian ketuk jendela tab “File Manager” atau “Manage” pada menu bagian atas. Jendela File Manager akan beralih beberapa saat. Dari sini ketuk pilihan “Music” pada bagian menu bar sebelah kiri jendela.

Dari jendela menu drowpdown Music, ketuk kembali pilihan “All Music”. Apabila terhubung dengan baik. Kamu akan melihat semua daftar lagu yang telah tersedia secara offline di Apple Music.

Selanjutnya, ketuk tombol “Import”. Jendela popup browse for folder akan terbuka. Dari sini temukan beberapa lagu yang ingin kamu tambahkan ke aplikasi apple music kamu.

Kamu juga bisa memilih satu folder untuk menambahkan banyak lagu sekaligus yang berada dalam folder tersetbut. Untuk memilah daftar lagu, kamu bisa memilih dengan cara drag dan drop file musik yang kamu blok ke jendela Music iCarefone.

Setelah daftar musik yang kamu pilih sudah masuk dalam list Music di jendela software. Maka file music secara otomatis akan disalin ke iphone kamu. Selanjutnya kamu hanya perlu memastikan bahwa file music sudah tersimpan di iphone kamu. Caranya dengan membuka aplikasi Apple Music dari iphone, lalu mencari daftar lagu yang baru saja kamu masukan.

Kamu bebas untuk menambahkan beberapa daftar lagu kedalam aplikasi apple music. Hal yang perlu kamu perhatikan adalah kapasitas memory yang dapat ditampung oleh internal memory dari iphone kamu.