Tiktok merupakan platform yang kini sedang marak digunakan untuk pengembangan strategi dalam berbisnis. Apalagi masyarakat mulai banyak yang menggunakan aplikasi ini sebagai sarana hiburan maupun ladang rejeki. Pastikan Anda mengetahui sistem kerja aplikasi tiktok, oleh karena itu pahami cara optimalisasi tiktok berikut ini agar bisnis cepat berkembang.
Tips Mengembangkan Bisnis Pada Aplikasi Tiktok:
1. Mencari ide untuk konten
Saat ini mulai banyak creator tiktok yang memiliki beragam cara agar terlihat menarik. Anda bisa melakukan riset terlebih dahulu, dimulai dari produk apa yang ingin dipasarkan dan siapa tujuannya. Untuk membuat konten menarik, Anda bisa memulai dengan video yang menampilkan produk secara estetik maupun menggunakan aktor. Jika menggunakan aktor pastikan adegan atau scene yang ditampilkan sesuai dengan produk.
Jika Anda masih bingung, bisa melihat postingan pada kreator yang sudah berkembang diluar sana. Tidak perlu meniru kontennya secara persis, namun Anda bisa memodifikasi sesuai dengan kesan dan produk yang ingin dipasarkan. Pastikan konten tidak mengandung SARA atau menyinggung pihak lain. Satu hal yang harus diterapkan yakni konsisten dalam membuat konten, sehingga akan menaikan viewers dan like.
2. Mengenali cara kerja
Dalam optimalisasi tiktok, Anda harus mengetahui cara kerja dari aplikasi ini. Dimulai dari durasi, konten apa saja yang fyp hingga efek maupun latar yang bisa digunakan dengan gratis. Umumnya durasi yang digunakan adalah 15-60detik.Video tiktok yang menarik akan mendapat like dan komentar dari para pengguna, hal itu akan menaikkan engagement Anda selaku kreator tiktok atau tiktokers.
3. Memakai hashtag
Dalam membuat video tiktok pastikan Anda memakai hashtag. Hashtag tersebut disesuaikan dengan jenis video yang di upload. Misalnya tutorial masak, maupun tutorial lainnya. Anda juga bisa menggunakan hashtag khusus untuk produk yang dijual tentunya dengan bahasa yang menarik dan bisa diterima secara luas.
Agar video yang Anda buat trending dan viral, gunakan promo khusus pada produk yang dijual. Namun jika Anda seorang content creator, bisa dimulai dengan dimulai dengan membuat parodi maupun melakukan duet challenge dengan beragam konten yang telah viral. Tidak hanya itu lihatlah konten yang sedang marak seperti makeup challenge maupun konsep OOTD (Out Of The Day) dengan style pakaian yang menarik.
4. Menanggapi komentar
Setelah Anda mengunggah video dalam aplikasi Tiktok dan terdapat komentar dari viewers. Pastikan Anda membalasnya dengan ramah dan sopan, agar produk yang Anda jual bisa laku keras. Bersabarlah dalam membalas komentar calon pelanggan, seperti dalam menanggapi permintaan akan penjelasan produk secara rinci. Jangan lupa komentar yang anda balaskan bernada untuk mengajak customer dalam membeli produk.
Komentar menjadi salah satu alat bagi Anda untuk membangun brand, dimulai dengan penuh ketelatenan dan kesabaran. Semua pasti akan terbayar melalui optimalisasi tiktok dengan beragam konten kreatif. Jangan mudah terpancing emosi, jika ada komentar negatif pastikan tidak menanggapi karena akan membuang-buang waktu Anda.
5. Konsisten Upload
Agar followers Anda semakin banyak, pastikan rutin dalam meng-upload konten. Bisa dimulai dengan satu minggu sekali hingga beberapa hari sekali. Konten yang Anda buat juga jangan monoton atau itu-itu saja, lakukan variasi agar followers tidak merasa bosan. Jika Anda ingin istirahat, pastikan jeda dalam meng-upload video tidak terlalu lama agar penonton tidak melupakan konten Anda.
Demikian penjelasan mengenai strategi optimalisasi tiktok, semoga bisa membantu Anda dalam menaikkan omset penjualan produk maupun sebagai content creator secara pribadi.